Thursday, June 9, 2016

Cara Dan Dasar Belajar Tapping Gitar Yang Dudah Dimengerti

Gitar merupakan salah satu alat musik yang paling di gandrungi oleh semua kalangan umur dari dulu sampai sekarang. karena dengan bermain gitar, semua jenis lagu sudah bisa diiringi, dan mudah dibawa kemana - mana. gitar bolong adalah gitar yang wajib dimiliki oleh seorang gitaris. agar bisa bernyanyi atau bahkan untuk mempelajari lagu sebelum menyanyikannya bersama teman - teman sepermainan atau teman satu group.

Gitar tentu dimainkan dengan cara di genjreng atau di sayat menggunakan pick gitar. ah pokoknya bermain gitar adalah hal yang menyenangkan. banyak perasaan yang bisa tertuang dengan bernyanyi menggunakan alat musik yang satu ini.


skill gitar

Selain di genjreng dan di sayat menggunakan pick, gitar juga bisa dimainkan seperti piano, dengan cara menekan senar gitar dengan tenanga jari, sehingga mengenai fret gitar dan akhirnya mengeluarkan bunyi. tehnik ini dinamakan "Tapping". gitaris yang pertama kali mempopulerkan tehnik ini adalah "eddie" dari group band "Van Halen" asal negara Belanda. dengan instrumental gitarnya yang berjudul "Eruption"

Beliau berhasil menggebrak dunia pergitaran pada era musik rock saat itu. hingga saat ini telah banyak muncul gitarist yang suka menggunakan tehnik tapping. di negara kita indonesia ada seorang gitaris asal pulau Bali yang sangat mahir menggunakan tehnik tapping, bahkan semua permaian gitar nya menggunakan tehnik unik ini. Balawan juga mengakui bahwa salah satu gitaris inspirasinya adalah "Eddie Van Halen".


Setiap orang yang sedang belajar bermain gitar atau bahkan sudah mahir sekalipun, pasti sangat ingin lebih mengasah permainannya dengan tehnik tapping. karena kelihatannya semakin keren dan berkharisma saat di panggung. banyak gitaris profesional yang terkadang menyelipkan beberapa tehnik tapping dalam setiap permainan melodi gitarnya. saya sendiri sebagai gitaris sedang memperdalam tehnik tersebut ke tehnik tapping yang lebih tinggi.


Tangga nada yang dimainkan pada tehnik tapping gitar


Karena menurut saya, tehnik tapping yang bagus itu kita  tidak  tahu sampai dimana batasannya. ibaratnya begini, mampukan kita mengetahui sampai dimana batasan musik, sampai dimana kita mentok dan mengatakan inilah musik yang paling bagus, setelah ini tidak bakal ada lagi yang bagus, inilah yang terakhir, satu orangpun tidak ada yang mampu berkata seperti itu.


Demikian juga dengan tehnik dalam gitar, khususnya tapping. pemain tapping terhebat didunia sekalipun tidak akan mampu berkata bahwa tehnik tapping yang dibuat oleh dia lah yang terakhir terbaik, setelahnya tidak ada. itu jelas tidak akan terjadi.

Oke, sekarang saya ingin membagikan pengalaman gitar yang saya miliki kepada teman- teman yang ingin mendalami tehnik tapping gitar. saya bukan bermaksud menggurui, tapi disini kita akan sama -sama belajar.

Yang pertama harus disadari ketika mendengarkan permainan tapping adalah semua nada yang dibunyikan sudah tentu satu alur solmisasi. yaitu (do, re, mi, fa, so, la, si, do). bila part tapping yang dimainkan berada dalam region kord mayor dan minor. mungkin bagi gitaris pemula akan bingung dengan penjelasan ini. agar lebih gampang akan saya jelaskan menggunakan gambar agar mudah dimengerti. Dibawah ini adalah tangga nada Diatonis Mayor


Cara Dan Dasar Belajar Tapping Gitar Yang Dudah Dimengerti
Diatonik Major


Mengapa dikatakan tangga nada diatonis mayor? karena terdapat dua nada yang jaraknya hanya setengah ke nada berikutnya. Untuk lebih memahaminya kita harus tahu bahwa dalam dunia musik, nada itu sebenarnya gak cuman ada 7. melainkan nada itu jumlahnya ada 12.  perhatikan jarak antara mi - fa dan si - do, jaraknya cuma setengah nada. disitulah penyebabnya mengapa diberi nama "Diatonis Mayor" .setiap nada naik setengah kecuali mi - fa dan si - do, diberi nama "kres". tangga nada ini merupakan standard diseluruh dunia. ini akan kita buktikan kebenarannya pada fret gitar. dan akhirnya kita akan semakin menemukan arti bunyi gitar yang kita mainkan selama ini.



Dibawah ini adalah gambar peletakan tangga nada diatonis mayor pada gitar . didalam dunia pergitaran jarak tiap fret dihitung setengah. itu sudah hukum mutlak. gambar dibawah ini adalah hanya sebagai acuan, agar peletakan tangga nada diatonis bisa dimengerti. anda bisa saja memulai nada "do" dari titik yang lain atau senar yang lain, namun peletakan jaraknya harus sesuai seperti gambar. bila dilihat berdasarkan posisi "do" pada gambar batang gitar dibawah.

Jelaslah bahwa nada dasar lagu yang dimainkan dimulai dari kord "F". anda pun bisa membuat tapping nada menggunakan posisi titik hitam dibawah, bila memainkan lagu dari kunci/kord "F". mengapa menjadi kord "F"..??? ..sudah tentu anda bertanya seperti itu. jawabannya akan saya ulas segera.

Cara Dan Dasar Belajar Tapping Gitar Yang Dudah Dimengerti

Mengapa saya kelihatan seperti bertele-tele dalam menjelaskan tehnik tapping? terserah anda menilai saya, bebas -bebas aja. namun yang pasti saya harus menjelaskan dasar2nada dan kord terlebih dahulu. karena dasar dari penggunaan tehnik tapping gitar adalah anda harus mengerti dan memahami letak/titik nada yang termasuk dalam nada kord setiap lagu yang dimainkan. kita semua tau bahwa dalam lagu bisa terdapat 3 sampai 6 kord. nah.. penamaan kord ini sebenarnya ditentukan dari nada dasar yang dimainkan. 

Sedang Belajar marketing internet, hobi jualan, menyukai tehnologi. Pokoknya sing penting halal deh, daripada nganggur.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.