Wednesday, June 8, 2016

Menerima Pesanan Menjual Adaptor Atau Power Supply Untuk Efek Gitar Anda

Hi agan musisi sekalian. apa kabarnya, saya harap baik-baik saja. Oh ya kali ini saya mau posting tentang adaptor efek gitar atau bass. Seperti kita ketahui bahwa adaptor adalah suatu alat listrik yang bisa menurunkan atau menaikkan tegangan listrik, artinya adalah ada adaptor yang bisa menaikkan tegangan listrik dan ada juga yang bisa menurunkan tegangan listrik.

Setrum ikan adalah salah satu contoh penggunaan adaptor penaik tegangan. kalo adaptor penurun tegangan sangat banyak penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Radio, charger hp, sound system, amplifier, efek gitar. Semua itu pastilah menggunakan adaptor penurun tegangan atau istilah dalam dunia elektronika adalah Step Down.



Menerima Pesanan Menjual Adaptor Atau Power Supply Untuk Efek Gitar Anda

Okey saya akan bahas tentang adaptor efek gitar/bass. Efek gitar jenisnya tentu sangat banyak. multiefek merk nya beragam dan stompbox juga begitu. dari semua efek tersebut kebanyakan menggunakan arus listrik 9 volt, sebagian merk ada yang membutuhkan arus diatas 9 volt. kali ini saya bahas mengenai efek yang membutuhkan arus 9 volt. perlu kita ketahui bahwa dengan adaptor bertegangan 9 volt saja tidak cukup menjadi acuan untuk memilih adaptor yang tepat untuk efek kita.


Adaptor memberi pengaruh kepada kualitas audio


Contoh kasus yang pernah terjadi adalah ketika efek behringer delay dicolok dengan adaptor 9volt dengan kuat arus sebesar 250ma (MilliAmpere), efek tersebut tidak berfungsi alias lampunya berkedip saat efek di posisi on dan tidak ada suara pada ampli/sound. setelah diganti dengan adaptor 9volt dengan  kuat arus sebesar 1 Ampere (1000 MilliAmpere) maka efek tersebut bisa berfungsi normal. namun adaptor yang 9volt dengan kuat arus 250ma tersebut bila dihubungakn dengan efek yang berkarakter distorsi, efek normal dan mengeluarkan distorsi pada ampli.

Dan kasus yang lain adalah ketika saya menghubungkan adaptor 9volt berkekuatan 250ma ke multiefek korg (tipenya saya lupa) efek tersebut tidak bisa hidup samasekali. dan saya ganti menggunakan adaptor 9volt berkekuatan 1 ampere, efek tersebut menyala normal. kesimpulannya adalah bahwa jenis efek yang berbeda membutuhkan adaptor dengan karakteristik yang berbeda pula.bila anda mempunyai banyak jenis efek haruslah menggunakan adaptor dengan kuat arus minimal 1 ampere/9volt .

Sangat disarankan bila anda punya efek lebih dari 3, jangan menggunakan adaptor yang kabel DC nya dicabang banyak. terkecuali bila anda bersedia membawa 3 buah adaptor kecil yg dicabang banyak untuk mensupply misalnya 8 efek stompbox anda tentu tidak masalah, asal jangan menggunakan satu adaptor kecil yg dicabang kabelnya untuk ke 8 efek sekaligus, bisa kacau nantinya, adaptor mngkin akan panas berlebih dan overshoot.


(Baca Juga : Cara Memilih Dan Membeli Gitar Yang Bagus)
 

Selain itu berpengaruh buruk terhadap efek anda. namun bila anda  tidak ingin repot-repot membawa adaptor yg banyak, gunakanlah adaptor yang komplit yang lubang colokan DC nya banyak, jadi bukan kabelnya yang di cabang2 . seperti contoh gambar dibawah ini... artinya tiap lubang saluran dc masing2 punya tegangan yang tidak dibagi2.. tiap efek anda akan disuplly secara stabil.

Bila anda memiliki alat pengukur tegangan digital (multitester digital) , cobalah ukur ujung colokan adaptor anda, sudah stabil atau belum. angka yang tampak pada layar multitester akan berubah-ubah bila adaptor anda ternyata tidak stabil, dan ini jelas membahayakan efek anda.

Pengalaman Meneliti berbagai Adaptor dipasaran


Saya pernah mencoba mengukur salah satu adaptor merek efek terkenal ( tidak usah sebut nama/merk) setelah saya cek, ternyata tidak stabil arusnya, angka pada layar multitester saya naik turun. kadang 9, kadang 9.5, kadang 9.7, bahkan sempat keangka 10,2 volt, lalu balik lagi ke 9 volt. wahh, kalau begitu terus dijamin umur efek tidak akan bertahan lama.


Gambar diatas adalah contoh power supply 8 channel, stabil pake IC LM317. kekuatannya 1000mA. cocok buat deretan efek stompbox seperti boss, tc electric, behringer, nux, joyo, belcat dll. Tidak direkomendasi buat multi efek atau efek gigital. Kalau buat yang multi efek harus dicustom lagi karena ada beberapa merk multiefek (digital) yang polaritas negatif positifnya berbeda.

Setiap adaptor yang saya produksi herus menggunaan fuse(sekring pengaman). fungsinya sangat fital, agar tidak terbakar saat petir menghatam jaringan listrik di gedung,rumah atau kontrakan.dengan adanya fuse ini, dijamin adaptor dan efek akan aman, karena sekring didalam fuse akan terputus dan aliran listrik tegangan besar akan terputus sehingga tidak sampai ke komponen bagian dalam adaptor.

Atau jika teman-teman berniat membuat sendiri adaptornya. Tonton tutorialnya di video ini  Power Supply Guitar Effect

Bila ingin memesan adaptor seperti diatas, saya siap melayani anda, sebelum membeli tidak ada salahnya main ke akun instagram saya "electsupply". disana terdapat beberapa testimonial dan foto-foto adaptor yang pernah saya kirim ke beberapa kota di indonesia. ada beberapa gitaris artis yang follow juga. bila ingin bertanya silahkan hubungi nomor yang tertera di pofil  akun saya.atau langsung berkomentar dibawah, pasti akan dibalas satu persatu. terimakasih.

Hanya orang biasa yang gemar mengexplore kemampuan. Masih ingin selalu belajar dan belajar.

Artikel Terkait

3 komentar

Kebetulan lagi baca sekalian mau nanya mas, kenapa efek behringer saya lampunya kedap kedip dipakai efek cabang untuk 5 efek, sedangkan drive sama delay saya normal

Pnyebabnya ada bermacam macam mas:
1. Kuat arus (Ampere) dari adaptornya tidak mencukupi.
2. Konektor adaptor ke efek kendur.
3. Efeknya bisa jadi rusak.

Oh gitu ya mas, efeknya saya beli baru soalnya mas, pas dites langsung kedap kedip gitu gak sampe 10 menit.
Terima kasih ya mas, ntar kapan2 kalo ada uang saya mau juga pesan power supply sama mas.

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.