Wednesday, June 8, 2016

Motor Tidak Bisa Distarter Jangan Buru-Buru Ganti Aki

Punya motor memang suatu keharusan bagi kita pada masa sekarang ini. tentunya karena motor sangat penting untuk urusan operasional bidang apapun yang sedang kita lakukan. beragam merk motor yang beredar dipasaran saat ini membuat kita pengen merk yang ini atau pengen merk yang itu. 

Mio soul

Sudah pasti masing2 merk mempunyai kelebihan atau kekurangan yang khusus di benak pengguna. contohnya seperti saya, yang lebih memilih motor matic ketimbang motor bebek. karena apa? ya karena saya kan pemusik (maen gitar) kalau lagi mau berangkat show, bawaan nya gak cukup hanya gitar , tapi audio efek nya juga harus dibawa. sudah tentu saya harus menyediakan tas, nah tas tersebut bisa saya letakkan di body bagian depat mio saya (tempat kaki bertumpu) karena ruangnya agak luas.

Namun hal yang paling bikin kesal adalah ketika motor tidak bisa di starter. memang sih bisa pake kick starter, tapi kan capek. apalagi motor yang saya gunakan kalau mau starter harus turun terlebih dahulu. karena kita gak bisa melakukan starter dengan posisi sedang diatas motor. kalau motor type lain kan bisa apalagi kalau yang make motor itu adalah kaum wanita,  sudah pasti bad mood total kalau motor tiba-tiba gak bisa distarter.

Bicara tentang aki, yang perlu kita harus fahami adalah, banyak aki yang dengan kualitas abal-abal beredar dipasaran dan ketika ditanya tentang kualitas, sipenjual bakal bilang kalau aki itu kualitas super (mana ada penjual yang merendahkan barang dagangannya) itu sih kita maklum lah, namanya pedagang, soalnya saya juga pedangang hhe. tapi dagangan saya bukan di bidang motor atau mobil. by the way, aki itu harus anda rawat juga agar tidak cepet soak. cara merawatnya gampang aja. cukup panasin motor anda sebelum berangkat kemanapun, lakukan saat pertama kali motor ingin anda gunakan dalam hari-hari anda. memanaskan mesin motor kurang lebih 10 menit saja.


(Baca juga : Berbagi Pengalaman Motor Injeksi Mogok)

Belum tentu Aki yang bermasalah


Teman-teman tentu sering melakukan hal diatas, namun masih banyak yang mengalami motor tidak bisa distarter, jelas sekali kalau benda yang kita curigai adala si "aki" sudah soak. loh kok cepat soak, padahal saya rajin manasin mesin motor tiap pagi, atau tiap saya mau berangkat kemanapun. terus ada lagi yang paling menyedihkan, yaitu motor tidak bisa ditarter

Padahal aki baru aja diganti dengan yang baru, gak nyampe 2 minggu, motor udah gak bisaa distarter. walahhh kesellll abisss lah bro, selalu kecurigaan kita sama si "aki" dan emosi kita membara ke si tukang jual "aki". stop dulu dugaan dan emosinya, berpikir positif aja dulu. sini coba saya luruskan, bahwa ternyata motor gak bisa di starter itu gak selamanya gara2 aki, dioda kiprok, atau ada yang kosrlet. gak selamanya gara2 masalah yang 3 itu loh teman-teman.

 
Berdasarkan pengalaman saya, ganti dioda kiprok tidak membuat motor saya pada saat itu lancar distarter, trus instalasi udah diperiksa gak ada yang korslet.cara periksa istalasi yang korslet gampang aja bro, ambil multi tester lalu lengketkan ujung multitester yang kutub negatip ke kutub negatip kabel dari motor, begitu juga dengan kutub yang positipnya. kalau jarum multitester bergerak jauh sekali ke kanan, maka curigailah bahwa instalasi motor ada yang terhubung singkat, kalau jarum multitester bergerak sedikit, atau bahkan tidak bergerak, berati memang tidak ada yang korslet atau terhubung singkat.


Saklar kelistrikan starter mio ada pada pegangan rem


Ternyata, penyebab motor saya tidak bisa distarter dengan aki yang baru diganti 1 minggu adalah karena masalah sepele dan sederhana sekali. yaitu disebabkan karena lampu rem tidak menyala. loh? kok bisa ya, saya aja bingung kenapa begitu. Ternyata setelah saya selidiki dengan cara sendiri, akhirnya saya menemukan jawabannya. dan jawaban ini tidak saya peroleh dari tukang bengkel yang selalu melulu "bilang ganti aki aja mas".

(Baca Juga : Mengapa Mio Nyentak Atau Bergetar Saat Tarikan Awal)

Bayangin coba,saya itu udah ganti aki motor 3 kali dengan jarak waktu yang amat sangat berdekatan. setiap saya tanya "pak itu kenapa motor saya buru-buru ganti aki" jawab si bapak bngkel "akinya kualitas gak bagus mas, ganti aki ajaaaa". padahal aki saya itu merk nya lumayan terkenal dan mahal. lah wong temen saya aja yang pake aki merk abal2 aja masih kuat di starter udah hampir dua tahun.



 Motor tidak bisa distarter jangan buru-buru ganti aki

Oke saya balik lagi ke kisah yang "disebabkan lampu rem tidak menyala". iya gan memang itulah jawabanya, saya akan jelaskan. Begini, ternyata pada motor mio (mio saya bukan injeksi) saklar yang ada pada kedua rem (kana,kiri) itu fungsinya bukan cuma sekedar buat nge-rem dan menyilaukan kan lampu belakang pada saat kita nge-rem untuk memberikan  isyarat bahwa kita sedang memperlambat laju. ternyata ada 1 lagi fungsi nya gan, yaitu sebagai saklar penghubung aki ke starter, agar mesin bisa menyala.


Saat motor gak bisa starter, lampu tidak hidup tapi klakson hidup


Jadi begini, kalau waktu saya tekan rem kiri, lampu rem gak nyala dan seperti yang saya katakan tadi starter gak hidup. Saya iseng nekan rem kanan, lampu rem nyala. ehh tiba-tiba saya tak sengaja nekan starter..ehhh malah hidup mesinya. Saya kaget. lah trus saya mikan lagi mesinnya. waktu saya tekan rem sebelah kanan, lampu rem gak hidup, karena memang gini gan, saklar di rem saya itu udah agak soak kedua2nya, jadi kudu ditekan kuat baru bisa nyala lampu remnya. nah..pada saat posisi lampu rem gak hidup, starter pasti tidak mau nyala gan.

Tapi kalau saat ditekan, lampu rem nya nyala, maka secara bersamaan ditekan starter, mesin motor hidup. Jadi begitulah pengalaman saya. artinya adalah bahwa tidak selamanya motor tidak bisa starter itu gara-gara aki soak, belum tentu gan. jangan buru buru ganti aki. sayang loh duitnya, kan lumayan buat nutupin biaya yang lain. apalagi kalau masih sedang duduk dibangku kuliah, terasa banget pengeluaran pengeluaran biayanya.

(Baca Juga : Penyebab Mio Mengeluarkan Suara Nyiit Atau Kiik)

Sebelum beranggapan motor agan selalu rajin ganti aki, doyan minta ganti aki ada baiknya memeriksa hal yang telah dituliskan diatas. karena belum tentu aki motor yang cepat soak. soalnya ada beberapa faktor penyebab kelistrikan motor tidak bekerja, salah satunya seperti pengalaman saya.

Oke deh sekian share penglaman saya buat teman/agan/masbro/sista/bpk/ibu/adik sekalian. akhir kata saya ucapkan terimakasih sudah berkunjung ke blog ini. mohon maaf bila ada penulisan kata-kata yang kurang tepat karena saya adalah manusia biasa. semoga bisa memberi manfaat untuk teman -teman semua. Salam.  

Hanya orang biasa yang gemar mengexplore kemampuan. Masih ingin selalu belajar dan belajar.

Artikel Terkait

95 komentar

Motor mio saya tiba2 saja tidak bisa di starter. Lampu & klakson pun tidak nyala ketika kunci di on kan. Itu knp batre soak kah ?

Itu sistem kelistrikan motor nya gan. Coba diperiksa

punya saya juga lampu rem, klakson, semua kelistrikan tidak mau hidup mas, sebelumnya hidup normal tapi kalo mau di stater menekan remnya harus pelan pelan sambil liat lampu speedometer, kalo lampu speedometer nyala, motor juga bisa di stater, ini sekarang gabisa nyala sama sekali

Pada kunci kontak juga terdapat saklar pemutus dan penyambung. Bisa jadi logam penyambungan didalemnya udah kotor sehingga saat kunci kontak posisi on. Kelistrikan tetap padam.

Kalo lampu semua nyala (sen, rem, depan) dan klakson bisa tapi starter elektriknya ga bisa itu kenapa ya? kalo pake starter elektrik kaya mandet 'tek, tek, tek', Jadinya harus di sela.

Motor saya shogun 125sp fl. Akinya saya cek bagus 13.2v. Klo aki ngedrop kan 14.0v. Aki saya kan berarti masih bagus baru 6bln. Klo mesin panas mau starter. Klo mesin dingin g mau starter cuma bunyi krek-krek sampai akinya kosong.

Coba lngsung ke servicenya aja bro. Karena untuk kasus tersebut harus dipraktekin lngsung agar ketemu solusinya. Penyebabnya bisa bebrapa hal seperti sistem pengkabelan yg terganggu dan adanya korslet yg diakibatkan beberapa komponen listriknya.

motor saya Xeon (bukan injeksi). stater tidak bisa nyala, awalnya saya kira masalah Kul Starter, setelah dicek ternyata bukan Kul stater yg rusak, malah yg rusak Quick Starter, sudah saya ganti tetap gak mau nyala, Lampu Hidup, Klakson Hidup. Trus Masalahnya dimana?

Coba cek Relay starter/ Bendik. Caranya tekan tombol starter lalu dengarkan apakah ada bunyi "klek" jika tidak ada maka Bendik rusak. Komponen ini fungsinya sbgai pengubung dsn pemutus otomatis tegangan dari Aki menuju Kul/dinamo starter.

motor on. lampu nyala, di kikstarter nyala. tp pake listrik strater kagak mau nyala ada suara creet creet listrik. itu knp kagak bisa di strater listrik?

Baca penjelasan ane diatas bro.. Jawaban untuk masalah starter motor masbro

Pernah ngalamin hal yang sama, ganti aki ampe 4X sebulan. Setelah dicek, kiproknya yang bermasalah. Dan yang ngasih jawaban adalah tukang aki dan bukang tukang bengkel, ke bengkel mah paling diminta ganti lagi. -__-

Betul bnget bro. Jika kiprok (Dioda penyearah rusak, maka sistem pengisian aki akan terganggu saat motor beroperasi. dsinilah nyawa sebuah aki.

motor saya Dtracker 150, gabisa starter, posisi klakson bisa, sein kedip cepet. lampu belakang mati, rem belakang nyala. kalo perjalanan jauh baru bisa starter, apanya yaa? mohon pencerahaannya. trims

Ane jawab lebih rinci problem motornya mas

1. Motor gak bisa distarter periksa Aki dan kul starter

2.Sein kedip cepat bnget, periksa bagianRelay sein. Relay ini komponen yang berfungsi mnyambung/memutus arus listrik secara teratur dan otomatis

3. Lampu belakang mati namun ketika di rem nyala, ini sudah tentu bohlam harus diganti baru. Karena jalur kawat elemen untuk stand by lampu sudah putus. Didalam bohlam terdapat 2 jalur elemen. Yang 1 untuk stand by (nyala terus) dan yang 2 untuk rem ( hanya menyala jika tuas rem ditekan)

Namun bila bohlam belum ada yg putus maka cek posisinya dan pastikan bohlam apakah tepat pada dudukannya. Jika kurang tepat maka akan mnyebabkan lampu tidak maksimal kinerjanya.

4. Motor Setelah perjalanan jauh, baru bisa starter. Ini sudah pasti Aki nya lemah. Ketika kita mengoperasikan motor maka disaat itulah secara otomatis aki di cas oleh dinamo pngecasan yg terdapat didekat mesin motor. Oleh karena itu maka wajar saja jika setelah perjalanan jauh, dan berhenti lalu motor bisa di starter kmbali.

Tips : Untuk menjaga kesehatan Aki

1. Rajinlah memanasi motor terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan Khususnya motor ber karburator (Bukan Injeksi)

2. Pantau selalu keadaan Kiprok (Dioda penyearah pada motor. Jika komponen ini rusak, maka Aki akan cepat soak, karena Arus dari dinamo adalah AC, sementara Aki hanya butuh tegangan DC positif negatif untuk proses pengecasan saat motor dlm keadaan nyala.

3. Usahakan jangan langsung menyalakan kunci kontak ketika masih menggeser motor ke teras atau depan rumah saat hendak ingin memanaskan motor, karena secara tidak sadar kita akan menekan rem yg menyebabkan lampu belakang menyala atau lampu belakang dan depan menyala walau rem tidak ditekan (Motor injeksi), ini tentu akan mengagetkan aki karena ia harus mensupply tegangan ke lampu karena kita tekan rem. Apalagi kita sering berulang2 menekannya ketika memaju mundurkan motor untuk digeser.

Saat posisi motor sudah didepan atau teras rumah barulah anda nyalakan kontak lalu hidupkan mesin. Biarkan aki di cas awal terlebih dahulu.

4. Gunakan Part bohlam yang tidak terlalu besar membutuhkan daya listrik.

5. Usahakan tidak mengganti klakson motor atau menambah asesoris lain yg membutuhkan listrik untuk agar motor terlihat lebih keren. Karena para komponen ini mungkin membutuhkan daya listrik yg besar sehingga Memperpendek usia Aki.

Maaf numpang tanya mas,mtor saya mio lama,tapi knpa ya kalo ga pake aki mtor ga bisa nyala?

Maksudnya gak bisa nyala di dtarter atau di kickstarter mas??? mohon di perjelas pertanyaannya. namun walaupun begitu saya bisa sedikit memahami pertanyaan mas. bila tidak pakai aki harusnya kan bisa di kickstarter/ ongkel pakai kaki.nah bila ternyata tidak nyala juga ada beberapa kemungkinan yang menjadi permasalahannya.

1. Busi udah soak
2. kepala/head penghubung ke busi kurang melekat atau kendur.
3. Besin abiss.
4. Ada masalah pada karburator

Om klo motor nuvo gk kuat di stater ituh apaan nya om yah,,padahal bendik udh ganti baru om,,aki juga udah di cas om,,,kelistrikan nyala semua lampu,klakson stabil om cuma stater nya doang om gk mao ngangkat

Coba periksa pelat penghubung saklar starter mungkin kotor berdebu. Ini bisa mengakibatkan hubungan arus listrik kurang maksimal.

Trus periksa juga dioda bridge (kiprok). Ini bisa mengakibatkan aki cepat lemah jika kiprok bermasalah.

Aki motor itu hanya bertahan setengah jam. Aki bisa tahan bertahun2 karena memang ketika motor nyala, aki terisi otomatis. Namun proses isi otomatis ini terganggu bila kiprok bermasalah. Akhirnya dalam sekali perjalanan saja, motor sudah lemah akinya.karena selams perjalanan, proses cas aki terganggu.

Smoga jawaban ini bisa membantu

klo motor saya honda revo automatic at,kondisinya lampu jalan,klakson jalan,cuma lampu depan belakang mati,di starter&kickstarter ga bisa jalan.

Ga bisa starter : cek tegangan voltase Aki.

Lampu belakang dan depan mati : cek lampu tersebut, apakah ada elemen yg putus.

Motor tidak bisa kick starter : itu motor kalo revo sistem injeksi sudah tentu gak bisa KICK starter bila Aki lemah.

Bila revo nya sistem karburator tidak bisa kick starter, maka cek busi dan cek juga karburatornya. Thx.

Motor saya Gabisa distarter,tapi lampu smile nya nyala karna saya udah langsungin kekontak. Itu kirakira apanya ya?

Makasih

Baca penjelasannya pada balasan komentar yang sudah saya balas stu persatu bro. ada yg persis seperti masalah motor masbro.makasih

motor saya cbr 250 cbu.
lampu hidup, klakson lemah, electric starter bunyi cret2.. apakah aki saya soak pak?
atau ada solusi yg lain?

periksa bendik starter dan kiprok dulu bro, klo bagus, coba ukur voltase aki pake multi tester, klo kurang dari yang tertera pada aki, brarti soak akinya

Bro motor saya vario karbu ..ganti aki baru 1 minggu tapi udah nggak bisa distarter
Apakah penyebabnya

Saran saya sama seperti jawaban komentar2 sebelumnya mbak, Bendik(relay starter)dan kiprok harus di cek, AKI baru cepat soak dikarenakan terganggunya proses pengecasan yg dilakukan oleh spull pengisian menuju Aki yang ada pd motor. fungsi ini dilakukan olek dioda kiprok karena antara spull pengisian dan aki terdapat kiprok.

Kemudia Kul starter juga harus diperiksa, kul ini adalah dinamo. Jika dinamo rusak maka proses awal tergeraknya mesin tidak akan terjadi. sama seperti saat kita menyalakan genset, kita perlu menarik tali start genset dengan tangan lalu genset menyala, nah, tangan kita di ibaratkan dinamo starter tsb.

Jujur saya ga begitu paham sama yg ditulis masnya, karna memang saya ga ngerti part part motor dan namanya. Tapi saya mau nanya mas, motor saya yamaha fino sporty kalo distarter harus saya gas dulu baru bisa nyala, itu kenapa ya.

Kak,motor saya belum lama ganti aki, tp udh ga bisa di stater, lampunya atasnya tuh kadang nyala kadang idup. Tapi klakson ga nyala.ity kenapa ya? Apa karena ga pernah dipanasin juga?

Halo bang.
Mau nanya ne, motor saya mio gt injeksi..
Baru ganti baterai tapi stater nya ga bisa hidup, klakson sm lampu dpn belakang hidup.
Thanks ya

@anymous -> betul, motor memang harus di gas dan sambil starter baru mau nyala. Namun memang pada umumnya motor keluaran terbaru tanpa di gas tetap akan nyala jika starter ditekan. Biasanya masalah itu terjadi karena tali gas yang terlalu kendur. Minta dikencengin dikit sama tukang servicenya aja.

@Fatihatun puti sabrina -> itu akinya cepat drop mbak. dikarenakan proses pengisian ke aki kurang maksimal asewaktu motor dinyalakan. pada waktu motor maupun mobil nyala, saat itu juga proses cas bekerja oleh spull pengisian menuju aki. nah saran saya, coba periksakan "dioda kiprok" ke service motor trdekat. karena dioda ini yang menjembatani antara spull pengisian menuju Aki. jika proses cas aki dalam motor terganggu, maka aki akan cepat drop.

@Vera Sitorus -> Itu mungkin disebabkan oleh dinamo starter yang udah lemah ito. karena begini "mesin gak akan nyala jika dinamo starter lemah bahkan rusak, sebab dinamo inilah yg berfungsi sebagai pemicu gerak mesin hingga nyala. sekalipun Aki diganti baru, bila dinamo rusak maka motor tidak akan hidup, tetapi lampu dan klakson saja yg hidup.

halo bang,
motor aq beat karbu, aq mau tanya, kenapa motor aq gak bisa nyala kalau tanpa aki padahal dulu walau tnpa aki motor aq ttp bisa nyala knp skrng gk bisa dan aki cepet tekor pdhl bru bli skitr 3 mnggu?. mksih

Kiprok dan busi silahkan di cek dulu bro.

Motor saya Brat pop smua lampu sen klakson nyala di kick stater nyala tpi di stater tangan gak nyala kiprok kata tukang bengkel bagus kira kira apa yh bantuan nya dong pleasee yg tau..

Kul starter mohon diperiksa. Biasanya kasus seperti itu disebabkan kul atau dinamo starter tidak mampu memicu timbulnya putaran pd mesin.

Mohon info, apakah kalau aki soak akan berpengaruh bila untuk mio gt injection.
Motor saya tiba2 mati, dan lampu yg kuning sebentar hidup/ sebentar masti. Dan pas mesin mati posisi on lampu depan tetap nyala.
Mohon info nya om..

Waktu tekan staRter, ada bunyi startnya gak? Klo ada brarti dinamo bagus.

Nah coba cek Aki dan injeksinya bro. Injeksi yg kotor akan mnyebabkan motor tiba2 mati dan susah nyala.

Dmikian juga, bila aki lemah mka lmpu akan tidak normal.

Motor ane honda beat f1... Bisa distarter tapi harus pas lampu rem menyala...solusi apanya yg harus diganti

Lha.. kan harusnya emang bgitu bro. Honda beat f1 itu jenisnya Matic dan setahu saya setiap motor matic itu hanya bisa nyala jika starter ditekan bersamaan dengan tuas rem kiri atau kanan dan tentunya pada posisi on kunci kontak. Kalau yang ditekan hanya starter, sampai kapanpun motor gak akan bisa nyala.

Dan lampu rem tentu menyala jika tuas rem ditekan. Mnurut saya gak ada yg perlu diganti bro. Itu normal.

Min, motor saya all new soul gt.. baru berumur 4 bulanan.. sekarang klo di hidupkan pake kick starter ga bisa, tapi klo pake eletric starter bisa. Terus terkadang suka mati sendiri klo baru dihidupkan. Itu kenapa ya Min, thanks.

Itu bisa jadi disebabkan oleh injeksi yang udah kotor dan juga busi. Namun sebelum ganti busi, coba injeksinya diservice. Injeksi klo mampet bisa mngakibatkan motor mati mendadak pdhl bensin penuh.

Min motor sya skywave ,lampu sen hidup ,klakson hidup ,rating bisa.. Tp knp pas d stater elektrik g bs.. Padahal td pagi jam 5 mase bs d stater elektrik, jam 12 siang udh g bs.. Mohon solusi nya

Coba baca dibeberapa jawaban komentar diatas bro. Disana ane bnyak mberi solusi masalah yg sama dengan kasus motor masbro.

Loha Masbro minta wejangannya donk :D Motor ane Matic Xeon RC Karbu 2014 sehari sebelumnya ane pake kerja hujan2an normal & pagi ini ane kontak on nyala normal tapi begitu di stater & kikckstater (engkol) tidak mau tapi klakson & sein bagus semua tapi pas stater ditekan bunyi ctek ctek (halus nyaris tak terdengar,)kira2 itu aki or busi ya karena di engkol berkali2 juga tidak bisa

Ane pernah ngalamin sperti itu bro. Yang ane cek penutup businya, eh ternyata bener. Pada saat itu timbul kerak karat dan lngsung ane kikis supaya karat hilang. Wktu ane sambung kmbali dan tekan starter, motor lngsung nyala.

Jdi mnurut ane mungkin kasus motor masbro itu diakibatkan timbulnya karat pd lempengan yg ada pada pnutup busi

Saya mau tanya dong master.
motor saya jupiter 2008 ketika saya on kan kontak tp tidak bisa .
dan harus di bantu kick stater baru bisa.padahal accu baru .

Saya punya motor vario starter menyala tapi mesin tidak mau hidup terus lampu rem klakson lampu tangan semuanya berfungsi normal. Tapi kalau di starter mesinnya ngga mau nyala di engkol sekali aja langsung nyala. Itu kira apanya ya gan.

Baca semua komentar sebelumnya bro. Seingat saya Ada bnyk punya kasus yg mirip dgn mtor mas. Ane tkut klo di jwb malah jadi duplikat konten.

Sebaiknya scroll aja ke atas.. baca dengan seksama.

Motor ane mio karbu om. Motor kalo ga ada aki ga bisa nyalah. Di sela berulang ulang ga mau idul juga. Terus giliran udh di pasangan aki baru di chad semua hidup stater sela juga bisa. Tapi aki ane bukan nya ngisi tapi malah cepet abis nya. Terus lampu klakson hd mati semua. Terus galama berebet terus mati. Kira kira apanya ya om

Coba periksa dioda kiprok dan spull pengisian.

mas chan,mtor sya mio j 2014.knp skrng klu nyalain mtor gak pkek rem tangan dlu ya mas brsamaan nekan double starter trs bsa nyala..nrmalnya kan pkek rem tangan...tp ini gak mas.cmn nekan double starter bsa langsung nyala mtor sya..mnt infonya mas.biar mtor sya kmbali normal sediakala.trimkasih

Sepertinya saklar di salah satu rem ada yg nyambung terus. Buktikan dgn pas pertama kali ngidupin kunci kontak (jangan di starter dulu ya) perhatikan apakah lampu rem yg ada di belakang terlihat terang seolah-olah kita sedang menekan tuas rem. Padahal tidak menekan apa-apa. Ini membuktikan saklar pd tuas rem ada yg sudah rusak.

Selamat siang mas saya reza dari bandung mau nanya saya punya mio karbu kalau di cabut aki nya si motor ga mau hidup kelistrikan nya pun mati tapi kalau sipasang aki baru bisa nyala tuh motor kalau pengen hidup tanpa aki gimna cara nya bos

Harusnya sih tetap bisa nyala tnpa aki. Tapi kalau tidak nyala juga, itu berarti ada komponen yang bermasalah di motor masbro. Coba cek busi, karburator, CDI.

Makasih banyak gan tips nya
motor ku juga mio dan ga bisa starter
barusan aku coba tekan rem trus starter bisa

Assalamualaikum pak saya mau nanya, kan saya udah 2 kali ganti aki baru aja masalahnya sama karena gak bisa di stater, nah kemaren udah diganti aki yang bagus dan udah diganti kiproknya, kiproknya juga mahal sih harganya 125, lah malah sekarang kalo mau dihidupin aja lampu di spidometer gak nyala sama sekali, klakson juga gak bisa bunyi, tapi kalo ngesen masih bisa, itu kenapa ya?motor saya beat 2012, mohon penjelasannya, makasih wassalam

@Tutiko
Sama sama. Senang bisa membantu Tutiko.

@Kentica.
Itu pengkabelan mungkin udah bnyk yg kendur dan lepas. Sebaiknya dibawa saja ke bengkel. Soalnya klo dijelasin disini. Terlalu panjang mbak'e.

mio ane di stater ga nyala kenpa ya gan .

mio saya ketika di stater bunyi tek..tek..tek kenapa ya gan

Mao nanya nih, motor ane cbr 150 masalahnya gabisa distater tapi lampu sen klakson bisa. Nah pas di stater bunyi cit cit cit tapi ga nyala..

Ap yg harus diganti ??

@Chayoo Dwi. Coba periksa kul/ dinamo starter. Klo kul starternya lemah, maka tak akan mampu menyalakan mesin.

@Muji : itu sepertinya Aki udah lemah bro. Dulu mio soul ane persis seperti itu kasus nya. Ane ganti aki, ehh nyala.

Motor saya vario
Dibuat starter bisa, lampu bida nyala. Lampu belok kanan kiri bisa berkedip. Namun dibuat untuk klakson tidak bisa. Apakah dari akinya ataukah dari kalsonnya yang rusak ya. Soalnya dari temen saya ada yg bilang kalo itu dari aki. Nanti juga tidak bisa untuk starter dan lampu.
Mohon info pengalamanya pak

Yup bisa saja karena tegangan aki udah drop.

Mlm mas,motor saya mio J,pertama saya on kontaknya terus tekan tombol stater,tp motornya ttp dlm bunyi stater yg lama,terus sy matikan kontaknya tp tetap hidup dg posisi bunyi stater sblmnya,,smpai akirnya mati sendiri,n slanjutnya saya matikan kontak terus hidupkan kontak lg tp mati total,gak ada nyala apa apa,akinya pun jadi panas,kenapa ya mas,mksh sblmnya?

Klo mslh seperti itu, sbaiknya mas pergi ke yg profesional agar ditangani secara lngsung. Karena aki panas itu tidak boleh dianggap sepele apalagi klo ditangani sendiri dgn mencoba-coba itu tidak baik mas. Mending bawa ke bengkel aja biar langsung diperbaiki.

Siang mas, mau nanya nih, kenapa motor vario saya saat mesin dingin tetap gak bisa di starter,padahal aki sama kiprok baru saya ganti

Bos motor saya skywave kalau di pencet stater button gak motor gak bisa nyala padahal aki baru,kiprok baru bandit baru. Kalau bandit di sambung langsung pake moben bisa nyala tapi kalau di pencet tombol starnya gak ada respon

Pengkabelan dan komponen starter juga perlu di cek. Barangkali ada yg sudah aus, berdebu, kendur dll

Saya mw tanya mas..
Saya udah ganti aki tp tetep ajh ga bsa stater.
Dan saya cek aki lama listriknya masih bagus
Berarti kiprok aman ya mas soal nya aki nya msh ada listrik nya..
Dan terkadang bsa kadang ga bsa stater.. Trus saya priksa sikring ternyata ada yg ke bakar 1 apa sikring ngaruh dengan stater..
Dan sekarang lampu sen.. Ga berkedip normal dan terdengar suara saat di sen kretttt gtu..
Knpa ya mas mhon pencerahan nya..

pak kalo motor beat fi di stater gak ngangkat itu kenapa ya dan kalo di sela" sebanyak 6x kali nyala apakah itu harus ganti aki.

dan anehnya saya stater kilometernya malah naik turun itu kenapa ya

Motor xeon karbu ko ga bisa di stater..

Mulai dari ganti busi kiprok aki dan kabel body motor msh tdk bisa di stater ??
Bagaimana yah..

Pdhl servise sdh di yamaha resminya !!

Hadduhhh..

Yang sabar mas. coba ditanya lagi ke service resminya, mereka kan lebih faham.

Betul... Terimakasih mas... Barusan saya ngalamin.. motor ga bisa starter..iseng buka google.. ketemu ini.. pas tak otak Atik kabel pada rem tangan depan yang ada switch nya sambil starter ternyata bisa...
Terimakasih mas..
Ternyata switch lampu rem saya udah agak jelek.. jadi kadang bisa kadang ga..

kalau motor saya vega force kalau di in kan nggak bisa di stater dan ketika coba di stater lampu yang di spedo meter seperti isi bensin nyala lagi sama persis ketika motor baru di on kan, kira2 kenapa ya min mungkin ada solusinya dan terima kasih?

Kalau motor saya di stater, lampu rem mati, klakson nda bisa. Yang lain nya berfungsi, itu masalah apa ya

Mas , motor beat injeksi saya aki nya baru ganti , awalnya nyala
Tapi pas udh besok paginya mau dipake ganyala sama sekali , spido meter mati ,sen mati ,lampu mati , gabisa di starter
Solusinya mas

Mas motor saya Beat FI, perjalanan jauh tiba" mogok (bensin masih) distater elektrik & kick stater gak bisa tapi lampu depan, sein, lampu rem bisa nyala, itu kenapa ya mas?

Haw gaming > Aki nya coba di cas dulu mas. Caranya motor dinyalakan pake kick starter(disela) biarkan mesin nyala selama 15 menitan. Matikan kembali mesin. Lalu coba nyalakan pake tombol starter.

Sensation channel > injeksi nya itu kotor gan. Bersihin pake injection cleaner.

Maaf gan numpng nnya , motor saya knp ya stelah perjalan jauh kok d stater gak bisa , pdhal aki gk msalh, untuk motor mio soul gt gan mksh

Coba Bersihin Fuel Injectionnya. Klo kotor, motor di starter gak bakal idup. Kalo pun idup, paling gak nyampe 10 meter perjalanan motor mati lagi

Bang syaa mau nanya.. Knapa stAter saya gak kuat.. Truss pas saya cek aki sambil stater kluar percikan api di kabbel aki

Sorry bos saya mau nanya kalo untuk mio j ,lampu kanan kiri nyala klakson nyala tapi di starter ganyala kendalanya apa ya ,

Baca komen sebelumnya mas. Bnyk yg punya kasus yg sama. Udah ane jawab disana.

Bagi yg kluar prcikan api, barangksli baut dri kabel ke aki kurang kenceng bila kendur maka percikan bisa terjadi.

Mas mau tanya... Motor vartec 125 old...pas pagi mo dinyalain indikator pompa hidup.. Cuma indikator bensin ga nampak.. Cuma lampunya aj....itu knp ya... Pas sy kontak off on lagi.. Bisa..trus pas sudah jalan... lampu merah...setelah berenti... Trus pas gas di tarik sedikit mlah mati...motornya...

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.