Monday, June 27, 2016

Pengetahuan Tentang Mobil

Mobil adalah sarana transportasi yang paling efisien untuk semua orang. kemana - mana gak takut panas dan hujan. paling takut kalau kena macet saja. namun pada masa sekarang ini, banyak pemilik mobil yang belum mengerti istilah, seluk beluk dan sejarah setiap komponen apapun/ onderdil yang ada didalam mobil. padahal kita disarankan untuk mengetahuinya.

Walaupun hanya sekedar tahu, yang pasti akan bermanfaat kedepannya.Tahukah anda bahwa menurut laporan steel recycling Institute bahwa bodi mobil masa kini dibuat dengan bahan 25% baja yang sudah mengalami proses daur ulang. yang tentunya berasal dari mobil yang sudah tua, perkakas2 bekas, kaleng minuman yang sering kita konsumsi dan masih banyak yang lain.



Mobil

Pada mobil tentu harus ada sistem pembakaran. agar mobil bisa bergerak, berjalan ke jarak yang dekat maupun jauh. pada mesin mobil terdapat Karburator yang bekerja dengan cara melemparkan aliran bahan bakar kedalam udara yang lewat kemudia ditransfer ke silinder mesin untuk melakukan proses pembakaran. namun pada mobil dengan sistem injeksi, tidak akan terdapat karburator pada mesinnya.

Sistem injeksi bekerja dengan cara, injektor menyuntikkan bahan bakar yang telah terukur menuju pipa masuk pada setiap silinder untuk melakukan proses pembakaran.pada mobil. sistem pembakaran mencakup beberapa onderdil yaitu tangki, saluran, pompa, karburator dan saringan yang berfungsi untuk menghidupkan campuran bahan bakar yang sudah diproses dalam silinder, bunga api harus disalurkan kedalam silinder dalam waktu yang pas.

Fungsi Aki yang mungkin belum kita ketahui



Pada sistem penyalaan mesin mobil, baterai dan alternator akan menyediakan listrik tegangan rndah, lalu koil/spull akan mengubah tegangan dari rendah menjadi tinggi. disisi lain secara bersamaan akan terjadi proses pengiriman bunga api ke silinder. disini fungsi busi sangatlah diperlukan. busi merupakan onderdil yang terbuat dari bahan keramik dan logam untuk menyalakan campuran bahan bakar/udara yang ada dalam silinder menggunakan proses listrik. pada mobil terdapat satu busi tiap silinder.

Setelah mengetahui bebrapa hal diatas, tentu kita dapat membayangkan betapa besarnya ledakan2 yang disengaja terjadi dalam mesin. ledakan terdengar lebih teratur dan tidak menakutkan itu disebabkan kerja silinder pada mobil. terdapat sekitar empat sampai delapan silinder pada mobil.

Coolant sangat penting untuk kinerja mesin Mobil



Setiap ledakan ini akan mendorong piston yang terdapat didalam silinder mengarah kebawah. batang penghubung yang ada pada piston akan mengalihkan tenaga ke poros engkol. dapat kita bayangkan bila terjadi ledakan tentu akan membuat mesin menjadi panas. pada mobil terdapat sistem pendingin (Coolant) untuk mempertahankan temperatur atau suhu dalam mesin tetap aman.

Coolant mengandung air dan campuran senyawa kimia lain. cairan pendingin ini akan menyerap panas dari silinder tanpa harus masuk kedalam silinder melainkan mengalir melalui ruang water jacket yang terdapat disebelahnya. panas akan dialirkan melalui cairan pendingin (coolant) lalu di pompa ke radiator melalui selang. kipas angin lalu menghembuskan udara ke radiator untuk menjaga agar cairan tetap dingin.

Sedang Belajar marketing internet, hobi jualan, menyukai tehnologi. Pokoknya sing penting halal deh, daripada nganggur.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.