Monday, June 20, 2016

Pengalaman Buruk Saat Mencairkan Uang ke Bank Menggunakan Cek

Hi gan kali ini ane mau berbagi pengalaman ketika ingin mencairkan uang gaji menggunakan Cek yang diberikan oleh perusahaan tempat saya bekerja. saya tidak menduga ternyata ada kesilafan saya yang berakibat sangat fatal sekali, sehingga akhirnya saya gak bisa menerima uang yang nilainya tertera pada cek yang saya tunjukkan.

Bentuk cek

Kisah nya seperti ini gan. waktu itu saya hendak mencairkan uang ke salah satu bank di kota tempat saya tinggal. saya langsung berangkat menuju bank. sesampainya di bank saya ngantri, lalu setelah itu saya dipanggil, dan saya menunjukkan kertas " cek " nya. pada waktu itu saya lupa menuliskan beberapa hal penting yang harus tertulis di  Cek  tersebut.

Penulisan yang tebal walau sedikitpun bikin cek gak bisa cair


Saya menuliskan beberapa informasi penting yang harus ada dalam cek tersebut, seperti : nama, no KTP, alamat, tanggal/bulan/tahun dan tanda tangan. nah mungkin sangking buru-burunya ternyata saya salah menulis "tahun", yang akhirnya sayapun berusaha memperbaiki penulisan angka tahun tersebut. akibat berusaha memperbaiki, penulisan angka tersebut terlihat tebal, lalu saya serahkan ke teller bank nya.

Tak berapa lama kemudian si teller bank bilang kesaya " lho knapa ini penulisan tanggal bercetak tebal seperti ini mas?". lalu saya jawab, "maklum mas, saya silaf tadi, karena buru2." lalu si teller nya bilang " aduh maaf mas, kalo begini penulisannya, kita gak bisa mencairkan uangnya" saya langsung keringat dingin saat itu. dalam hati saya bergumam" duh knapa gak dari tadi sih ini teller bilang hati-hati dalam penulisan, jangan ada yang cetak tebal".

Akhirnya saya berusaha membujuk si teller sampai sebisa mungkin, namun hasilnya gagal. saya teteap tidak bisa menerima uang yang jumlahnya tertera di " cek " yang saya tunjukkan. kecewa banget pada saat itu. apalagi tempat kerjaan saya itu diluar kota, dan saya butuh duit harus pada hari itu juga. siteller menyuruh saya untuk melapor kembali ke sipemberi cek( perusahaan tempat saya bekerja) supaya dilakukan penggantian kertas Cek tersebut

Tidak ada solusi lain kecuali cetak ulang cek dari sipemberi cek


Memang ini semua kesalahan saya, tapi masa sih hanya karena kesalahan sedikit huruf yang terlihat agak tebal, akhirnya duit gak bisa saya terima. sebenarnya saya tahu, pihak bank menerapkan peraturan seperti itu pasti salah satunya ingin mencekal penipuan yang marak terjadi, namun sudah seharusnya pihak bank berpikir bahwa tidak semua orang penipu. harusnya diberikan kemudahan kepada masyarakat, buan malah mempersulit, dan harusnya di bank itu tertulis "hati-hati dalam penulisan data dalam cek". saya tidak menemukan tulisan seperti itu dibank tersebut. huhhh.


Pengen marah besar rasanya. harusnya informasi penting itu sudah diberitahukan terlebih dahulu atau ditulisakan. karena belum semua masyarakat tahu tentang hal apa yang harus dihindari dalam menuliskan data dalam ' cek ' yang kita miliki. artinya disini adalah pihak bank tersebut kurang sosialisasi. bahkan dalam cekt tersebut pun tidak dituliskan "hati-hati dalam penulisan data anda, jangan pake cetak tebal". harusnya kan ditulis donk, sebagai antisipasi supaya orang jangan salah dalam penulisan. karena manusia kan semua pasti akan melakukan kesilafan, apalagi kalau tidak di dikasih peringatan terlebih dahulu.


Telitilah selalu agar hal seperti ini tidak terjadi kepada anda



Pesan saya kepada teman2, berhati-hatilah dalam penulisan data-data anda kedalam cek yang akan anda tukarkan ke bank. tulislah yang benar, jangan sampai ada corat coret, cetak tebal dan apalagi sampaisalah menuliskan angka. itu bisa berakibat fatal, duit anda tidak akan dicarikan. saran saya sih sebelum tiba di bank, anda harus terlebih dahulu menuliskan data-data anda sewaktu masih dirumah, agar tidak kerepotan ketika sampai di teller bank nya. pelajarilah dengan teliti bagaimana cara menukarkan cek agar tidak tersandung seperti saya pada waktu itu.

Demikian lah pengalaman saya. semoga bisa memberikan manfaat buat teman-teman yang belum mengerti tentang hal-hal yang perlu dihindari dalam penukaran " cek " ke bank. jangan sampai anda terkena pengalaman buruk seperti yang saya alami. disaat-saat genting butuh duit, malah duit tidak bisa diterima. hancur rasanya gan. jangan sampai deh gak terulang ke kalian semua. oke sekianlah postingan saya postingan informasi dari saya. semoga bermanfaat.

Hanya orang biasa yang gemar mengexplore kemampuan. Masih ingin selalu belajar dan belajar.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.