Wednesday, June 8, 2016

Komponen Penyusun Efek Gitar

Didalam suatu efek gitar, terdapat beberapa jenis komponen elektronika yang berpadu melaksanakan fungsinya. dalam efek gitar, IC merupakan komponen utama sehingga disebut sebagai pusat utama kinerja seluruh komponen.

Dibawah ini akan saya sebutkan beberapa komponen elektronika yang sering digunakan dalam membangun sebuah rangkaian efek gitar, yang pada umumnya digunakan pada sirkuit efek gitar yang biasa digunakan oleh para musisi. Dibawah ini adalah penjelasan dari beberapa komponen penyusun efek gitar yang sering digunakan.


beberapa komponen Penyusun Efek Gitar

1 IC
Dalam rangkaian efek, paling sering digunakan adalah jenis "dual op amp" dan "single op amp". Ic ini selalu digunakan dalam menyusun rangkaian efek seperti distrorsi,fuzz,booster dan overdrive. contoh ic dual op amp dan singel op amp ada banyak sekali, silahkan cek di google.

Kemudian untuk efek seperti delay, chorus, flanger, octave, tremolo juga menggunakan Ic sebagai otak prosesor audionya. contohnya seperti IC MN3007 ,PT 2399 adalah beberapa contoh IC untuk membangun rangkaian efek bertype modulasi audio seperti Delay, Reverb,Chorus,Flanger,tremolo,wah, bahkan phaser. tergantung seberapa tinggi ilmu si pembuat efek.

2. Transistor
Penggunaan komponen yang satu ini dalam efek juga memegang peranan yang sangat penting. transistor ada beberapa type, tergantung pada kebutuhan efek dan karakter suaranya. dibawah ini adalah pembagiannya.

a) Transistor bertype NPN seperti 2N3904,2N4401,C9013 dan msh ada beberapa jenis yg lain. transistor  ini sering dipakai sebagai penguat sinyal akhir dalam beberapa type efek, sebagai modulasi juga.
b) Transistor jenis PNP, seperti 2N3906, BC557,2N5087,s9012, dan msih bnyk jenis yang lain. transistor ini sering juga di pakai sebagai modulasi sinyal atau sebagai switch otomatis dalam bagian sebuah rangkaian, dan sebagai penyetabil tegangan.
c) Transistor Fet, Mosfet. trnsistor type seperti ini juga banyak digunakan dalam efek gitar/bass. sebagai amplifier simulator, Acoustic simulator. contoh nya 2N7000,BS 170,J201.

3. Kapasitor dan  Elco

Dalam menyusun sebuah efek , kapasitor yang paling sering digunakan adalah, 104, 224,223, 102,103, 22p, 47p, 470. sedangan elco yang paling sering digunakan adalah, 10uf/16v, 100uf/16v,1uf/50v, 22uf/16v,2,2uf/16v, namun ada beberapa pembuat efek yang bereksperimen pada rangkaian efek untuk mendapatkan audio yang sesuai . fungsi elco pada efek bermacam2. tergantung dimana dia diletakkan, tapi pada umumnya fungsinya adalah untuk meratakan denyutan arus, istilahnya menenangkan arus yang bergelombang tidak menentu.

4. Resistor

Resistor yang paling sering digunakan adalah, 100k,100ohm, 10k, 1k, 6k8,12k,22k, 470k,220k,4k7. dan masih ada bayak lagi, semua tergantung kekreatifan sipembuat efek. dalam duia efek gitar atau bass, resistor yang paling sering digunakan adalah resistor berdaya rendah. bentuknya agak lebih ecil daripada resistor yang pada mumnya digunakan untuk radio,tv, amplifier.

5. Potensiometer

Komponen ini sangat diperlukan dalam pembuatan efek gitar, tanpa komponen ini, maka dijamin sipengguna tidak akan bisa menyetel suara efek sesuai dengan yang diinginkan. dalam elektronika, potensiometer juga disebut dengan istilah resistor variabel. karena potensio meter adalah alat penahan arus listrik yang dapat diatur dengan cara diputar maupun digeser untuk menyesuaikan hambatan yang diinginkan yang berpengaruh pada keluaran audio.

Itulah beberapa penjelasan tentang komponen yang pada umumnya ada pada setiap type efek gitar. semua tergantung kreasi para elecktronic engginering yang memproduksi efek tersebut. pada dasarnya efek adalah pengembangan dari bagian yang sering ada pada amplifier atau sound system yaitu tone control


(Baca Juga : Cara Memilih Dan Membeli Gitar Yang Bagus)

Dimana pada bagian ini,semua audio di proses sedetail mungkin dan bisa di setting sesuai keinginan pendengarnya. oke deh sekian dulu informasi dari seaya, semoga bisa jadi bahan pengetahuan buat anda semua. terimakasih atas kunjungan anda ke blog ini.

Hanya orang biasa yang gemar mengexplore kemampuan. Masih ingin selalu belajar dan belajar.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.