Wednesday, June 8, 2016

Cara Memilih Dan Membeli Gitar Yang Bagus

Bagi para pemula dalam dunia gitar, tentunya ingin memiliki gitar yang sesuai dengan keinginannya. tidak sedikit diantaranya memilih untuk membeli gitar dari teman, dari pabrikan custom/handmade dan dari toko yang belum resmi. dan sebagian diantaranya memilih untuk membeli gitar di toko musik yang resmi, karena dijamin kualitas dan keasliannya. sebenarnya secara hakikat,darimanapun kita membeli gitar asalkan kualitas nya sesuai keinginan kita tentu tidak jadi masalah. yang jadi masalah adalah ketika kita membeli gitar namun saat bertemu penjual dan melihat gitarnya, kita kurang teliti.

Cara Memilih Dan Membeli Gitar Yang Bagus

Akhirnya setelah membeli dan memakai gitar tersebut selama beberapa minggu barulah kita sadar apa kekurangan gitar tersebut. tentu ini bukan kesalahan si penjual, karena sebelum membeli, kita diberi kesempatan untu memilah-milah.  sipenjual tidak memaksa kita untuk membeli dagangannya. itulah apa adanya dagangannya. semua tergantung pada kita,tentu resikonya kita yang naggung..

Gitar yang bagus belum tentu mahal, karena ada gitar bagus yang harganya murah,walau terbilang sangat jarang. namun belakangan ini sudah banyak bermunculan para pembuat gitar rumahan dengan harga terjangkau tapi kualitasnya tetap mumpuni,

Dibawah ini akan saya berikan beberapa tips untuk memilih gitar yang bagus untuk anda


1. Uji Audio atau suara gitar menggunakan amplifier


Jika anda berniat membeli gitar Akustik elektrik ataupun gitar elektrik biasa, periksa audionya apakah bunyi atau enggak saat di  colok ke amplifier atau sound. Dan tidak hanya sebatas itu, periksa juga kekuatan masing-masing senar saat dan dengarkan bunyinya di ampli apakah semuanya seimbang. Jika tidak, maka ini akan menjadi masalah saat kita memainkan lagu, akan timbul perasaan kurang nyaman karena saat membunyikan kunci C misalnya, senar dua kedengaran lebih kuat daripada senar yang lainnya. 

Atau salah satu senar terdengar lebih kecil suaranya ketimbang senar lain saat kita menggenjreng salah satu kunci gitar dalam keadaan gitar tercolok ke ampli. Tentu hal ini membuat telinga tidak nyaman, seharusnya semua senar seimbang kekuatan bunyinya yang beda adalah tinggi rendah nadanya. pengecekan ini harus anda lakukan ketika membeli gitar semi elektrik maupun elektrik, jika anda hanya membeli gitar akustik biasa, point ini bisa diabaikan.

2. Periksa Neck atau batang gitar. 


Untuk memperoleh gitar yang baik, tentunya batang harus lurus jika dilihat dari segala sudut, baik itu samping, atas dan bawah. Jika bengkok, maka dijamin akan ada kendala saat memainkannya, seperti posisi alur senar gitar akan tidak beraturan, dan juga jarak antara freetboard atau batang gitar ke senar akan kelihatan jauh.

Hal ini akan membuat jari tidak nyaman, dan sering sakit atau pegal saat memainkan gitar walau masih sebentar. Neck yang bengkok juga akan mengakibatkan nada kunci C atau kunci lainnya akan fales jika kita naikkan satu atau beberapa oktaf dengan posisi yang berbeda pada freet board gitar. Seperti kita ketahui bahwa letak posisi kord C pada gitar tidak hanya satu saja. Demikian pula kord lainnya. Jika posisi kord semakin dekat ke tabung atau body, maka oktaf dari kord akan naik.

3. Cek Kondisi fret gitar 

Bagi yang belum tahu, fret adalah bahak logam lurus seperti tusuk gigi yang menempel pada batang gitar, maka dari itulah batang ini disebut dengan istilah fretboard. Fret ada yang terbuat dari bahan kuningan dan ada pula yang terbuat dari bahan baja. Setiap fret harus kita periksa agar tidak menyesal telah membeli gitar tersebut. Akibat yang terjadi jika keadaan fret tidak sesuai yaitu gitar akan sember suaranya saat dimainkan, karena senar menyentuh sedikit permukaan salah satu fret yang tidak kita tekan. Ini akan sangat mengganggu pendengaran kita.

Selain itu, fret yang tidak sesuai akan membuat nada gitar menjadi fales saat salah satu atau semua senar dimainkan pada not yang semakin dekat ke tabung atau body gitar. Cara mengecek kondisi fret ada dua cara, pertama bunyikan secara bergantian masing-masing senar gitar pada semua posisi fret mulai dari fret pertama sampai fret terakhir, degarkan dengan teliti apakah terdengar suara sember atau kecrik-kecrik.

Kemudian cara yang kedua ialah setem terlebih dahulu gitar dengan posisi senar yang benar-benar standard. Bagi yang belum mengerti, tanyakan kepada pemilik gitar atau pemilik toko apa itu seteman posisi standard, setelah itu bunyikan senar 5 tanpa tekan fret dan senar 4 dengan menekan fret ke 7, bunyikan dua senar tersebut secara bersamaan, jika terdengar bunyi seperti mengayun sedikit, maka dapat disimpulkan bahwa fret gitar posisinya tidak tepat oleh pabrik atau sipembuat gitar, dengan kata lain gitar itu fales dan tidak pantas untuk anda beli. Seharusnya nada kedua senar yang dibunyikan bersamaan tidak tidak terdengar mengayun karena nada dasar kedua senar tersebut sama, hanya oktafnya yang berbeda.

4. Cek tuning gitar.

Walaupun batang gitar lurus dan fret dalam kondisi baik tinggi rendahnya, kita harus tetap lebih teliti lagi mengecek gitar, karena bisa jadi senar gitar masih fales kedengarannya. Kita harus melakukan cek tuning pada masing-masing senar gitar. Cara untuk mengecek tuning gitar saya sarankan menggunakan alat yaitu guitar tuner, bila anda malas untuk membelinya, di android juga tersedia aplikasinya. 


Bunyikan senar satu sampai senar 6 yang urutannya menjadi E B G D A E  pada layar andoid atau layar guitar tuner. Setelah itu abaikan tuner lalu bunyikan semua kord secara bergantian mulai dari kord A sampai G. jika salah satu kord terdengar fales, maka gitar kurang bagus. untuk gitar elektrik juga sama caranya. bunyikan kembali semua kord dasar, jika salah satu kord masih ada yg terdengar fales maka gitar elektrik kurang baik untuk anda.

Waspada gitar palsu


Zaman sekarang ini sudah banya beredar gitar dengan merk palsu alias KW. berhati-hatilah dalam memilih gitar dengan merk terkenal yang mana anda sudah lama tergiur dengan merk gitar tersebut. usahakan terlebih dahulu mencari informasi tentang fitur gitar yang akan anda beli. agar nantinya bisa anda cocokkan dengan gitar yang akan anda lihat di toko musik. jangan sampai sudah habis uang banyak, ternyata gitar itu palsu.

(Baca Juga : Agar Suara Gitar Akustik Menjadi Merdu)

Apes dah, mending beli gitar custom an aja sekalian. :D atau mending beli gitar buatan anak bangsa aja, buatan asli indonesia. gak kalah kok kualitasnya dari buatan luar. beberapa contoh gitar buatan indonesia yang saya tahu ada Samick, Rick Hanes, Radix, Omen guitar, Sipoholon guitar, kapok guitar, dRCustom Guitar dan sebenarnya masih banyak lagi merk buatan anak negeri yang kualitasnya gak kalah bagus dengan gitar buatan luar negeri. 

Bahkan gitar Rick Hanes sudah menembus pasar internasional lho, saya  pernah lihat dan dengar di TV bahkan di Youtube juga telah banyak berita tentang ketenaran gitar asli buatan anak bangsa ini. silahkan anda cek saja videonya di yutub.

Itulah beberapa tips untuk anda. jangan sampai salah pilih gitar. karena gitar yang enak sangat mempengaruhi keinginan kita untuk selalu berlatih bermain gitar. Saran saya jangan terlalu merendahkan diri dengan cara membeli gitar yang bagus untuk pemula, Carilah gitar yang baik dan layak dipakai bahkan sekalipun artis memakainya. Walaupun gitar harganya murah  dan dibuat oleh home industri, namun jika kualitasnya oke, kenapa tidak.


Satu hal yang harus kita sadari adalah, jika gitar nya tidak enak dipakai, maka akan males untuk berlatih. Tapi jika gitar enak dipakai sesuai dengan penjelasan yang saya tuliskan diatas, maka pemula akan merasa senang berlatih. Oke deh sekian dulu postingan ini saya tuliskan. mudah-mudahan bermanfaat .terimakasih sudah berkunjung ke blog ini, terimakasih.

Hanya orang biasa yang gemar mengexplore kemampuan. Masih ingin selalu belajar dan belajar.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.