Wednesday, June 8, 2016

Cara Supaya Band Atau Solo Masuk TV

Jadi terkenal dan punya banyak duit adalah impian hampir semua orang, terutama para musisi. untuk mewujudkan impian tersebut tentunya harus melakukan usaha semaksimal mungkin. dalam hal ini, usaha yang dimaksudkan tidak cukup hanya sebatas mengasah kemampuan dalam bermusik saja, namun ada beberapa point yang harus diperoleh agar dapat mewujudan impian tersebut, yaitu modal berupa materi, kekompakan, performance, misi, relasi dan atittude (sikap)

Cara Supaya Band Atau Solo Masuk TV

Setiap musisi harus terlebih dahulu berusaha memiliki beberapa point diatas (usaha internal), lalu melanjutkan usaha yang bersifat eksternal, artinya adalah ketika didalam suatu group sudah terdapat bobot yang memadai sperti beberapa point diatas, maka akan siap untuk melanglang buana mencari kesempatan, menunjukkan, kebolehan, dan berkompetisi.

Pada masa sekarang ini, semakin benyak media perantara karya musik, maka sebenarnya semakin sulit untuk mendapatkan peluang untuk menjadi terkenal, karena saingan tidak sedikit. group band/solo/group vokal telah menjamur dimana-mana. hal ini menimbulkan kesulitan untuk mencari siapa yang terbaik, karena pada kenyataannya banyak yang punya kualitas bagus.anda bisa survei disetiap festival musik di kota anda.


Cara pengorbitan artis pada masa internet sekarang


Sejak dimulainya penggempuran oleh "pembajak lagu"(bukan internetnya)  terhadap industri musik indonesia, semua label besar semakin ketat dan selektif dalam memilih artis yang akan di lamar. bukan seperti dulu lagi,suara bagus langsung masuk dapur rekaman. nah sekarang sudah tidak begitu, suara bagus belum tentu diterima oleh label besar. mereka mempertimbangkan banyak hal untuk menerima artis/talent.

Namun bila talent masih tetap bersikukuh untuk menjalin hubungan dengan label besar, sistem bisnisnya berbalik, si talent harus menyediakan dana ratusan juta rupiah (bukan sogok) untuk dapat menjalin kerjasama produksi lagu dalam label tersebut. inilah yang dkatakan duit mengatur segalanya. artinya label mana yang menolak jika anda menawarkan dana contohnya 2 milyar, ini hanya contoh. karena sistem kerjasama dengan label besar itu macam-macam jenisnya.

Namun bagaimanapun hal yang paling indah adalah dimana ketika label besar itu sendiri yang lebih dulu menawarkan kita untuk dilamar alias dijadikan talent/artisnya..senang pastinya, karena sudah dijamin semua akan gratis..tiss. kita tidak dibebankan biaya sedikitpun selama proses produksi. namun kita harus siap terhadap segala kemauan mereka, ini semua dijelaskan dalam kontrak kerja antara artis/talent dengan labelnya.

Udah coba upload hasil karya ke youtube namun viewers masih sedikit padahal upload udah 2 tahun yang lalu".. "trus ikut audisi di ajang pencarian bakat gagal melulu"..yaa kita juga  turut bersedih mendengarnya. tapi itulah kenyataannya bahwa jadi artis terkenal itu bukan gampang2 susah, tapi sangat susah.

Namun saya, yang juga seorang musisi yang dalam artian belum terkenal selalu berpikir cari cara bagaimana agar musisi itu tidak merasa down dalam menghadapi cobaan ini. seperti kata salah seorang maestro musik indonesia, "berkaryalah selalu, jangan pedulikan akan jadi terkenal atau tidak" karena samakin tulus kita berkarya, maka hasilnya akan semakin original dan enak untuk dinikmati orang lain.

Taktik jitu agar band atau solo bisa eksis


Televisi.  inilah impian anak musisi sekarang ini? jawabnya iya. saya perhatiin ada beberapa band, manggung di salah satu acara musik yang tayang setiap pagi, lalu gak pernah muncul lagi sampai sekarang, berarti cuma nongol sekali doank. itu sih gak jadi masalah, ya mungkin strategi marketing manajemen band tersebut emang begitu. tapi yang band/solo inginkan tidak seperti itu, yang mereka inginkan adalah bisa eksis terus di TV, bukan hanya sekali saja, setelah itu hilang entah kemana.  nah pertanyaannya bisakah untuk tetap eksis selalu di TV? jawabnya bisa... adakah Caranya? jawabnya ada. sudah pasti bisa masuk TV kah? jawabnya, manusia hanya bisa berencana karena Tuhan yang menentukan.

Pada pembahasan ini akan saya beritahu beberapa hal yang bisa anda lakukan agar band/solo anda bisa terus-terusanan dipanggil di acara TV. namun cara yang saya begikan ini bukanlah cara yang mutlak, artinya ketia anda masih gagal juga jangan anda salahkan saya. karena terkadang untuk jadi artis terkenal ada faktor hoki. 

Namun hal yang saya jelaskan dibawah ini anggap saja sebagai referensi. siapa tau bisa berhasil. karena ini saya sadur dari salahseorang promotor musik terkenal di Jakarta dan punya banyak relasi bisnis musik. walau udah jarang bertemu namun ata-kata beliau masih sayang ingat betul. okeh.. dibawah ini saya bagikan cara agar  band/solo anda masuk TV. alias band atau vokal solo anda terkenal


Beberapa point yang harus kita lakukan adalah

1. Buatlah sebuah ciri khas yang bisa mengenalkan anda ke masyarakat, diluar identitas anda sebagai musisi/solo.

2. Buatlah kegiatan sosial atau sering-seringlah ikut serta dalam kegiatan sosial, bila ada kesempatan, bernyanyilah disana.

3. Diantara beberapa karya lagu cinta yang anda miliki, Ciptakanlah juga karya musik yang bertemakan kehidupan.

4. Perbanyak relasi atau teman anda diluar musik, artinya adalah jika anda ingin sukses berjualan sayur, jangan hanya berteman dengan penjual sayur. jika anda ingin musik anda lebih dikenal, bertemanlah juga dengan orang-orang yang berkecimpung diluar musik.

5. Buatlah komposisi musik yang sederhana namun modern (esy listening) karena arransemen musik sangat mempengaruhi enak atau tidaknya lagu bila didengarkan.

6. Pilihlah studio rekaman yang baik. Jangan asal murah, karena kualitas audio sangat berpengaruh terhadap promosi lagu band/solo anda. ketika CD lagu anda sudah keluar, bagikan ke temann-teman anda yang diluar musik juga.

7. Tawarkan lagumu ke radio-radio, MD (music director) radio tersebut tentu akan menyeleksi lagu yang masuk, salahsatu hal yang sangat diperhitungkan oleh MD adalah mengenai kualitas audio pada karya lagu anda.

8. Sarankan teman-teman anda untuk selalu merequest lagu anda di radio, karena target yang seharusnya kita capai adalah seberapa besar jumlah peminat lagu anda diradio. karena apa? karena Pihak TV selalu mengikuti perkembangan musik diradio, itulah sebabnya mengapa penyanyi lama atau penyanyi baru atau group, itu sebelum nongol di TV mereka sudah terlebih dahulu booming diradio. loh kok bisa? Radio kan kurang banyak peminatnya.

Tanggapan tersebut salah besar. Dikota besar yang penuh dengan kemacetan, hampir disetipa mobil menyetel radio. dikota kecil yang penuh dengan aktifitas usah kecil maupun menengah, dirumah, di ladang, semua masih sering mendengarkan radio. Intinya adalah Radio itu adalah urat nadi indistri musik. bahkan diseluruh dunia, radio itu masih didengarkan oleh orang-orang. Maka dari itu rajinlah mendengarkan radio. Karena acaranya bukan hanya musik, ada pengetahua, dan informasi berita terpercaya, sama seperti televisi.

9. Bersabarlah dalam segala hal, jangan terbawa nafsu bila ingin mewujudkan impian. karena pada dasarnya semua musisi hebat itu ialah sama, yang membedakan adalah panggungnya. panggung kecil atau besar.

10. Rajin-rajin lah berdoa, beramal, sabar dan bersikaplah yang baik..orang-orang seperti ini yang disukai oleh Tuhan, sehingga DIA sangat cepat melimpahkan berkat dan mengabulkan cita-cita mereka.

Demikianlah beberapa hal yang bisa saya sampaikan kepada rekan-rekan musisi setanah air untuk sebagai acuan agar lebih semangat dan gigih dalam mencapai keinginan aga band cepat terkenal. sekali lagi  saya beritahukan bahwa  tulisan ini hanya sebagai referensi saja. Bagi kalian yang juga ingin mengetahui bagaimana cara agar group band bisa menang festival, silahkan cari referensinya di google.

Jika anda belum berhasil nantinya, jangan patah semangat, tetap berusaha agar band cepat masuk label besar. Namun jika anda berhasil, jangan pernah sombong. perbanyak relasi ke event organizer dan sering-seringlah menyanyikn lagu anda dimanapun bila memungkinkan, jangan pernah malu, tetaplah rendah hati. Sekian dan terimakasih.

Hanya orang biasa yang gemar mengexplore kemampuan. Masih ingin selalu belajar dan belajar.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.