Wednesday, June 29, 2016

Tips Memaksimalkan Sound Gitar Saat Festival

Mungkin di kota anda sedang maraknya pengadaan festival musik. setiap band berlomba mempersiapkan skill yang matang untuk mengikuti kompetisi band. apalagi jika hadiah yang ditawarkan cukup besar sampai puluhan bahkan ratusan juta rupiah kepada band yang berhasil mendapatkan juara 1, 2, 3 dan 4. latihan yang rutin setiap hari, pemilihan lagu yang skillfull, performace adalah beberapa faktor pendukung untuk bisa meraih juara dalam suatu festival musik.

Tips memaksimalkan sound gitar saat festival

Pada kesempatan kali ini. saya akan membahas mengenai gitaris dakam suatu band. seringkali saat melakukang kompetisi musik di panggung, suara gitar sangat kecil dan bahkan tidak terdengar sama sekali. mengapa istrumen gitar seringkali mengalami hal demikian??  bila kita lihat di bebrapa festival musik, gitar yang paling sering mengalami masalah sound kecil. dalam satu festival, pasti terjadi pada 3 bahkan samapi 5 gitarist band yang mengalami suara kecil pada gitarnya.

Namun berbeda jika memang dalam satu band, memiliki gitaris yang cukup piawai dalam menyetem sound untuk gitarnya, pasti hal menjengkelkan seperti yang kita baca diatas tidak akan terjadi. namun paling sering terjadi pada gitaris yang notabene masih belum faham betul tentang direct men direct kabel, putar memutar knob, dan tekan menekan tombol pada system audio gitar. ini penting dan harus diketahui betul oleh gitaris. agar hal seperti diatas tidak terjadi. karena akan mempengaruhi penilaian juri terhadap setiap band yang berkompetisi..

Kembali ke pertanyaan diatas. mengapa instumen gitar sering kali mengalami suara kecil saat sedang unjuk kebolehan di panggung?? jawabannya adalah karena gitar itu adalah alat musik yang paling banyak memiliki perangkat audio yang pada umumnya ada dipanggung festival musik. Bass biasanya hanya dicolok saja ke ampli panggung.

Bagaimana Konfigurasi dalam settingan audio sound gitar di panggung



Vokal juga begitu dan drum langsung direct ke mixer audio sound system, keyboard tinggal direct ke ampli panggung. sedangkan gitar agak rumit sedikit. karena biasanya akan ditampah perangkat audio effect (efek gitar) sebagai prosesor awal sinyal audio dari pick up gitar.

Urutannya adalah PICK UP/Gitar - EFEK - AMPLI- SOUND SYSTEM. ada banyak yang harus anda perhatikan yaitu penyambungan kabel, settingan efek, settingan ampli panggung. dan settingan line out dari ampli panggung. ini penting, jangan sampai terjadi hal dimana suara gitar terdengar gahar diatas panggung, namun tidak kedengaran sama sekali didepan panggung (area penonton)

Sebagai orang yang sudah menelan asam garam dunia pergitaran, saya akan berbagi tips untuk teman sekalian. saya bukanlah orang yang jago bermain gitar. namun bagi saya, penyuguhan sound itu merupakan point penting dalam penilaian juri terhadap suatu band khususnya gitaris dalam band tersebut. ada beberapa tips yang udah - mudahan ampuh anda lakukan saat akan menunjukkan kebolehan diatas panggung.

1. Kalau bisa, bawalah gitar milik sendiri dan suda anda setting agar aman dan powerfull saat dimainkan dipangung. sudah tentu anda lebih yakin dengan kondisi gitar anda ketimbang kondisi gitasr yang disediakan diatas panggung.

2. Bawa jack gitar dan pakai di panggung. ini sangat penting diperhatikan oleh setiap gitaris. kita jangan menutup mata, terkadang, jack sambungan ke gitar yang disediakan dipanggung mengalami goyang pada ujung kepala jack nya. mungkin karena pengaruh cabut dan colok setiap gitaris yang mau beraksi. belajar tentang jack, kepala jack paling sering bermasalah.

Semahal apapun jack nya, bila terus mengalami cabut- colok dipanggung, maka akan goyang juga. bila goyang maka akan mempengaruhi suara gitar. kadang akan terdengar bunyi brotookkkk, selain itu gitar tidak akan terdengar suaranya.

3. Jika anda berniat menggunakan efek yang di panggung, setting efek seadanya aja. maksudnya adalah setting ke level dan drive aja. urusan modulasi efek belakangan. karena disini waktu check sound juga biasanya akan dinilai oleh juri.

4. Atur settingan equalization audio pada ampli , seperti middle, low, high, dan volume anda mute terlebuh dahulu, tapi jangan lupa untuk membukanya pada saat selesai mensetting semua sambungan perangkat audio anda dipanggung.

5. Jangan pernah berisik saat melakukan setting  sound yang hanya beberapa menit dipanggung. berisik artinya jangan sampai terdengar suara genjreng atau distorsi yang berlebihan saat mensetting efek atau sound. cukup genjreng sekali saja.saat check sound kecilkan volume ampli. agar tidak berisik saat sedang setting efek, dan direct kabel ke gitar.

Setelah bagian gitar kabel dan efek dirasa aman, buka volume ampli panggung, ingat, genjrenglah hanya sekali atau dua kali, jangan lebih. lalu siap memainkan lagu bersama band anda di panggung. biasanya setting sound yang berisik diatas panggung saat akan memulai lagu, akan mendapat penilaian yang jelek dari juri.

6. Cara yang terakhir adalah cara yang saya tidak sarankan namun pernah saya lakukan pada saat pernah mengikuti suatu festival. yaitu sebelum naik panggung usahakan dekat dengan sound man/ operator sound. karena dalam festival musik seringkali ditemui operator yang memang masih newbie alias baru dalam hal mensetting sound system untuk musik full band.

Jadi tidak ada salahnya pura -pura dekat, dan nawarin kopi lalu mengingatkan untuk menaikkan sedikit volume bagian gitar anda pada sound system tersebut. karena sekeras apapun anda berusaha memaksimalkan suara gitar di panggung, tetap akan sia -sia jika volume utama audio gitar anda levelnya sedang bahkan rendah pada mixer audio yang terdapat pada sound system. namun sebenarnya ini jarang terjadi. biasanya operator sound system  pada sebuah festival musik adalah sound man yang profesional.

Settingan sound yang baik akan mempengaruhi performance menjadi pede



Itulah beberapa tips dari saya untuk teman - teman sekalian yang bergelut dalam dunia pergitaran. semakin kita memahami secara mendalam sistem audio, maka semakin kecil peluang kita untuk gagal di atas panggung. karen sebagus apapun kita bermain gitar, jika ada orang didepan panggung sambil menunjuk2 sound dan telinganya mengisyaratkan ke kita bahwa suara gitar tidak kedengaran, maka skill steve vai,jimmi hendrik, joe satriani ,yngwie ,maalmstein dll yang akan kita tunjukkan ke juri akan lenyap seketika dipanggung karena masalah sound anda tidak kedengaran.

Semua konsentrasi anda buyar seketika. ini 90% nya adalah kesalahan kita, bukan kesalahan penyelenggara maupun operator sound. karena sebenarnya disitu lah salah satu letak penilaian oleh juri. yang 10 % nya mungkin kesalahan yang tidak terduga, contohnya seperti kabel colokan dipanggung terbakar 2 lobang, sehingga harus  sana cabut sini, pindah sana pindah sini, sehingga berpengaruh terhadap konsentrasi saat setting sound hingga ke penampilan saat berada dipanggung.


(Baca Juga : Tempat Menjual Papan Membuat Box Speaker)

Setiap musisi sebenarnya disarankan untuk bisa setting menyetting, sambung menyembung kabel, dalam sistem audio bila ingin menjadi musisi yang profesional. dan satu lagi, jangan pernah grogi karena grogi akan menghilangkan sesaat 30% ide yang sudah ada dalam pikiran yang akan digunakan untuk setting sound dan performance dipanggung. oke deh, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda rekan - rekan gitaris semuanya. buat yang sudah mahir dan memang piawai boleh di close aja artikel ini.atau kasih tambahan bagi teman- teman yang masih pemula pada kolom komentar.

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

1 komentar so far

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.