Monday, June 20, 2016

Cara Menghidupkan Mic Shure BLX88

Beberapa tahun yang lalu saya dapet job bermain keyboard/organ tunggal ke daerah puncak (Bogor). itu acara kebetulan mendadak, jadinya saya kurang persiapan. satu peralatan kurang yaitu mic wireless. ini sangat penting sekali karena mic tanpa kabel/wireless sangat efektif digunakan untuk sebuah acara formal atau non formal karena bisa dibawa bebas ke posisi manapun selama dalam region lokasi acara. akhirnya saya memutuskan untuk meminjam mic wireless dari teman sesama pemusik, kebetulan ada yang punya dan mau meminjamkannya pada saya. merk nya Shure BLX88.

Cara Menghidupkan Mic Shure BLX88
Foto Penampakan Receiver Mic shure BLX88
Mic tersebut saya bawa langsung ke lokasi acara di puncak tanpa mencobanya/test di tempat teman saya itu. dengan semangat 45 saya berangkat ke sana. sesampainya disana saya langsung setting alat, karena acara memang sudah akan dimulai. setting alat menelan waktu setengah jam. ngopi pun tidak sempat. kebetulan saya sendirian saja karena memang acaranya kecil dibilang nggak, acara besar juga dibilang nggak,  jadi yang sedang-sedang saja kok. makanya lebih baik sendiri karena bayarannya juga kecil.

Ada situasi yang bikin kesel campur panik pada saat sebelum acara,  dimana mic shure blx88 yang saya pinjam dari teman ternyata susah mengoperasikannya alias gak bisa hidup,  padahal receiver sama lampu indikator mic nya semua hidup/on.  saya pusing setengah hidup waktu itu.  yang punya hajatan sudah lelah menunggu mic yang tak kunjung nyala. saya utak atik sana sini.

Pencet sana sini,  tetap mic nya gak mau nyala. hampir satu jam pencet dan sambung sana sini namun hasilnya nihil.  saya telepon ke teman pemilik mic wireless shure blx88. ternyata nomornya sedang tidak aktif. mungkin lagi di cas atau lagi istirahat. saya terus berusaha nyari akal gimana supaya mic nya bisa digunakan.

Setelah lama bergelut.. akhirnya saya menemukan cara bagaimana menyalakan mic shure yang canggih tersebut. caranya. tentu gampang,  tapi cara ini merupakan cara yang tidak pernah terpikirkan sama sekali. setelah saya coba cara tersebut,  otomatis mic bisa hidup alias nyala. akhirnya rasa panik dan bingung pun reda. coba perhatikan gambar receiver Shure BLX88 dibawah ini. akan terungkap bagaimana cara menggunakan atau menyalakan mic shure blx88.



Caranya adalah, anda tekan secara bersamaan dua buah tombol yang ada pada masing - masing channel receiver. tekan sampai kombinasi huruf/angka berjalan. biarkan kombinasi angka dan huruf berjalan dan berhenti dengan sendirinya. maka akan terlihat kombinasi angka dan huruf. kebetulan di receiver yang saya pinjam tertera kombinasi huruf E dan angka 1 (E1). 

Huruf  mengidentitaskan "channel" sementara itu angka mengidentitaskan "group" nantinya kombinasi tersebut harus disesuaikan dengan microphone. ambil salah satu microphone, buka penutup baterai bagian bawah microphone lalu perhatikan gambar dibawah.


Tekan tombol "group" cari angka sesuai yang tertera pada layar receiver. di receiver shure yang ada pada saya menunjukan angka "1", lalu saya pilih angka 1 di microphone shure. selanjutnya tekan tombol channel pada microphone dan sesuaikan dengan channel yang tertera pada receiver yaitu huruf "E", lalu pilihlah hurufE pada microphone shure. tunggu beberapa detik maka microphone wireless shure blx88 akan berfungsi sepenuhnya. lakukan cara yang sama dengan channel yang satunya lagi. 

Cara Menghidupkan Mic Shure BLX88

Mungkin bagi yang memiliki wireless microphone shure blx88 ini sudah tentu tidak akan bingung bagaimana cara mengoperasikannya. karena memang cara penggunaannya sudah diberitahu di buku panduan saat membeli. namun bila bagi mereka yang memang tidak mendapat panduan sama sekali,, tentu akan sulit dan bahkan mustahil untuk bisa menemukan cara itu tanpa buku panduan. dan bahkan saat membeli dan diberi buku panduan pun tetap akan bingung mengaplikasikan cara diatas saat ingin mengoperasikan microphone yang tergolong bertehnologi tinggi ini.

Bila ada seseorang yang bingung cara menghidupkan microphone ini dan bertanya bagaimana caranya ke orang yang bergelut didunia audio, pasti banyak yang belum mengerti bagaimana cara mengoperasikan shure blx88 (tadinya termasuk saya).apalagi jika memang mereka tidak mempunyai microphone jenis seperti shure ini. semoga postingan ini bisa membantu teman-teman sekalian, terimakasih.

Sedang Belajar marketing internet, hobi jualan, menyukai tehnologi. Pokoknya sing penting halal deh, daripada nganggur.

Artikel Terkait

3 komentar

Makasih gan.. mic saya akhirnya bisa nyala...

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.