Thursday, June 16, 2016

Cara Meninggikan Suara Untuk Bernyanyi

Bernyanyi adalah salah satu hobi yang sangat menyenangkan. menurut survei, bernyanyi bisa meringankan tingkat stress seseorang. pada masa sekarang ini di industri musik indonesia banyak muncul penyanyi dengan ragam karakter suara dan range suara yang berbeda - beda.

Terkadang kita merasa terpacu untuk bisa mengikuti suara mereka di radio atau di TV dan akhirnya nge fans dengan si penyanyi tersebut. sebenarnya menurut saya suara yang indah bukan suatu penentu enak tidak nya lagu. yang jadi penentu adalah harmonisasi nada dan aransemen lagu tersebut.

tehnik suara tinggi

Walau suara bagus bila harmonisasi nada lagunya gak enak, ya tetap aja lagunya gak enak didengar. namun ada pula yang suara nya bagus, harmonisasi nada juga bagus tapi aransemen lagunya kurang menuntun, nah ini akan mengurangi ke indahan sebuah lagu. sudah banyak contoh yang bisa kita lihat di industri musik tanah air. penyanyi yang suaranya pas pas an bisa tenar karena harmonisasi nada dan aransemen lagunya cocok banget dan jadinya enak didengar.

Bisakah range suara diubah jangkauannya?

Setiap penyanyi memiliki kemampuan jangkauan suara yang berbeda-beda. ada yang bisa menjagkau nada tinggi namun tidak bisa menjangkau nada rendah atau sebaliknya. namun ada pula yang bisa menjagkau nada rendah dan nada tinggi. mungkin diantara teman -teman sangat ingin memiliki suara yang bisa menjangkau nada rendah dan nada tinggi.

Apalagi mungkin diantara kalian ada yang suka bernyanyi atau punya group dan anda sebagai vokalisnya, atau bahkan berprofesi sebagai penyanyi. mempunyai suara yang jangkauannya luas sangat berguna sekali sehingga bisa membawakan lagu apapun tanpa harus takut kerendahan atau ketinggian. memang jarang ditemui penyanyi yang bisa seperti itu.

Menurut pengalaman saya sendiri, sebenarnya vokalis bersuara rendah bisa ditingkatkan lagi ketinggian vokalnya, namun sebaliknya bila vokalis yang memang bersuara tinggi atau bahkan berbicara saja suaranya udah tinggi,itulah yang tidak bisa diperluas range nya untuk bisa menjangkau nada rendah, itu tidak mungkin menurut saya.

(Baca Juga : Cara Simpel Agar Kamu Terlihat Menarik Dimata Wanita Gebetanmu)

Lalu bagaimana cara menambah range suara agar menjadi tinggi? ini sudah menjadi pertanyaan yang sesalu muncul dibenak para penyanyi khususnya pria yang bersuara rendah atau normal range nya. saya akan memberikan tips yang merupakan pengalaman saya sendiri. bila anda ingin mencobanya ya silahkan, namun saya sama sekali tidak merekomndasikan ini kepada anda. bila timbul kecelakaan kecil, maka anda sendiri yang menanggungnya.

Beberapa tips untuk menambah range atau kemampuan nada tinggi suara

Sewaktu SMA, suara saya biasa-biasa saja rangenya. untuk menyanyikan reff lagu Wayang "Tak selamanya" saja saya udah hampir setengah pingsan. lalu saya melakukan beberapa hal ini dalam selang waktu 1 tahun. beberapa hal yang saya lakukan adalah

1. Memaksakan bernyanyi nada tinggi minimal 3 lagu/ hari, jangan lebih. saya teriak sekuat mungkin. sampai saya rasa batuk dan cape baru saya berhenti. ini berguna untuk melatih elastisitas pita suara


2. Selalu isitrahat bernyanyi 1 hari setelah latihan nada tinggi. untuk memberi kesempatan pita suara membenahi sel - sel yang aus agar diganti dengan yang baru oleh sistem yang ada dalam tubuh kita

3. Melakukan olahraga lari. katanya sih ini untuk melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh termasuk ke pita suara yang memang sangat tipis. tapi gpp saya percaya aja, soalnya setiap habis melakukan olahraga suara jadi plong saat bernyanyi. dan memang olahraga juga menguntungkan. jadi gak ada ruginya bila di coba.

4. Berlatih membunyikan falseto suara saya sekuat mungkin. istilah kampungnya "suara sengau", karena memang akar dari suara tinggi itu ialah falseto yang mumpuni. semakin falseto sering dilatih berbunyi kuat, maka semakin sulit membedakan mana suara asli dan mana yang falseto. coba dengar She's gone dari Steel Heart. atau Mariah Carey.

Pada dasarnya mereka menggunakan head voice/falseto. dan pada saat tertentu dalam lagu mereka menggabung penekanan falseto dan penekanan suara yang normal secara bersamaan. bukti nya adalah semakin tinggi suara maka akan semakin kecil kedengarannya. disana lah falseto tersebut berproses semakin nyata dalam pita suara kita. dan disanapula secara penekanan suara normal kita akan hilang. yang ada penekanan secara falseto.

5. Tidur cukup  atau 8jam sehari untuk menjaga kekuatan pita suara. bila sudah bernyanyi dalam waktu yang lama contohnya 10 lagu dan akan bernyanyi lagi besoknya, usahakan tidur yang cukup. bila kurang (hanya tidur 5jam) maka suara akan jelek besoknya.


(Baca Juga : Mengobati Suara Serak Akibat Teriak Dalam Waktu Yang Lama)

Itulah beberapa hal yang selalu saya lakukan semenjak saya tamat SMU tahun 2003 bersamaan dengan mulainya saya menggeluti dunia musik dengan serius sampai saat ini. dan saya rasakan memang sangat besar sekali pengaruhnya terhadap suara dalam bernyanyi. namun perlu diingat bahwa suara tinggi bukanlah penentu bernyanyi kita enak didengar orang.


(Baca Juga : Obat Gatal Sederhana Ini Terbukti Manjur)

Namun tidak ada salahnya jika seorang penyanyi itu mampu menjagkau nada yang seketika harus menggunakan nada tinggi pada beberapa syair lagu. ini berguna agar lagu itu tidak kedengaran selalu datar. sehingga membuat orang ngantuk mendengarnya. oke sekianlah share pengalaman ini. mudah mudahan bisa bermanfaat, Terimakasih.

Sedang Belajar marketing internet, hobi jualan, menyukai tehnologi. Pokoknya sing penting halal deh, daripada nganggur.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.