Wednesday, June 8, 2016

Pengertian Dan Cara Kerja Adaptor

Pasti teman - teman sekalian sudah sangat kenal dengan alat elektronika yang satu ini, yaitu adaptor. adaptor berfungsi untuk menurunkan tegangan AC menjadi DC. alat ini ada hampir disemua barang elektronika, contohnya Televisi, Radio, Komputer, Amplifier, Tape, Sound System, efek gitar/bass, dan masih banyak lagi. semua piranti elektronik tersebut harus di diberi supply tegangan agar bisa kita gunakan.


modul adaptor

Mengapa Harus Menggunakan Adaptor?

Kita harus ingat perbedaan perangkat elektronika dengan perangkat listrik. perangkat elektronika adalah gabungan dari komponen elektronika yang bekerja melaksanakan fungsi tertentu. perangkat listrik adalah gabungan komponen listrik yang melaksanakan fungsi tertentu. Nah tadi belum saya sebut contoh perangkat listrik atau alat listrik, nih dia : Setrika, Blower, Kipas angin, Gerinda batu akik, alat parut kelapa. dan masih banyak lagi.

Nah kita harus tau bahwa alat elektronika tidak boleh bersentuhan langsung dengan arus AC (220volt) karena 80% komponen nya anti arus AC alias akan meledak. oleh karena itu didalam setiap perangkat elektronika harus ada bagian penurun besarnya tegangan agar sesuai, aman dan tidak menimbulkan kebakaran, namanya adalah Adaptor.

Sementara kalau perangkat alat listrik tidak perlu melakukan penurunan tegangan, alat tersebut bisa langsung di colok ke lubang kontak yang ada di dinding rumah contohnya Setrika, Kompor listrik, Rice Cooker, semua perangkat itu tidak memiliki adaptor didalamnya.

Tentang pengertian Adaptor


Saya rasa berdasarkan penjelasan yang diatas, teman2 sudah mengerti tentang apa pengertian adaptor. yaitu alat yang dapat mengadaptasikan tegangan sesua kebutuhan perangkat elektronika tempat dimana dia (adaptor) tersebut ditugaskan.

Apa saja Komponen penyusun dan cara kerja adaptor


1. Trafo ( Transformator)

2. Dioda

3. Elco

4. IC Regulator

5. Resistor



Saya akan jelaskan satu persatu fungsi dari tiap komponen


1. Trafo
Ini adalah komponen utama.  fungsinya menurunkan tegangan arus AC ( tegangan tinggi) menjadi DC (tegangan rendah ) sehingga arus menjadi DC akan aman untuk melanjutkan tegangan ke bagian dioda. Trafo terdiri dari bagian primer (AC)  dan bagian (Sekunder) DC.  perlu diingat bahwa lilitan kawat bagian primen dan sekunder tidak bersentuhan dan tidak dapat bersentuhan karena pasti akan korslet listrik.

Arus DC dihasilkan oleh bagian sekunder melalui cara induksi karena si sekunder memperoleh arus dari si primer tanpa ada sentuhan apa apa.  arus listrik tentu diperoleh dari sistem penyrapan induksi elektromagnet yang dipancarkan oleh si primer. dan mengubahnya menjadi arus listrik  DC 6 volt,  9 volt,12 volt,  15 volt,  18 volt,  25 volt. 

2. Dioda
Komponen ini berfungsi menyearahkan arus yang dihasilkan oleh trafo agar bisa menjadi negatif dan positif. karena arus dari trafo belum ada kutub negatif atau positifnya. 
Dioda memiliki dua kutub yaitu "Anoda" dan. "Katoda" . 

3. Elco
Komponen ini merupakan singkatan dari. Elektrolit kapasitor.  karena dudalamnya terkandung ekektrolit yang menimbulkan kutub negatif dan positif .  Elco berfungsi sebagai Filter (saringan)  arus listrik yang diperoleh dari dioda penyearah. sehingga arus listrik adaptor bersih dari percikan atau sentakan arus yang kadangkala di keluarkan oleh trafo./div>

4. IC Regulator
komponen ini berfungsi menstabilkan arus listrik yang nanti akan digunakan. IC regulator ada 2 berdasarkan cara kerjanya.  yaitu Ic regulator variabel dan Ic regulator tetap.  IC Regulator variabel bisa diadjust menggunakan potensiometer atau saklar pemilih tegangan.

Sedangkan IC regulator tetap hanya bisa digunakan untuk 1 tegangan saja,  misalnya hanya 9 volt. trus ada yang khusus 5 volt, ada yang. khusus 12 volt,  ada yang khusus 15 volt.  contohnya bila IC regulator 9 volt (7809) dilalui arus 12 volt,  maka tegangan keluar ic tetap 9 volt . dan bila dialiri arus 15 volt,  maka tegangan keluar tetap 9 volt. jadi arusnya tetap stabil.

5. Resistor
komponen ini digunakan untul memberikan penahanan terhadap arus listrik yang akan dialirkan kepada beberapa bagian komponen yang lain agar komponen didepannya bisa bekerja maksimal sesuai dengan tujuan dan fungsi rangkaian.

Itulah penjelasan mengenai adaptor, cara kerja adaptor dan tentunya lengkap dengan komponennya. Bila sobat berniat ingin mengetahui cara merakit adaptor/ power supply efek gitar, tonton di video yutub power supply guitar effect

Adaptor yang baik adalah adaptor yang regulatornya bekerja dengan baik sehingga arus yang dihasilkan sangat "Isolated" aman untuk alat elektronika yang akan disupply tegangannya. semoga tulisan bisa bermanfaat buat teman - teman sekalian. bila ingin lebih tahu atau ingin order adaptor, silahkan cek instgrm "ellectsupply". oke sekian dulu postingan saya kali ini, semoga bisa bermanfaat buat kita semua.

Hanya orang biasa yang gemar mengexplore kemampuan. Masih ingin selalu belajar dan belajar.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.