Thursday, June 16, 2016

Menentukan Orang Yang Tepat Dalam Mengorbitkan Band Atau Solo

Musik adalah salah satu seni yang paling banya diminati orang. musik disukai dari mulai kalangan bawah sampai atas. miskin- kaya suka musik, tua - muda suka musik. semua suka musik. oleh sebab itu banyak muncul penyanyi dengan berbagai lagu yang mereka suguhkan sesuai aliran musik mereka masing - masing.

tentang produser musik

Musisi dan penyanyi semakin bertambah. tidak sedikit dari antara mereka yang sudah menjadikan musik sebagai mata pencaharian.buktinya sudah banyak kita lihat di TV maupun dilingkungan sekitar kita. tidak ada ukuran yang standard untuk menentukan bagus atau tidaknya suatu musik.

Semua itu berpulang kepada respon orang yang mendengarkannya. ada yang suka namun ada juga yang tidak suka. ada yang bilang musik Jazz paling bagus dan ada pula yang bilang musik pop paling bagus. tanggapan orang bermacam -macam. sesuai minat musik masing - masing individu.



Seberapa pentingnya peranan seorang Produser


Dalam menghasilkan karya musik, kebanyakan group band atau penyanyi  harus di produseri oleh orang lain diluar management group itu sendiri. produser adalah orang yang bersedia menangani sepenuhnya untuk menghasilkan karya lagu seorang penyanyi atau group musik dalam bentuk data untuk ditawarkan/dijual ke publik.

Menurut saya itulah pengertian dari produser khususnya di bidang musik. karena bila hanya menghasilkan lagu doank, sipenyanyi atau group band pasti bisa tanpa produser sekalipun. maka dari itu dibutuhkanlah produser yang bersedia menanggung segala sesuatu apapun untuk menghasilkan sebuah karya dalam bentuk fisik serta mempromosikannya. 


Disini sudah jelas bahwa produser adalah pemegang peranan penting untuk mengorbitkan seorang penyanyi atau group band. Jika anda seorang penyanyi dan ingin segera menjadi artis, bertemu dengan seorang produser adalah suatu kesenangan luar biasa walaupun masih sebatas ngobrol dan berbagi pengalaman.

(Baca Juga : Beberapa Gitaris Muda Ini Menjadi Idola Baru Pra Gitaris)


Kriteria menjadi seorang Produser yang baik


Semua penyanyi atau group band pasti ingin sekali dipinang oleh produser. hal itu tidak bisa dipungkiri lagi. karena produser lah yang juga akan mengorbitkan mereka sehingga bisa dikenal oleh orang banyak dan akhirnya mendapat banyak job manggung lalu merkapun memperoleh uang. siapa yang tidak mau uang. apalagi bila diperoleh dari hobby. namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ada seseorang datang menawarkan diri untuk memproduseri anda. hal yang perlu kita perhatikan adalah.

  • Produser harus mengerti sedikit banyaknya tentang seluk beluk dunia rekaman/rekording.
  • Seorang Produser harus memiliki relasi dengan orang - orang yang berkutat di dunia industri musik.dan relasi tersebut harus memang benar2 ada dan anda lihat. artinya bukan hanya sekedar omongan belaka.
  • Seorang produser harulah orang  yang memiliki uang banyak. bukan bermaksud untuk mempolorti si produser. atau bermaksud azas manfaat. tapi itulah konsekuensinya, si produser harus rela mengeluarkan dana yang besar terlebih dahulu. karena memang disini produserlah yang kerap memberi tawaran kepada si penyanyi atau band yang dianggapnya punya kualitas baik. coba bayangkan jika ternyata dana nya tetap aja dari si talent (penyanyi/groupband). saya jamin si talent gak bakal sanggup lah,
  • Produser haruslah orang yang humble (rendah hati), tidak arogan. loyal tinggi dan nyambung bila diajak ngobrol.
  • Produser yang akan mengorbitkan anda haruslah orang yang suka memberi motivasi dan semangat yang tinggi.
  • Produser sudah pernah menangani penyanyi/group band yang terbukti sudah menjadi hits.
  • Produser menuliskan surat prjanjian yang tidak membebankan penyanyi/band (bila ada surat perjanjian)

Itulah beberapa hal yang pada umumnya harus dimiliki oleh produser yang akan mengorbitkan penyanyi/group band. perlu kita ketahui bahwa lagu yang bagus, suara oke, performance yang bagus belum jadi penentu untuk anda bisa jadi beken. buktinya banyak penyanyi yang punyak karya bagus, cantik dan ganteng serta punya jam terbang tinggi manggung kemana2, ternyata belum bisa menembus industri musik, sering masuk TV dan dikenal hampir seluruh rakyat indonesia.

Padahal itu sudah menjadi impian setiap penyanyi/group musik. yang menentukan adalah ketika sudah dipinang oleh produser yang memang terbukti hasil tangan dinginnya menangani beberapa penyanyi yang akhirnya terkenal.


Jangan sampai memilih orang yang salah


Beberapa hal yang saya tuliskan diatas sangat penting diketahui apalagi pada masa sekarang ini sering terjadi beberapa kasus yang tidak mengenakkan antara penyanyi/band dengan seorang yang mereka anggap produser ternyata berujung permasalahan. bahkan beberapa kasus ada yang menjadi korban penipuan oleh orang yang mengaku produser padahal bukan. ini jangan sampai terjadi pada anda. ambisi boleh namun jangan sampai lengah. ingatlah beberapa point diatas sebelum anda memutuskan untuk menjalin kerjasama dengan produser.

Yang paling penting untuk diingat adalah, bila ada surat perjanjian kontrak, bacalah dengan teliti secara keseluruhan lalu menandatangani. bila ada hal yang anda rasa memberatkan anda, jangan langsung menandatangani. bicarakan terlebih dahulu dengan produser agar surat perjanjian bisa direvisi kembali.

Demikianlah sedikit tips dari saya. ini saya tuliskan berdasarkan ilmu yang saya dapat dari beberapa dedengkot industri musik indonesia ketika saya pernah bekerja dalam suatu label musik di Jakarta. saya mempelajari cukup banyak hal yang salah satunya bisa saya share pada artikel ini.

Semoga bisa bermanfaat untuk anda sekalian. sebenarnya selain beberapa hal diatas, masih banyak hal yang anda harus fahami sebelum menyetujui tawaran produser. hal diatas adalah hal yang pada umumnya. selanjutnya terserah anda bagaimana menilai seorang produser dari segi penilaian individual. akhir kata saya ucapkan terimakasih sudah berkunjung ke blog ini. jangan lupa share jika anda anggap bermanfaat.

Sedang Belajar marketing internet, hobi jualan, menyukai tehnologi. Pokoknya sing penting halal deh, daripada nganggur.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.