Wednesday, June 8, 2016

Membuat PCB Elektronika Dengan Cara Sederhana

Hai sobat elektronika dimanapun kalian berada, kali ini saya mau memberikan tutorial tentang pembuatan PCB elektronika dengan peralatan dan bahan yang mudah didapatkan disekitar daerah sobat masing-masing. Cara yang akan saya tuliskan ini adalah cara yang sederhana namun hasilnya dijamin memuaskan. Adapun peralataan dan bahan yang diperlukan adalahakan saya uraikan dibawah ini.

pcb elektronika

Bahan/Tools :

  • PCB polos
  • Bor PCB
  • Skema Layout Rangkaian
  • Cat hitam
  • Suntik
  • Lem
  • Ferric Chloride
  • Thinner

Langsung saja ke prosesnya di bawah ini


Pertama yang harus dilakukan adalah memprint skema layout yang sudah kita dapatkan, ingat, ukurannya jangan terlalu besar, disesuaikan saja dengan ukuran yang sepantasnya. Apalagi kalau rangkaian yang ingin kita rakit menggunakan IC ,maka jangan terlalu lebar ukuran skemanya agar kaki IC bisa masuk. Setelah diprint, gunting skema lalu rekat dengan lem dan tempelkan ke bagian atas PCB, Setelah itu, kemudian ambil bor, lalu bor lah tiap titik yang akan dimasukkan kaki komponen.

Setelah semua titik selesai dibor, proses selanjutnya adalah melukis jalur Skema menggunakan ujung suntik yang telah dilekatkan cat hitam. Ingat, lukislah jalur skema dipermukaan tembaga yang ada dibalik PCB. Mengapa melukis jalur harus menggunakan cat? Jawabannya adalah agar jalur tembaga yang ada dibawahnya tidak mudah terkikis oleh larutan ferry chloride yang akan kita bahas setelah ini. Artinya dalah dengan mencat jalur skema, maka kita ingin jalur yang dicat tersebut tidak ikut larut oleh ferric chloride. 

Gunakan kuas yang ujungnya sebesar ukuran spidol. Sebenarnya membuat pcb pakai spidol juga bisa asalkan spidolnya berwarna hitam dan tintanya permanen. Namun menurut pengalaman saya, menggunakan cat lebih dijamin ketahanan tintanya dari gerusan fery chloride saat merendam pcb. Hasilnya lebih bagus dan jalur tembaga yang tertinggal lebih terjaga ketebalamnya.

Mungkin banyak yang heran, kenapa ada peralatan suntik dalam tutorial ini. sebenarnya tidak harus suntik, sobat bisa menggunakan alat apa aja asal ujungnya kecil, supaya lebih bebas melukis jalur skema tanpa menyentuh jalur yang ada disampingnya. Baiklah mari kita lanjutkan proses membuat PCB agar memperoleh hasil yang lumayan bagus.


Proses pelarutan untuk membuang jalur PCB yang tidak diinginkan


Sekarang kita lanjut ke prose selanjutnya.. setelah selesai melukis jalur PCB menggunakan Cat, rendamlah PCB kedalah larutan Ferric Chloride. Hati-hati dalam proses ini. Jangan lupa melarutkan Ferric Chloride harus dengan air Panas dan menggunakan wadah yang terbuat dari bahan plastik (jangan wadah yang terbuat dari logam).gunakanlah masker agar uap nya tidak terhirup langsung oleh kita. Okey , skarang masukkan PCB ke dalam larutan tersebut, aduklah setiap 15 menit.

Tunggu hingga tembaga yang tidak dicat larut semua.paling lama 2 jam. Setelah tembaga yang tidak di cat larut,maka tinggallah jalur yang kita cat tadi, ambil thinner lalu bersikan jalur menggunakan thinner, lihat apa yang terjadi, jalur yang kita cat tadi, tembaganya tidak larut, maka itulah yang kita inginkan.   PCB sobat sudah siap digunakan.

Menurut pengalaman saya (penulis) Cara ini memang agak menguras sedikit tenaga, namun lebih pasti kualitasnya daripada menggunakan cara lain yang perna dipraktekkan oleh teman-teman saya, namun hasilnya kurang memuaskan, jalurnya banyak yang putus. Sehingga rangkaian tidak akan berfungsi, maka semuanya berantakan dahh. untung saya coba cara diatas. Akhirnya saya lebih pede dalam penyolderan komponen.dan hasilnya, rangkaian berfungsi dengan baik dan ketahanan dijamin lama tanpa takut suatu saat kaki komponen kendur dalam PCB. Dijamin kokoh deh kalu pake cara diatas.

Bahan-bahan diatas mudah anda dapatkan dan harganya pun tidak mahal. Okey sekian dulu tutorial dari saya. Semoga bermanfaat bagi sobat sekalian.Mohon maaf bila ada kekurangan dalam penulisan, Sukses buat kita semua.

NB : Penulis tidak bertanggungjawab atas sesuatu yang terjadi akibat kesalahan anda. Utamakan keselamatan dalam bekerja. Tutorial ini Tidak disarankan kepada pemula.

Hanya orang biasa yang gemar mengexplore kemampuan. Masih ingin selalu belajar dan belajar.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.