Wednesday, June 8, 2016

Agar Suara Gitar Akustik Menjadi Merdu

Anda suka bermain gitar  dan sering melakukan show di sekolah, acara ulang tahun atau acara musik lainnya? tentu hal yang paling diinginkan adalah memiliki suara gitar yang jernih dan enak didengar. semahal apapun gitar apabila tidak didukung oleh peralatan sound yang kurang memadai maka suara gitar tidak akan indah kedengarannya melalui speaker.

Pemain gitar akustik

Namun hal tersebut sudah tidak menjadi suatu kendala lagi bagi seorang pemain gitar, artinya walau sound system kurang memadai suara gitar bisa tetap indah asalkan menggunakan efek khusus gitar. dipasaran telah banyak beredar efek gitar dengar harga dan merek yang beragam. 

(Baca Juga : Cara Memilih Dan Membeli Gitar Yang Bagus)

Ditinjau dari fungsinya terdapat jenis efek chorus, delay, reverb, simulator  . tapi saya sarankan buat gitaris yang sering bermain dengar cara strumming atau genjreeng,, sebaiknya menggunakan efek gitar Chorus , contoh suara nya bisa anda buka di link video di situs youtube. cari aja "chorus pedal guitar" . pasti bnyak video tentang penggunaan efek chorus.

Efek Chorus gak hanya digunakan untuk gitar elektrik


Selain untuk gitar elektrik Efek Chorus juga sangat direkomendasikan Untuk Gitar akustik. suara gitar akustik akan kedengaran semakin indah. dan tentunya anda akan merasa seperti gitaris prefesional karena suara gitar lebih merdu dari yang disangka. :)  Chorus pada umumnya terdapat dua  knob yaitu knob Depth dan Rate. 

Fungsi depth adalah untuk memperdalam alunan modulasi audionya. Sedangkan rate berfungsi untuk memperbanyak atau mengurangi jumlah alunan modulasi audionya. Knob ini bisa anda setting sesuai selera sendiri. silahkan bereksperimen untuk keindahan suara gitar anda.

Pada dasarnya efek chorus adalah jenis efek yang sangat simpel tampilan dan penggunaanya juga tidak begitu rumit.  namun saat ini sudah banyak efek chorus yang dikombinasikan dengan berbagai tipe efek modulasi sehingga tampilannya lebih lengkap dan kualitas audionya juga akan mumpuni, tapi yang pasti penggunaanya akan lebih sulit sedikit dibanding chorus yang sederhana.  


Gunakan Efek Reverb


Audio efek jenis reverb sangat dibutuhkan dalam musik. Suara vokal dan instrumen akan terdengar semakin indah  jika menggunakan efek ini. sound akan terdengar lebih lembut dan kaya akan frekwensi gema. Ini bisa kita setting pada knob yang terdapat pada efek. mau gema yang seperti di ruangan, di lembah, atau di sebuah auditorium. 

Pada ampli gitar juga sering kita temui pilihan sound untuk reverb. Namun tidak semua merk ampli yang menyediakan knob efek tersebut, hanya  beberapa merk amplifier saja. Untuk itu anda perlu memberikan efek reverb tambahan diluar ampli atau istilahnya penambahan efek secara eksternal. seperti layak nya para gitaris yang sering kita lihat dipanggung.

Nah biar faham lebih dalem tentang bagaimana hasil suaranya, kamu bisa coba iseng search video di youtube. disana kita akan menyaksikan penggunaan chorus dan reverb akan membuat suara gitar terasa berkelas, lebih berkarisma dan tentunya lebih enak didengar. Itulah beberapa cara agar gitar akustik terdengar enak dan merdu. Postingan ini saya tulis hanya sekedar berbagi ilmu kepada gitaris pemula yang masih ingin memperdalam ilmu kegitarannya. 

Hanya orang biasa yang gemar mengexplore kemampuan. Masih ingin selalu belajar dan belajar.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.