Wednesday, June 8, 2016

Cara Merakit Pickup Atau Spull Gitar atau Bass

Gitar elektrik adalah gitar yang menggunakan spull atau pickup magnetik untuk menghasilkan suaranya. ketika senar dibunyikan, maka getaran dari  senar gitar akan disedot oleh gelombang magnetik yang ada pada permukaan pickup. sehingga pada gulungan kawat spull yang ada didalam akan tercipta getaran senar gitar tersebut namun sudah berupa arus listrik.
spull gitar metal

Sehingga ketika arus masuk kedalam rangkaian ampli atau sound system melalui jack, suara gitar tersebut akan berbunyi di speaker. speaker adalah alat elektronik yang tidak mau berbohong dan tidak akan pernah berbohong, apa gelombang suara berupa arus listrik yang diterimanya dari rangkaian ampli/sound system, itu pula yang dikeluarkan oleh speaker.

Bila kita atur posisi treble pada ampli/sound system, maka speaker akan mengeluarkan suara sesuai hasil putaran kita pada knob potensio. speaker tidak akan pernah berbohong. bila ada rangkaian audio yang kurang baik,speaker akan mengeluarkan bunyi isyarat sesuai  dengan apa kerusakan pada rangkaian.

Alat dan Bahan sebagai berikut :

  • Solder
  • Timah solder
  • Kawat tembaga halus
  • Lakban/Selotip
  • Magnet Secukupnya
  • Kabel Anti Noise
  • Jack dan Soket 2 Buah
  • Kotak Pickup/Spull (Desain Sendiri) 
     

Proses Pembuatan Sebagai Berikut


Siapkan kawat tembaga halus, diusahakan sehalus mungkin, karena semakin halus kawatnya maka   semakin bagus kualitas suara yang dihasilkan spull nantinya. lalu kawat halus digulung menggunakan kaleng susu bekas, usahakan kalengnya kecil agar nanti hasil gulungan bentuknya seperti gelang tangan.

Usahakan selama menggulung jangan ada kawat yang terputus, maka harus berhati -hati. karena nanti gulungan ini akan melingkari magnet yang sudah disediakan. setelah selesai digulung, balutlah dengan selotip serapat mungkin agar tidak bergeser atau putus pada saat digunakan.


Cara Merakit Pickup Atau Spull Gitar atau Bass

Kemudian gulungan yang sudah mirip gelang tadi kita tekan hingga berbentuk ellips atau sesuai dengan bentuk magnet yang sudah disediakan tadi. pada penjelasan ini, diusahakan teman-teman sekalian menggunakan manet berbentuk batang seperti gambar dibawah. gelang lilitan kawat halus akan mengelilingi magnet.

Tujuannya agar tercipta induksi elektromagnetik yang baik antara gulungan/kumparan dengan magnet. ketika diberi arus listrik, kumparan akan mengeluarkan gelombang elektromagnet dan bersatu dengan gelombang magnet yang dihasilkan oleh magnet batang tersebut. maka ketika ada getaran benda logam didekatnya akan diserap dan dirubah menjadi getaran listrik hingga bisa didengar pada speaker melalui proses amplifier.

    Pada gambar diatas tidak saya tampilkan bentuk kotaknya karena itu semua tergantung desain masing-masing, terserah anda membuat dari bahan apa, yang penting usahakan permukaan atasnya tipis agar induksi elektromagnetik bisa keluar mencari getaran senar gitar atau bass. Jangan sampai lupa menyolder kedua ujung kumparan/gulungan/lilitan kawat halus tadi dengan kabel anti noise.

    Hubungkan dengan menggunakan solder secara pelan -pelan karena kawat halus rentan terputus. setelah selesai baru bisa dimasukkan kedalam kotak sesuai desain anda, beri sedikit lubang tempat keluarnya ujung kabel anti noise, karena akan dihubungkan ke soket jack gitar. pada tahap ini anda harus mengerti cara mengintalasi pick up gitar agar bisa dihubungkan ke amplifier atau sound system.


    Bagaimana proses suara hingga terdengar ke Amplifier


    Mengapa pick up/spull bisa menyebabkan terjadinya bunyi pada speaker setelah dihubungkan ke amplifier? mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa penyebab hal tersebut. bunyi timbul di speaker terjadi karena fungsi speaker adalah mengubah getaran listrik menjadi getaran suara.


    Sekarang yang jadi pertanyaan lagi, bagaimana amplifier mengeluarkan suara yang berasal dari spull/pickup? ini terjadi karena fungsi dari alat ini adalah mengubah getaran suara menjadi getaran listrik bila diberi tegangan. darimana tegangannya? yang jelas dari amplifier ketika kita colokkan jack. disana amplifier memberi tegangan sekaligus menerima rangsangan sinyal getaran listrik yang sudah diubah oleh spull.


    Lalu amplifier memproses sinyal tersebut dan mengirimnya melalui bagian output ampli menuju ke speaker. itulah sebabnya ketika kita mengetuk atau membunyikan senar di atas spull, akan timbul suara pada speaker dengan catatan, jack dihubungkan ke ampli yang kondisinya nyala/on.


    Sekianlah penjelasan dari ane, semoga bisa difahami rekan - rekan semua. bila ada yang dirasa kurang jelas, atau sekedar ingin menambahin penjelasan yang kuranf, boleh disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini. kita sama-sama berbagi.


    (Baca Juga : Lampu Huruf Berjalan Atau Led Matrix)

    Hanya orang biasa yang gemar mengexplore kemampuan. Masih ingin selalu belajar dan belajar.

    Artikel Terkait

    Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.