Wednesday, June 8, 2016

Mengatasi Masalah Memori Internal Android Penuh

Punya ponsel android memang sudah menjadi keharusan pada masa ini. karena hp seperti ini sangat multi fungsi. banyak aplikasi yang berguna bisa diakses melalui HP yang OS nya menggunakan sistem android. namun terkadang ada beberapa masalah yang sering terjadi sehingga membuat pengguna panik dan uring-uringan. 

Salah satu masalah yang sering timbul adalah "Memori full" sehingga kita tidak bisa menambah aplikasi lagi. bahkan menerima pesan sms pun tidak bisa, karena ketika ada issyarat pesan masuk maka akan muncul peringatan" memori full" dan pesan tersebut secara otomatis akan ditolak dari sistem, sudah tentu kita tidak akan bisa mengetahui isi pesan sms yang masuk.

Kita harus tahu bahwa setiap aplikasi yang kita download itu pasti masuk ke memory internal hp, bukan memory eksternal. seberapapun besarnya kapasitas memory eksternal yang kita beli, itu tidak mempengaruhi si hp mengarahkan tujuan penyimpanan aplikasi. si hp tetap memasukkannya secara otomatis. ke memori bawaan hp (internal) dibawah ini akan saya jelaskan sedikit pengalaman mengatasi memori full pada android yang saya punya sekarang.

Menggunakan cara aplikasi


1. Cara pertama yang saya lakukan pada saat itu adalah membuka menu setting / setelan lalu membuka pengelolaan aplikasi, lalu mengkil satu persatu aplikasi dan memindahkan penyimpanannya ke kartu SD (memory eksternal) . pada gambar urutan ke dua dibawah ini merupakan contoh aplikasi instagram yang sudah saya pindahkan ke kartu SD sehingga tulisannya berubah ke" pindahkan ke ponsel karena sebelumnya tulisannya 'pindahkan ke kartu sd



Mengatasi Masalah Memori Internal Android Penuh

2. Setelah itu saya buka google playstore, lalu mendownload aplikasi Apps 2 SD. Setelah aplikasi terinstal di hp android, saya coba mendownload aplikasi Facebook. yang saya lihat ternyata Si Apps 2 SD ini mengarahkan setiap aplikasi yang saya download masuk menuju memory eksternal. lalu mencoba lagi mendownload aplikasi whatsapp dan setelah aplikasi terdownload akan ada pemberitahuan yang mengatakan bahwa aplikasi yang barusan didownload sudah masuk ke SD card atau memory eksternal.


                                     Mengatasi Masalah Memori Internal Android Penuh

(Baca Juga : Pengalaman Punya Andromax V2 Tidak Bisa Internet)

Namun setelah lama saya rasakan. ternyata penggunaan aplikasi "Apps 2 SD" belum 100% mengatasi masalah "memory full". karena sepertinya yang dipindah ke memory eksternal tidak 100% murni . seprtinya ada beberapa penyusun suatu aplikasi tertentu yang harus mengarah tetap ke memory internal. tapi walaupun begitu, menggunakan Apps 2 SD ini cukup membantu walau hanya 70% namun cukup membantu. itung2 nunggu ada duit buat beli android yang memorinya gede.

Saran saya sepada para pemburu hp android. sebelum memutuskan untuk membeli hp, yang paling utama harus anda perhatikan adalah jumlah kapasitas memory internalnya (memory bawaan yang ada didalam hp). ini sangat berguna sekali ketika anda menggunakan hp tersebut. karena bila anda membeli hp android, itu sudah pasti nantinya akan gemar download berbagai aplikasi, walaupun saat ini agan bilang tidak akan, tapi kita lihat saja nanti.


Perhatikan kapasitas memory sebelum beli hp


Dulu juga saya berpikiran seperti itu, ah ngapain aplikasi banyak-banyak, yang membuat saya akhirnya mengabaikan jumlah memory internal. yang terjadi saya langsung main beli aja abis itu ya begini jadinya. stiap downlad aplikasi katanya penuh. dan ga selamanya bisa ngandalin memory eksternal yang dibeli dari kounter handphone.


Karena bila aplikasi dimuat di memory eksternal akan mempengaruhi kecepatan pergerakan aplikasi saat kita ingin membuka aplikasi. bagaimanapun memory eksternal lah yang sangat diandalkan untuk tempat singgasana para aplikasi android.

Itulah salah satu tips untuk mengatasi permasalahan memori penuh pada android baik itu Samsung, Andromax, Xiaomi, Oppo, Lenovo, Asus, dan merk lainnya yang berbasis android. sudah kita ketahui bahwa penyebab memori full pada android adalah seperti yang saya utarakan diatas dan bisa jadi mungkin memori internal anda kena virus. silahkan anda gunakan beberapa antivirus khusus android yang banyak ditemukan di google play.

Hanya orang biasa yang gemar mengexplore kemampuan. Masih ingin selalu belajar dan belajar.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.