Wednesday, June 8, 2016

Mengetahui Penyebab Ampli Gitar atau Bass Rusak Dan Memperbaiki

Bagi para gitaris, bassis ataupun keyboardis, ampli sangatlah penting untuk menunjang performance. walaupun dalam beberapa situasi pertunjukan musik sudah menggunakan sound system dengan mixer yang luar biasa bagusnya, namun menggunakan ampli juga sangat diharuskan untuk lebih mematangkan pertunjukan musik, kebanyakan ampli digunakan sebagai monitor si pemain musik tersebut agar bisa mengontrol audio yang akan disemburkan melalui sound system. selain itu, ampli juga penting untuk dipakai latihan didalam studio atau di rumah sendiri.

Mengetahui Penyebab Ampli Gitar atau Bass Rusak Dan Memperbaiki

Sebagai pengguna piranti audio elektronik seperti ampli, tentunya musisi tidak pernah lepas dari keadaan dimana ampli tiba2 rusak, baik itu saat dipakai latihan ataupun saat manggung. ini tentu bisa bikin panik dan kewalahan.apalagi kebanyakan musisi tidak begitu mengerti tentang cara kerja ampli, mendiagnosa kerusakan dan memperbaiki, sangat jarang ada musisi yang bisa faham tentang elektronik, ya kebanyakan hanya bisa menggunakannya saja.

(Baca Juga : How To Add Bass Boost Into Audio Schematic)

Yang Harus diketahui dalam perbaikan Ampli


Itu memang wajar,tidak jadi masalah.kalau musisinya banyak duit, kan tinggal beli baru, kalo ampli rusak. nah gimana kalau ternyata si musisi nya punya keuangan pas-pas an, wah bisa kasihan donk.pada saat dibutuhkan malah ampli rusak. tapi tenang aja, selalu ada jalan ketika kita mengahadapi kesulitan.

Pada tutorial kali ini, saya akan memberikan beberapa hal penting yang mudah-mudahan bisa membantu dalam mengatasi masalah dalam ampli yang anda miliki. sebelum memulai membaca ulasan tentang perbaikan ampli, tentunya teman-teman harus pelajari terlebuh dahulu jenis-jenis komponen dalam elektronika, fungsi dan sifatnya.


Ini merupakan keharusan karena kalau tidak, teman-teman akan kewalahan dalam memahami penjelasan yang akan saya berikan. dibawah ini akan saya jabarkan beberapa kasus kerusakan yang sering terjadi pada ampli gitar, Keyboard, Bass lengkap dengan diagnosa dan bagaimana cara memperbaikinya.

1) Mati total 


Kalau sudah kena masalah seperti ini, tentu si musisi pasti uring-uringan.. apalagi ampli kesayangannya adalah ampli yang tergolong mahal. keadaan mati total disebabkan beberapa hal, yaitu kabel AC yang bermasalah, skring yang terputus, trafo yang sudah soak, power supply ampli yang drop, speaker yang rusak, sambungan ke speaker terputus.

2) Suara Loyo 


Pada kasus yang pernah saya tangani, suara loyo disebabkan oleh beberapa hal, yaitu potesiometer pada bagian volume control sudah tidak stabil dalam menahan atau membebaskan tahanan arus listrik, resistor pada bagian input transistor penguat (power) ampli ada yang rusak. transistor penguat rusak, IC bagian supply tegangan ke penguat transistor lemah, power supply lemah.

3) Kadang mati kadang hidup 


Periksa semua isntalasi kabel dalam ampli termasuk sambungan speaker barangkali ada yang goyang atau lepas, periksa masing2 kaki komponen barangkali solderannya ada yang goyang, periksa IC op amp dalam rangkaian control( tempat volume, bass, treble, reverb,echo,delay, gain, mid ) barang kali sudah lemah ic nya.

4) Volume kresek - kresek 


Ganti potensio, harganya murah kok. jangan pake kontak cleaner karena hasilnya tidak akan 100% berhasil . kalau ingin hasilnya maksimal gunakaknlah potesio yang baru.

5) Salah satu tone tidak berfungsi 


Periksa transistor atau ic yang ada pada rangkaian control ampli atau kalau bahasa elektronikanya adalah Tone Control.

6) Ampli dengung/noise 


Periksa system ground pada ampli anda. system ini dilakukan dengan menyambungkan kutub negatif ke chasis/ bagian body ampli yang mengandung unsur logam, disambungkan menggunakan kabel. selanjutnya periksa elco yang ada pada rangkaian power suplly, kalau bagian atas elco menggelembung berarti itu elco harus segera digantim karena dia telah menunjukkan tanda2 akhir hayat. setelah itu, periksa transistor atau ic yang ada pada power suplly. kalau lemah segera ganti saja dengan yang baru

7) Bagian pre out ke sound system tidak berfungsi 


Coba periksa bagian out pada rangkaian tone control nya, pada bagian out biasanya yang harus diperiksa sama seperti kasus diatas, yaitu ic atau transistor, selanjutnya periksa instalasi pengkabelan dari out tone control ke soket jack (betina jack) pre out.Demikianlah beberapa cara untuk mengahadpi permasalahan ampli teman-teman sekalian, itu semua merupakan pengalaman saya ketika memperbaiki ampli.

(Baca Juga : Lampu Huruf Berjalan Atau Led Matrix)  

Namun perlu diingat bahwa dalam dunia elektronika tentu masih sering ditemui kasus - kasus yang unik. artinya adalah penyebab rusaknya suatu ampli tidak selamanya harus berfokus pada apa yang saya jabarkan diatas, semua tergantung kesabaran dan ketelitian anda. serta kebijaksanaan anda dalam menyerap pengetahuan tentang perbaikan ampli darimanapun. seperti kata pepatah, pengalaman kita sendirilah yang menjadi guru bagi kita

Hanya orang biasa yang gemar mengexplore kemampuan. Masih ingin selalu belajar dan belajar.

Artikel Terkait

16 komentar

Bro mau tanya, ampli ku kalo buat mode clean kok distorsi nya jadi kuat bgt ya?
Sbelumnya gk begitu. Itu apanya ya bro?

Ada masalah pada bagian drive nya bro. Atau mungkin switch sudah aus.

Ow iya om, kaya sember gitu suaranya, kalo buat genjreng tenaga penuh gk kuat. Tapi tweet nya gk rusak ya om?

Ya. Mungkin saja speaker tweet atau low nya juga udah brmasalah. Cara periksanya adalah, coba tekan bagian tengah speaker, jika terasa menyentuh dinding besi berarti spull speaker udah gak tepat pisisinya ditengah, artinya ada pergerseran sedikit disebabkan suatu hal.

Speaker yg baik ialah speaker yang jika ditekan bagian tengahnya terasa bebas naik turun,

Iya mungkin bro, kalo buat volume keras kaya pecah/gk kuat.
Soalnya mau aku service ndiri om. Soalnya daerahku pada gk bisa service ampli gitar

Bro, kalo amply keyboard kita pale untuk bass akustik itu aman ndak ya? Trims

Secara fungsional sih aman-aman aja bro.

mau tanya dong kenapa ampli gitar saya suka bergemuruh padahal awalnya engga terus kadang ada kadang engga suara gemuruhnya itu kenapa ya?

Pnyebabnya bisa jadi ada yg kendur komponen maupun kabel didalemnya.

Ampli ku hilang suara distorsinya bang..

Kaki Switch/ saklar mungkin ada yang kendur atau putus didalam.

om, klo ampli gitar dipakai untuk bass, amankah?

Klo untuk dipakai volume kecil sih aman2 aja bro. Asal jgn digeber volume gede, speaker ampli gitar tidak rekomended untuk nada rendah/bass yang terlalu kuat. Takutnya speaker jebol.

Bro chans manalu, Ampli ane merk cora pas di pake manggung ga ada suaranya tapi power on off nya masih nyala, biasanya masalah dimana ya? Thanks bro

Bisa jdi kabel speaker putus bro. Atau bisa jdi bgian komponen power amp nya mati akibat tegangan terputus kebagian tsb

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.