Wednesday, June 29, 2016

Mengenal Istilah Dalam Perawatan Mobil Dan Servicenya

Ketika seseorang memutuskan untuk memiliki mobil, hal yang harus dilakukan adalah memahami istilah yang digunakan dalam merawat ataupun men service mobil. ini sangat penting dan banyak manfaatnya kepada si pemilik mobil kalau ia memang benar -benar sayang pada mobil yang dia miliki. kita harus benar-benar mengethaui bebrapa istilah penting.

Pengetahuan tentang onderdil atau sparepart mobil adalah hal yang wajib agar kita mengerti harus bagaimana ketika mobil mengalami kerusakan. bila anda beranggapan mobil anda tidak akan pernah rusak, itu salah besar. setiap apapun yang ada dimuka bumi ini pasti bisa mengalami kerusakan ya mungkin karena faktor usia atau faktor eksternal lainnya.



bagian depan mesin mobil

Dalam dunia otomotif seperti mobil, merawat dan service berkala itu diwajibkan untuk menjaga eksistensi seluruh bagian mobil agar tetap sehat dan fit. jangan sampai ketika anda perjalanan jauh, ternyata mobil mogok diantara hutan belantara. ini sama sekali sudah merugikan anda sendiri.

Bayangkan kalau mogoknya malam pula. ditambah lagi tak seorangpun rombongan anda yang mengerti tentang fungsi onderdil yang ada di dalam mesin mobil, sehingga tidak tahu apa penyebab mogoknya mobil. pengalaman mobil mogok seperti itu sangat sering terjadi pada memilik dan pengendara mobil. mudah - mudahan hal itu tidak pernah terjadi kepada anda.

Istilah penting yang wajib kita ketahui


Bagi yang baru saja mendalami dunia per mobil an atau istilah nya pemula seperti saya, mungkin sangat penting mengetahui bebrapa istlah yang ada pada mobil. ini mengacu ke onderdil dan istilah lain yang digunakan dalam merawat dan service mobil.

1. Pembersih udara
Selubung dari bahan plastik atau bahan logam letaknya di dekat karburator. memiliki saringan yang berfungsi untuk menghilangkan partikel yang lebih besar dari udara, contohnya debu-debu jalanan.

2.Alternator
Bagian pada mobil yang berfungsi mengubah energi mekanis/gerak menjadi energi listrik bolak - balik (AC) dan kemudian akan diubah menjadi arus searah (DC) yang digunakan untuk sistem kelistrikan pada mobil.

3. Ammeter
Alat ini sangat berguna untuk mengukur dan memberitahukan keadaan aliran arus listrik pada semua instalasi yang terdapat pada Mobil

4. Sistem rem anti Lock (ABS)
Adalah rem yang menggunakan sistem elektronik yang mengontrol hidroulik untuk mendistribusikan tenaga pengereman mobil secara teratur agar mobil tidak gampang tergelincir.

5. Choke Otomatis
Merupakan alat yang berfungsi untuk mengurangi aliran udara kedalam karburator saat mesin dalam keadaan dingin untuk mempertahankan campuran bahan bakar/udara sehingga akan membantu mesin cepat menyala ketika di starter.

6. Baterai/AKI
Semua pasti sudah tahu bahwa alat ini menyimpan muatan listrik searah (DC) digunakan untuk sistem kelistrikan pada mobil saat berhenti maupun berjalan. namun paling berguna pada saat mobil berhenti. untuk menyalakan lampu dan menyalakan starter mobil.

7. Karburator
Adalah bagian pada mesin mobil yang berfungsi untuk mencampur uap bahan bakar dengan udara lalu mendistribusikannya ke bagian silinder mesin untuk segera dilakukan proses pembakaran pada mobil.

8. Transmisi otomatis
Adalah onderdil yang berfungsi otomatis untuk memilih roda gigi tergantung berapa kecepatan dan berat mobil.

9. Diferensial
Adalah onderdil sistem gerakan pada roda belakang yang berbentuk roda gigi untuk memindahkan tenaga driveline ke dua bagian roda sesuai kebutuhan.

10. Blok silinder
Merupakan region/blok tempat bertumpunya silinder,saluran oli, jaket air, dan beberapa komponen yang lain.

11. Poros engkol
Merupakan onderdil utama perputaran mesin yang mengubah gerakan naik turun piston menjadi gerakan melingkar yang dilanjutkan ke transmisi lalu ke roda.

12. Rem teromol
Sistem rem yang menggunakan sepatu rem pada bagian dalam teromol untuk memperlambat laju mobil dan menghentikan mobil.

13. Driveline
Tangkai yang menghubungkan transmisi dengan diferensial yang tadi sudah ditulis diatas. terbuat dari bahan logam padat yang sangat kuat sekali, agar tidak mudah patah.

14. Sambungan CV
Merupakan sambungan dalam poros penggerak mobil yang berfungsi untuk menjaga agar tidak bergetar hebat saat berputar. disebut juga sambungan kecepatan tetap.

15. Koil penyalaan
Adalah alat yang berfungsi untuk mengubah tegangan rendah dari arus Aki menjadi tegangan tinggi yang akan digunakan untuk penyalaan sistem pembakaran.

16. Suspensi bebas
Merupakan sistem yang memungkinkan dua roda pada as yang sama bergerak bebas satu sama lain agar Mobil bisa berjalan maju mundur, kiri kanan.

Itulah beberapa istilah penting dalam Mobil. semoga bisa menambah wawasan kita semua untuk lebih memahami tentang alat transportasi yang di idamkan ini. sebenarnya masih ada banyak istilah yang terdapat dalam Mobil namun diatas hanya kita tuliskan beberapa istilah pentingnya saja.

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.