Friday, June 10, 2016

Belajar Tapping Gitar Dengan Mudah Part II

Pada postingan part I sudah saya jelakan secara simpel bagaimana tangga nada dalam kord menjadi bagian yang penting dalam melakukan tehnik tapping pada gitar. pengetahuan solmisasi yang baik adalah salahsatu pendukung mahirnya anda bermain tapping gitar. misalnya bila ada suatu lagu menggunakan nada dasar C, maka anda harus tangkas menemukan nada melody yang terletak pada area freatboard  gitar anda.

Kita semua tahu bahwa ada beberapa penempatan kord C pada fretboard gitar. demikian juga dengan kord yang lainnya. untuk bisa memahami tapping dengan sempurna, anda juga harus tahu dimana letak dari penempatan kord tersebut. dari penjelasan diatas berarti ada dua hal yang penting yaitu, solmisasi melody dan penempatan kord. saya jelaskan satu persatu.

  • Berlatih solmisasi. sebagai musisi, solmisasi yang baik itu sangat penting, bila tidak mengerti solmisasi yang benar, maka akan percuma memainkan musik, tidak akan berjalan dengan baik

                         Ambil gitar lalu perhatikan gambar dibawah ini !!!


belajar gitar pemula
Tanda berbentuk bulatan merah yang saya beri angka merupakan daerah yang harus ditekan untuk membunyikan melody senar gitar. ini merupakan salah satu contoh solmisasi menggunakan kord standar "C". sebenarnya bisa banyak solmisasi tercipta bila dicoba sendiri untuk menyesuaikan mana do, mana re, mana mi, dan seterusnya. tergantung bagaimana kenyamanan jari anda. carilah alur solmisasi nya esuai jangkauan jari anda. coba perhatikan gambar diatas, membunyikan nada pada angka angka 2 (re)  bisa aja dengan memetik senar nomor (4) tanpa menekan apapun. 

  • Berlatih ragam penempatan kord untuk mengaplikasikan tapping  gitar. disini akan saya jelaskan menggunakan 5 posisi kord di kunci "C", artinya ada 5 kunci "C" yang sudah ada di kepala untuk melakukan tehnik  tapping gitar.

                Siapkan gitar anda, dan perhatikan gambar dibawah ini!!!

cara belajar tapping gitar
Gambar diatas adalah panduan yang saya ciptakan sendiri, itu saya desain sesederhana mungkin. karena dulu belajar tapping dasar, saya pakai pola yang saya pikirkan dan lakukan sendiri. bila teman2 raa cocok silahkan diikuti tapi bila dirasa tidak cocok ya di close aja gak apa2. saya hanya berusaha ingin berbagi saja. oke selanjutnya adalah anda bebas menekan dimana saja bulatan merah hingga mengeluarkan bunyi. 

Ini sebagai pertanda awal bahwa sudah memulai belajar tapping seorang diri. kali ini kita tidak akan melakukan tehnik petik, semuanya menggunakan kekuatan pijakan jari kita, sehingga senar mengeluarkan bunyi. 

Mungkin dalam benak kita bertanya, lah tadi disinggung tentang kord..ini kordnya yang mana ya?? nah jawabannya, bulatan merah manapun yang anda tekan (tekan minimal 3 bulatan merah) ,,itu sudah membentuk kord, semua kembali kepada seberapa panjang jari anda. 

Bila jari anda bisa menjangkau 1 tanda merah di kiri, 1 tanda merah dikanan, 1 tanda merah di tengah, lalu dibunyikan secara  serentak, maka ia sudah membentuk kord dalam region "C" dengan SYARAT tidak boleh menekan 2 tanda merah dalam 1 senar. artinyatekanlah tanda merah pada senar yang berbeda. 

Itulah sebabnya mengapa saya katakan bahwa tehnik tapping gitar itu dasarnya adalah solmisasi tang baik dan pengetahuan tentang letak 1 kord pada posisi yang berbeda dalam fretboard. tadi kita bahas cuman menggunakan kord "C" melulu. dengan mengerti penjelasan dari awal, maka kita sudah bisa mencocokkannya jika menggunakan kord lain, contoh nya kord E. tinggal menyesuaikan tata letak penjarian kord aja. 


Berdasarkan gambar diatas, tentu kita sudah mengerti bagaimana menempatkan posisi jari selain kord "C" . Caranya ialah dengan meniru posisi jari ketika di "C" lalu di lakukan sama ke posisi kord"D" sebenarnya tata cara posisi jari untuk menekan kunci gitar itu sama halnya seperti tangga nada. yang terdapat 2 buah nada setengah. perhatikan gambar diatas, ada dua nada yang berjarak setengah ke nada berikutnya. 

Bila anda tiba -tiba berpikir, " bia gak C itu diganti namanya menjadi F atau kord lain? menurut saya jelas bisa. bila C kita anggap F, maka C kita ganti dengan huruf F, kita harus urutkan kord apa setelah F, tentunya G, A, B dan seterusnya sesuai urutan standart international nya.

Ini biasanya akan terjadi pada saat memainkan lagu menggunakan dua gitar, dimana gitar 1 tuningnya standard, tapi gitar 2 tuningnya tidak standard. saat memainkan posisi kunci C bersamaan, bunyinya tidak sama, sedangkan gitar dua ketika membunyikan posisi kord "F" barulah sama bunyinya. gitar 1 main dari C sedangkan gitar 2 main dari F. 

Kembali ke penjelasan tapping. ini adalah hal yang terakhir anda lakukan untuk melaksanakan tehnik tapping, yaitu dengan menekan secara bergantian alur nada yang sudah dijelaskan sebelumnya. tekanlah dimana saja sesuai selera anda, latihlah minimal 1 jam setiap hari, agar jari tangan kanan dan jari tangan kiri anda bisa lebih sinkron. 

Sekian dulu penjelaan saya, semoga bermanfaat bagi para pemula yang ingin melebarkan sayap ke tehnik tapping. mohon maaf jika penjelasannya terlalu panjang. karena saya tidak suka memberikan penjelasan yang sepotong. teori musik itu sebenarnya sangat luas. semoga artikel ini bisa menjadi penuntun belajar gitar sendiri dirumah. Sekian dan terimakasih.

Sedang Belajar marketing internet, hobi jualan, menyukai tehnologi. Pokoknya sing penting halal deh, daripada nganggur.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.