Monday, June 13, 2016

Agar Androidmu Bisa Dideteksi Saat Hilang Harus Melakukan Cara Ini Sebelumnya.

Android adalah sistem operasi pada handphone yang sangat dan paling digandrungi pada masa sekarang ini. sangking multifungsionalnya, hampir semua produsen handphone sudah menggunakan sistem operasi ini pada ponsel hasil produksinya. banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel bersistem operasi android.

Agar Androidmu Bisa Dideteksi Saat Hilang Harus Melakukan Cara Ini Sebelumnya.

Para aplikator berlomba - lomba menciptakan aplikasi berbasis android dan tentunya hal ini membuat pengguna handphone android semakin bertambah drastis dari tahun - ke tahun. android kini semakn digemari karena pengguna bisa mendownload hampir semua jenis aplikasi yang berguna untuk kehidupan sehari - hari.

Namun pernahkah kita membayangkan seandainya handphone yang kita sayangi tiba - tiba hilang, tak tahu kemana rimbanya? padahal 60% kehidupan kita ada pada android itu. katakanlah anda seorang pebisnis atau penjual barang/jasa yang selalu aktif di aplikasi jual beli. anda pasti akan panik bila handphone itu hilang. Karena akses anda ke pembeli atau sebaliknya, berada di handphone tersebut. jangan sampai hal ini terjadi. namun siapa yang tahu kapan apes datang menghampiri. ini pernah saya alami sekitar awal tahun 2016.

Rasanya sangat menyakitkan, karena saya termasuk orang yang aktif di aplikasi jual beli dan aplikasi sosial media, dan kebetulan saya memang punya produk yang saya jual di beberapa aplikasi tersebut.

Sebenarnya kehilangan handphone android bukan hanya masalah sepele lagi. udah termasuk masalah serius. bukan karena harga handphone mahal atau nggak. tapi yang penting adalah data, akun, dan nomor penting dalam handphone tersebut.

Ketika telah memutuskan untuk menyayangi handphone anda, sudah tentu harus melakukan beberapa tidakan antisipasi untuk mengatasi jika ada masalah yang timbul nantinya. yang kita bahas kali ini adalah mengantisipasi atau membuat suatu tindakan pencegahan sebelum android hilang.

Bukan bermasud untuk mengharapkan agar android hilang, tapi paling tidak kita sudah punya senjata agar android bisa ditemukan bila ternyata hilang suatu saat. senjata itu bukan berupa benda, namun senjata itu berupa kesediaan kita untuk lebih memperhatikan beberapa option pada android yang sering kita abaikan. dibawah ini adalah beberapa cara mendeteksi android yang hilang.


Lakukan terlebih dahulu hal ini agar siap siaga ketika android hilang



a) Masuk ke pengaturan handphone android lalu pilih "Akses lokasi" .bila pengaturan bahasa di android anda berbahasa inggris mungkin tertulis "Location Acces". berada pada menu Pribadi/Personal pada pengaturan android anda.

cara mendeteksi android yang hilang

b) Setelah itu, akan muncul tampilan seperti dibawah ini. centang akses lokasi, dan yang paling utama, centanglah "Satelit GPS". setelah itu centang pula "Lokasi jaringan WiFi & Seluler". ini sangat penting untuk dilakukan, karena bila salah satu dari ketiga point dibawah gambar ini tidak di centang, maka kejadian akan seperti saya watku kehilangan android.

Di hape temen saya yaitu yang saya gunakan untuk mendeteksi tertulis "lokasi satelite perangkat tidak ditemukan". saya ingat memang tidak pernah mengaktifkan "satelite GPS" pada handphone saya. akhirnya tuh handphone gw iklasin aja. seharusnya saya mengaktifkan fitur GPS nya agar bisa dideteksi.

Setelah kita melakukan beberapa cara diatas sebagai tindakan berjaga -jaga. ada beberapa hal lagi yang sangat penting dan harus anda lakukan. yaitu mengaktifkan akun google anda pada browser (saya menggunakan google chrome), menurut saya, lebh baik jangan sekali - kali me logout akun google pada aplikasi google chrome anda. supaya ketika hilang, mengapa? dibawah ini akan terungkap jawabannya.

Oke sekarang lakukanlah hal ini untuk memperakurat pencarian pada handphone anda yang hilang. lakukan dengan benar, jangan sampai panik, sebelum si penemu handphone buru - buru mencabut baterai handphone anda. maka selesailah semuanya. mumpung masih ada waktu. lakukanlah hal ini.

Hal yang dilakukan saat mengetahui Ponsel Android telah hilang


a) Aktifkan selalu akun google anda pada google chrome. karena nantinya search engine ini yang akan melalukan pencarian menggunakan google map yang secara otomatis akan tampil pada pencarian.

b) Di kolom pencarian, cari/ tulis kata ini "android device manager" nanti akan tmpil di urutan pertama di mesin pencari. klik aja. anda akan disuruh memasukkan pasword akun google, jangan ragu dan bimbang, masukkan pasword dan anda sudah login ke android device manager hasilnya tampak seperti gambar dibawah ini. nama perangkat anda akan tertera di peta.

Itu adalah contoh dari handhone saya. nama perangkat saya "N986D" . mungkin banyak handphone android yang memiliki nama serupa, akan tetapi karena saya sudah log in menggunakan akun google yang ada pada perangkat andorid saya, maka lokasi yang ditentukan adalah berdasarkan posisi dimana saya mengaktifkan akun google di android device manager.

peta android

c) Cara terakhir yang anda lakukan untuk proses pencarian handphone yang hilang adalah dengan menggunakan handphone android milik teman,saudara,pacar, atau siapapun yang ada didekat anda pada saat itu. dengan cara memasukkan akun google anda dan login ke android device menager pada browser google chrome. pada handphone teman anda.

Maka disini sudah terjadi dimana akun google anda aktif pada dua perangkat sekaligus, dimana dengan adanya hal ini, anda akan bisa melakukan proses pencarian posisi akurat handphone yang hilang, dan bisa menderingkan handphone anda.

Bahkan bisa langsung mengunci handphone anda yang hilang menggunakan handphone teman anda. lakukan cara ini dengan santai tapi cepat, jangan panik. sebelum handphone anda yang hlang di cabut baterai nya oleh si penemu (bila memang karena keteledoran anda). si pencopet (bila memang anda kena copet), sipencuri (bila memang anda dimaling)

Perihal mengganti password Akun google


Oh ya sebelum melakukan pencarian/deteksi, jangan langung mengganti pasword google anda agar bisa tetap login di android yang hilang. lakukanlah penggantian pasword bila anda memang sudah benar -benar menyerah karena handphone sudah di matikan dan itu artinya anda harus beli handphone baru agar bisa segera melakukan pendownloadan, penggantian pasword pada semua aplikasi yang tadinya sudah anda miliki di android yang hilang.

Jangan sampai  akun anda di acak - acak oleh sipemilik ilegal android anda. karena dengan anda melakukan penggantian semua pasword pada aplikasi anda yang pernah ada di hp yang hilang, maka dijamin akun anda akan aman karena semua aplikasi akan otomatis logout di hp yang hilang.

Tapi saya berharap semoga  tidak terjadi pada anda. jagalah barang kesayangan anda. jangan sampai hilang, tapi kalo sudah terjadi hal ini ya terserah anda mau mengikuti cara yang saya lakukan diatas yang saya tulis bedasarkan pengalaman saya ketika handphone saya ketinggalan di salah satu tempat wisata. ya sebenarnya hp itu sudah tidak ketemu karena saya mengabaikan beberapa hal diatas.

Setelah saya pelajari, ternyata ada beberapa fitur pada android yang harus diaktifkan sebelum terjadi kehilangan. Dari situ tercipta pelajaran berharga, semoga kedepannya saya bisa lebih mengantisipasi kehilangan android saya. Itulah cara mendeteksi hp hilang. Itulah salah satu cara melacak atau mendeteksi hp android yang hilang. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini.

(Baca Juga : Mengatasi masalah memory android penuh)
                     Pengalaman punya android bermasalah sinyal)

Sedang Belajar marketing internet, hobi jualan, menyukai tehnologi. Pokoknya sing penting halal deh, daripada nganggur.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.