Wednesday, June 8, 2016

Tentang Efek Gitar Atau Bass

Efek adalah istilah paling populer dalam dunia pergitaran atau bass bahkan vokal atau instrumen lain yang membutuhkan bantuan Stimulasi audio agar lebih indah didengar dispeaker. sistilah efek paling akrab digunakan oleh para gitaris, penggunaan jenis suara dan modulasi sangat diperlukan pleh seorang gitaris agar dapat tampil maksimal diatas panggung.

Tentang Efek Gitar Atau Bass

Efek adalah alat yang dapat mengubah sinyal suara yang masuk dari jalur "IN" menjadi suara yang lebih indah keluar melalui jalur "OUT" dan di teruskan ke bagian penguat audio(Sound System) akan mengeluarkan bunyi sesuai dari fungsi utama efek tersebut. apabila ditinjau dari bagian nya dalam system audio, efek adalah jelmaan dari  rangkaian Tone Control, singkat kata, bagian tone control pada amplifier rumahan itu sudah termasuk kategori efek.

Tone control tidak dapat mengeluarkan suara sempurna apabila tidak dibantu oleh bagian "power audio" .maka tidak heran kalau dalam sebuah amplifier terdapat bagian Power Supply- Tone Control - Power amplifier- speaker . jadi kalu dikaitkan dengan sang gitaris, maka urutannya adalah , Gitar- Efek-Ampli/Sound System- Speaker.


Efek favorit gitaris masa kini

 
Jenis Efek audio yang masih populer sampai saat ini adalah, Clean, Distorsi dan modulasi. Modulasi terbagi dalah beberapa bagian yaitu, Chorus, Delay, Flanger, Phaser,Tremolo,wah dsb.
Hampir Semua Gitaris didunia ini lebih suka menggunakan efek secara terpisah yang dipadukan menjadi satu menggunakan kabel jumper atau istilahnya efek Analog atau Stompbox.

Ini dikarenakan efek analog lebih terdengar Jujur, real dan tangkas dalam menyemburkan Sinyal Audio ke Speaker melalui bantuan Sound System. bila anda search tentang efek yang dipakai oleh gitaris terkenal di indonesia dan luar negeri, hampir tidak ada menggunakan efek multi atau efek digital.

Tentang Efek Gitar Atau Bass
Efek Stompbox
Pada umumnya, ditinjau dari segi penggunaanya dipanggung, posisi audio gitar saat suara clean(normal) menggunakan efek chorus, delay, equalizer, dan clean booster, bisa juga menambahkan efek jenis compressor . dan pada saat audio distorsi, bisa menggabungkan delay, chorus, drive booster dan tentunya equalizer pasti harus tetap on. sebenarnya semua tergantung si gitars, bagaimana urutan dan penggunaan jenis efek saat berada dipanggung, dan tentunya pasti disesuaikan dengan lagunya.

Sebelum melakukan show, gitaris pasti akan melakukan setting yang baik baik terhadap susunan efek. ini menyangkut beberapa hal seperti tata letak, alur laju sinyal audio serta pengkabelannya yang diberi istilah masa kini oleh anak2 musik yaitu "jumper efek". untuk lebih memperdalam pengetahuan kita tentang komponen penyusun efek gitar, teman -teman boleh berkunjung segera ke postingan saya yang selanjutnya.

(Baca Juga : Komponen Penyusun Efek Gitar)

Hanya orang biasa yang gemar mengexplore kemampuan. Masih ingin selalu belajar dan belajar.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.