Wednesday, June 8, 2016

Panduan Belajar Bermain Drum

Drum adalah salah satu alat musik yang juga populer saat ini, drum biasanya kita temukan dalam group band. pemain drum adalah player yang paling sering mendapat lirikan dari cewe2 (katanya sih). menurut gw mah sama saja. mau gitaris, bassis,vokalis, semua pasti sering dilirik. apalagi kalo maennya ada yang salah pasti langsung cepat dapet lirikan dari cewe hehe.

Tapi itu gak penting, mau dilirik cewe atau ngga, yang terpenting adalah maen alat musik itu bisa menyenangkan hati kita terlebih dahulu, lalu nanti orang akan senang dan menilai dan menunjukkan rasa puas. pada dasarnya semua jenis musik itu enak didengar, asal membawakannya sesuai dengan isi dan makna lagu.

Oke sekarang kembali ke topik semula, disini saya akan memberitahu beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang bila ingin belajar drum dan ingin bisa mahir bermain drum. cara ini pernah saya lakukan ketika pertama kali melakukan latihan rutin drum. samasekali tidak ada latihan bimbingan privat atau sekolah musik. mudah-mudahan an bisa bermanfaat buat anda.

1. Punya minat yang tinggi terhadap alat musik drum
2. harus punya stick drum
3. Mengerti tempo (ketukan teratur) conth. tok..tok..tok..tok..tok.. harus teratur waktu bunyinya.
4. Memiliki drum atau alat musik mirip drum atau nyewa distudio atau pakai punya temen
5. Niat berlatih yang tinggi (minimal 1 jam/hari)

Cara untuk berlatih


Lakukan pukulan teratur tiap hari pada hit hat drum. bila kamu tidak punya drum dirumah ya untuk sementara sebelum ke studio, pukul aja kasur atau ubin, atau di paha juga boleh, tapi pelan2 ntar bengkak lho. lakukan  dengan tempo yang teratur.  bila pada hit hat drum asli nya, lakukan minimal 20 menit dan 3 kali dalam sehari. dengan cara seperti ini akan membuat tangan menjadi stabil temponya.

Setelah itu,  lakukan latihan hit hat dipadu dengan menekan pedal untuk membunyikan bass drum (beat drum). pukullah hit hat dengan teratur padukan dengan bass drum. lakukan latihan ini sejam dalam satu hari agar hentakan kaki bisa serentak dengan bunyi hit hat. ini sangat penting dikuasai oleh pemain drum. karena bila sampai tidak serentak bunyinys,  akan terdengar kaku.  dan personil lain akan terganggu konsentrasinya gara2 pukulan yang tidak stabil temponya.

Cara latihan selanjutnya adalah dengan memasukkan pukulan pada snare drum. mulai dengan cara menghitung 1, 2, 3, 4.. sambil membunyikan hit hat dan bass drum serentak. lalu pada hitungan tepat angka 3, kosongkan pukulan beat diganti dengan memukul snare.  namun jangan lupa,  hit hat tetap berjalan teratur. disini kita sudah belajar birama 4/4. karena itulah dasar untuk bermain drum. pada hitungan pertama,  cobalah untuk mengganti pukulan hit hat menjadi simbal.  lakukan setiap 4 kali kelipatan hitungan 1, 2, 3, 4.. artinya pukulan pertama tiap 16 kali hitungan.


Penggunaan tempo teratur sangat penting


Cara berikutnya adalah dengan latihan membunyikan bass drum menggunakan tempo teratur, 1, 2, 3, 4 dan seterusnya. sampai benar2 pegel tuh kaki.. :) lalu padukan dengan memukul snare dua kali disetiap celah masing - masing angka. anda bisa mebuat beberapa pukulan, snare dengan catatan tempo bass drum harus tetap stabil. coba perhatikan gambar dibawah ini. oukulan snare dua kali diantara celah angka. saat melatihnya, kembalikan lagi hitungan ke angka 1.( to, wa, ga, pat, to, wa, ga, pat,) begitu seterusnya.



Panduan Belajar Bermain Drum

Langkah selanjutnya adalah dengan berlatih satu buah lagu sederhana. seperti contoh lagu sandiwara cinta dari band Republik. jenis pukulan drum dilagu tersebut dinamakan dengan istilah slow beat. akan saya jelaskan menggunaan gambar. sebelum melihat gambar, terlebih dahulu anda ketahui nama-nama yang saya singkat.

Panduan Belajar Bermain Drum
Agar tidak terlalu makan tempat pada gambarnya. B (Bass drum) H(Hit-hat Drum) S(Snare drum). mari kita perhatikan baik2gambar dibawah ini. lagu sandiwara cinta  dari band Republik mempunyai birama 4/4. Bedasarkan gambar dibawah, bila ada huruf sejajar vertikal, maka haruslah dibunyikan secara serentak. lakukan latihan ini secara rutin setiap hari.

Hanya orang biasa yang gemar mengexplore kemampuan. Masih ingin selalu belajar dan belajar.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.