Wednesday, June 8, 2016

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Usaha Kuliner

Usaha kuliner menjamur dimana mana,  hal ini dikarenakan usaha seperti ini adalah salah satu usaha yang memiliki prospek yang baik untuk masa mendatang. usaha kuliner adalah seperti restoran,  warung pinggir jalan, bahkan warteg. apapun jenis makanannya tentu bisa dikonsumsi semua kalangan tanpa harus membeda-bedakan usia dan golongan.

Berdasarkan beberapa pengusaha kuliner yang sukses,  saya akan menuliskan hal - hal yang perlu diperhatikan agar usaha kuliner ramai dan semakin sering dikunjungi para konsumen.


Usaha kuliner


Beberapa hal yang harus diperhatikan



1. Lokasi yang strategis

Pengunjung kuliner akan sering makan ditempat anda jika lokasi usaha mudah dijangkau,  atau dekat ke tempat yang ramai,  dimana disana juga terdapat jenis usaha yang lain. Sehingga dengan datangnya orang ke daerah lokasi tersebut untuk membeli barang yang lain,  mereka juga akan melihat ada tempat makan yg dekat tanpa harus susah payak bergerak ke tempat lain. Lokasi yang selalu dilintasi oleh orang banyak juga memungkinkan datangnya pelanggan ke restoran / kuliner yg anda miliki.



2. Tata ruangan Tempat usaha

Anda harus pintar menata posisi meja,  kursi,  kasir,  tempat memasak dan tempat mencuci tangan agar tamu yang berkunjung nyaman dan betah menyantap  hidangan,  sehingga mereka akan datang berkunjung kembali menikmati sajian yang anda berikan. usahakan ada AC (air conditioner)  bila usaha kuliner anda sistemnya dalam ruangan. Namun bila usaha kuliner berada diluar ruangan,  penggunaan AC saya rasa tidak perlu. Akan tetapi penataan meja, kursi dan lainnya harus bisa membuat nyaman pengunjung. 

 
3. Karyawan yang sabar,  cekatan dan ramah 

Untuk usaha kuliner bertaraf besar tentunya diperlukan beberapa karyawan.  lalukanlah interview dan fahami karakter calon karyawan sebelum diterima bekerja,  ini berguna agar sistem pelayanan kepada pengunjung berjalan dengan baik dan memberikan kesan baik pula. diperlukan karyawan yang sabar melayani permintaan tamu yanf beraneka ragam,  dan harus tetap ramah walau kadang lelah. cekatan dan siap melayani tamu adalah keharusan bagi karyawan.



4. Menu Makanan yang nikmat

Pada dasarnya setiap orang tidak terlalu mempermasalahkan jenis menu. menu apa aja pasti disukai asalkan Lezat.  siapa yang tidak suka makanan lezat.  dan usahakan rapi dan bersih proses pengolahannya.  makanan tidak pernah bohong,  artinya bila pengolahannya asal2an dan terkesan tidak berpengalaman,  maka akan ketahuan saat tamu melihat makanan walaupun belum mencicipinya.

5. Harga Menu Makanan

Mahal dikit boleh , yang penting mahalnya gak kebangetan. intinya bila setiap menu yang disediakan terbukti kelezatannya orang2 akan tetap berkunjung menikmati sajian makanan yg disuguhkan. apalagi kalau harga tiap menu terjangkau oleh kalangan menengah kebawah,  alias murah,  maka dijamin Usaha kuliner akan selalu ramai pengunjung.

6. Area Parkir

Ini merupakan hal yang hampir dilupakan oleh beberapa pengusaha kuliner.  kita harus menyadari bahwa pengunjung yang akan datang ke tempat kita bisa dari semua kalangan. dan pastinya banyak diantara mereka mengendarai mobil dan motor.  area parkir harus tersedia dan luasnya harus disesuaikan dengan perhitungan maksimum kemungkinan pengunjung yang datang. contohnya bila di restoran anda terdapat 15 meja.  maka arena parkir harus bisa memuat maksimal 7 mobil.  anggaplah sisa yang 8 meja adalah para pengunjung yg datang dengan menggunakan motor.

Bukan bermaksud membedakan, tapi ini adalah perhitungan area parkir yg sebenarnya harus kita perhitungkan.  karena kebanyakan orang enggan makan disuatu restoran atau kuliner lain karena satu hal yaitu tempat parkir. apalagi jika mereka membawa mobil,  akan lewat jika mreka bingung mau parkirin mobil dimana. gak mungkin parkirnya agak jauh di area parkir lain. karena mreka ingin makan tanpa khawatir keadaan kendaraan mereka.

Hal diatas adalah yang sangat harus dilakukan dalam membangun suatu usaha dibidang kuliner,  untuk memperkaya pengetahuan anda, sering - seringlah menerima masukan dari para pengusaha kuliner yang sudah memiliki segudang pengalaman. demikianlah artikel ini saya posting. semoga bisa membantu. 

Hanya orang biasa yang gemar mengexplore kemampuan. Masih ingin selalu belajar dan belajar.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.