Wednesday, June 8, 2016

Mengobati Suara Serak Akibat Teriak Dalam Waktu Yang Lama

Suara adalah salah satu aset  yang paling berharga khususnya bagi para vokalis, penyiar radio, master of ceremony (MC), pembaca berita, host, reporter, moderator, pendakwah, pengkhotbah dll. bila suara terdengar serak atau berbeda dari yang sebelumnya maka akan sangat mengganggu kinerja. ada beberapa cara yang dilakukan oleh orang agar suara yang serak atau kurang maksimal bisa normal kembali. dibawah ini akan kita berikan salah satu tips agar suara bisa normal kembali.


Mengobati Suara Serak Akibat Teriak Dalam Waktu Yang Lama

Yang harus disediakan adalah pucuk daun pohon sentul/kecapi. kalau di sumatra utara disebut sotul, tiap daerah memberi nama yang berbeda untuk pohon ini. buahnya bila dipandang sejenak mirip buah kemiri, namun dalamnya tentu berbeda. Banyak yang bilang rebusan pucuk daun tersebut adalah salah satu ramuan untuk mengatasi atau menghilangkan suara serak dan radang tenggorokan

Pucuk daun kecapi/sentul tersebut direbus menggunakan air bersih. rebus hingga mendidih, hingga airnya tinggal sedikit (kurang setengah dari porsi semula sebelum merebus). diminum 2 kali sehari (siang dan malam) sesudah makan. takaran minum masing-masing setengah gelas ukuran normal. besoknya pucuk daun kecapi yang baru, direbus lagi. lalu lakukan proses  perebusan seperti yang dijelaskan tadi. dan diminum 2 kali sehari sesuai takaran yang sudah dijelaskan diatas. lakukan selama selama seminggu.

Jangan pernah menyerah minum ramuan ini, memang pahitnya gak ketulungan. tapi usahakanlah tidak pernah absen meminumnya minimal sekali sehari selama paling lama satu minggu. agar proses penyembuhan bisa berjalan dengan baik. pengalaman saya waktu minum obat ini memang sangat penuh dengan perjuangan, karena jujur saya hampir nyerah karena pahitnya dan aromanya memang agak terasa aneh dilidah.


Agak mendingan suaranya setelah beberapa hari


Setelah berjuang selama kurang lebih seminggu, efeknya terasa walaupun gak total, namun ada kemajuan dipita suara saya, yang tadinya hampir susah falset, ehh jadi enak bikin suara falsetnya. pita suara yang normal adalah yang suara falsetnya bisa terdengar. coba perhtikan bila seseorang suaranya serak karena habis nyanyi semalam suntuk. maka dia akan susah melakukan hadvoice atau istilah masyarakat "falseto".

Begitulah pengalaman saya seputar penggunaan daun sentul atau daun kecapi. saya gak rekomendasi anda untuk mencoba, tapi bila anda memang berniat mau mencoba silahkan. bila seandainya ada efek samping bagi anda, resiko ditanggung sendiri. tapi sejauh ini, badan saya masih dalam keadaan baik-baik saja setelah minum ramuan daun kecapi.

Semoga tips diatas bisa membantu saudara-saudara sekalian. tips ini sudah pernah saya praktekkan sendiri, dan hasilnya lumayan. cuman yang bikin saya gak tahan adalah pahit yang luar biasa saat minum ramuan ini. saya sarankan saat minum obat ini usahakan ditahan beberapa detik dikerongkongan, namun sebisa mungkin jangan sampai batuk, agar ramuannya mengena sedikit ke pita suara. Cukup sekali atau dua kali saja sewaktu meminum ramuannya.

Yang perlu diingat adalah, selama minum obat alami ini, istirahatkanlah suara anda sebisa mungkin. jangan memaksakan bersuara keras atau tinggi selama proses penyembuhan anda. Rajin lah berlahraga. olahraga lari sangat membantu proses penyembuhan pita suara anda. jangan lupa istirahat yang cukup dan makan yang bergizi. sekian dan terimakasih.

Hanya orang biasa yang gemar mengexplore kemampuan. Masih ingin selalu belajar dan belajar.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.