Wednesday, June 8, 2016

Beberapa Hal Yang Timbul Karena Terlalu Fokus Ke Media Sosial

Pada masa sekarang ini, media sosial sedang maraknya digandrungi para insan yang ada dimuka bumi ini. karena sangat membantu sekali dalam berinteraksi dengan orang yang tempatnya jauh satu dengan yang lainnya. namun pernahkah kita menyadari bahwa penggunaan media sosial itu juga bisa menimbulkan beberapa masalah yang merugikan kita? tentunya ada yang sudah menyadari dan ada yang sama sekali menyadarinya. 

Jujur, saya juga pengguna media sosial. saya memiliki 5 akun dengan jenis media sosial yang berbeda. berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa hal negatif yang bisa timbul ketika kita terlalu menyandarkan kehidupan sehari hari dengan menggunakan media sosial. dibalik banyaknya keuntungan dari penggunaan media sosial tentu ada juga kerugiannya. sebenarnya bukan salah media sosial itu sendiri, namun karena kesalahan sebahagian orang yang menyalahgunakan sosial media.semuanya akan saya jelaskan dibawah.

Media sosial

Apa saja hal yang bisa terjadi bila terlalu fokus ke medsos?

1) Menyebabkan kita sedikit agak tertutup dengan dunia nyata


kita akan lebih sering mengurung diri dirumah/kost/asrama karena kita bisa menemukan teman2 di media sosial yang notabene berinteraksi dalam dunia maya/semu. kita kadang tidak menyadari bahwa berinteraksi didunia nyata itu jauh lebih bermanfaat. semakin sering mendekam dalam ruangan akan membuat kita terbiasa dan akan berpengaruh terhadap kesehatan kita.

Mengapa orang yang dipenjara diberi izin untuk keluar sekitar area penjara padahal mereka bisa saja melakukan aktifitas cukup didalam ruangan penjara, ini karena alam luar itu sangat penting, butuh udara terbuka, cahaya  alami yang ada dilingkungan sekitar.


2) Akun media sosial kita bisa saja jadi sasaran orang yang tidak bertanggung jawab


Saat kita terlalu sibuk tiap detik dengan sosmed, maka itu artinya kita sudah menganggap akun tersebut bukan sekedar senang-senangan saja, melainkan data penting sekalipun bisa kita masukkan kedalamnya.

Kita tidak sadar bahwa pasti ada saja orang yang berniat jahat untuk mencuri data dalam akun, untuk melakukan tindakan yang melanggar hukum. atau bisa jadi akun medsos kita di hack untuk melakukan tindakan penipuan terhadap teman,saudara, atau keluarga kita yang berada ditempat yang jauh ataupun dekat dengan kita.


3) Bisa menambah stress bagi yang tadinya sudah banyak pikiran masalah


Beberapa artikel yang kurang bermanfaat yang berbau sara atau berita2 bohong (hoax) sangat mudah dishare ke media sosial dan bukan dari sumber terpercaya. manusia yang polos dan lugu akan lebih mudah terpengaruh bila membaca artikel tersebut.

Apalagi jika artikel tersebut dishare kembali ke teman-temannya yang ada disosial media, maka orang lain yang membaca akan mengalami reaksi yang beragam.ada yang terprovokasi, ada yang jadi stress, bahkan ada yang sampai memliki rasa cemas yang berlebihan terhadap sesuatu hal. tergantung dari kabar miring apa yang sering dibaca dari artikel yang di share ke dalam media sosial.


4) Terjadi salah faham antara pengguna medsos


Hal ini bisa terjadi melalu status yang di posting ke media sosial. kita pasti pernah mengalami ketika membaca status dimedsos yang terkadang kita hanya membaca dan melihat nama sipenulis status secara sekilas saja. dalam pikiran kita yang menulis status contohnya adalah si "flower",itu penglihatan kita sekilas.

Ternyata beberapa jam kemudian kita sering iseng membuka kembali beranda status sampai kebawah dan terus kebawah. status yang kita baca beberapa jam yang lalu ternyata bukan atas nama si "flower" melainkan orang lain. coba bayangkan bila status tersebut contoh "males berbisnis sama kamu" dan kita mengkali nama "flower" lah yang menulis status tersebut.

sementara flower itu sahabat kita, dan dia barusaja melakukan urusan bisnis dengan kita hayoo apa yng terjadi? tentu kita menganggap status sahabat "flower" tersebut ditujukan kepada kita. padahal setelah iseng membuka beranda status dan ketemu dengan status "males bisnis sama kamu" ternyata bukan atas nama si Flower sahabat kita. oke kita anggap ini adalah contoh kasus yang sudah kita sadari dan terklarifikasi,sehingga kita tidak salah faham kepada "flower".

Nahh sekarang mari kita pikirkan, berapa banyak kita melakukan "baca status dan melihat nama pengupload status secara sekilas? wess kita tidak bisa menjawab nya..karena hal tersebut diluar kesadaran, terkecuali ada momen melihat beranda status sampai kebawah dan kebawah. kan terkadang kita tidak selalu melakukan tindakan baca-baca status di beranda sampai kebawah dan kebawah.


5) Secara tidak sengaja menjadi bahan bullying 


ketika tidak sengaja mengupload status dimedsos,  bisa jadi tanpa disadari beberapa minggu lagi, akan jadi bahan bully di medsos. dibully itu rasanya amat sakit tentunya. padahal sipengupload status bukan bermaksud apa apa namun karena kata kata nya sudah bersifat menyinggung, memojokkan, memprovokasi kalangan publik, ya bagaimanapun tetap ada bully yang datang kepada sipenulis status di akun medsos nya sendiri.

Itulah beberapa dampak yang terjadi di medsos. Namun ini bukanlah salah media sosial tersebut melainkan salah dari sebagian pengguna pengguna nakal. Untuk itu, berhati hatilah selalu. Proteksi akun harus selalu diperhatikan. Berhati hatilah memilah teman di medsos. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian.

Hanya orang biasa yang gemar mengexplore kemampuan. Masih ingin selalu belajar dan belajar.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.