Saturday, July 30, 2016

Bus Dari Siantar ke Tarutung

Sebelum berangkat merantau alias masih di kota kelahiran Pematang Siantar, saya dan teman - teman selalu menggunakan sepeda motor saat berpergian ke luar kota. karena menggunakan sepeda motor merupakan sesuatu yang sangat mengasyikkan bila ingin ke luar kota sambil menikmati udara dan pemandangan yang indah sepanjang perjalanan.

Bus Dari Siantar ke Tarutung

Tahun 2009 saya merantau ke Jakarta. disana juga begitu, kemana - mana selalu menggunakan sepeda motor. dua tahun kemudian saya pindah ke bekasi. pernah saya tempuh perjalanan dari bekasi ke bandung dengan menggunakan sepeda motor. berniat ingin menemui teman disana. antara jakarta dan bekasi itu sebenarnya sudah tidak jauh.

Bisa dikatakan sudah hampir tidak ada bedanya alias sudah seperti dalam satu kota. makanya kita sering mendengar JABODETABEK. karena memang ke lima kota ini ibarat kakak beradik yang sudah tidak dapat dipisahkan lagi. pada waktu itu saya tempuh jarak dai bekasi ke bandung sekitar 3,5 jam lamanya.

Angkutan darat di dalam kota yang menghubungkan ke kota lain sudah banyak yang berubah


Lama menggunakan sepeda motor dimana saja berada, ternyata membuat kita lupa bahkan tidak tahu jenis dan nomor angkutan untuk menuju ke suatu tempat. seperti yang saya alami. saat pulang dari perantauan. saya melihat sudah benyak perubahan di kota kelahiran. perubahan itu juga berlaku pada Angkutan/Bus yang digunakan untuk menuju suatu kota dari pematang siantar ke berbagai kota di sumatera utara.

Loket KBT di siantar

Pada saat itu saya hendak ke kota Tarutung. tapi dari parapat, karena sebelumnya saya sudah naik travel dari siantar menuju parapat dan menginap dirumah sahabat saya. yang saya ingat, dulu itu nama bus nya MRT. itu satu-satunya bus yang saya tahu yang bisa ditumpangi dari Siantar melintasi Parapat, Porsea, Balige, Siborong-borong hingga tiba di Tarutung.

Sebelumnya, saat masih disiantar, saya mengira tentu akan gampang saja menemui bus yang akan ditumpangi . waktu itu saya langsung naik angkot menuju terminal Pematang Siantar lalu mendatangi loket MRT. karena memang setahu saya, dulu itu bus tersebut pasti lewat Parapat. akan tetapi ternyata dengar kabar dari orang sekitar, Bus MRT sudah tidak beroperasi lagi. akhirnya saya pilih naik travel saja menuju Parapat tempat sahabat saya.

Besoknya saya pamitan kepada sahabat dan ingin melanjutkan perjalanan. saya tanya bus apa yang harus ditumpangi menuju tarutung, doi bilang naik Tao toba  Indah aja. setelah itu bus yang dimaksud pun lewat, kemudia saya tanya apakah ini bus nyampe ke tarutung. supir menjawab "tidak" bus ini cuman nyampe kota siborong -borong saja.

Memang saya sudah menduga kalau sebenarnya teman saya itu juga bingung bus apa yang ke tarutung. karena di juga sama seperti saya. kemana -mana selalu naik sepeda motor, sejauh apapun jaraknya. dan memang kami berdua belum pernah sebelumnya ke kota Tarutung.

Ketemu bus menuju kota Tarutung


Akhirnya saya menyetop sebuah bus berwarna putih yang tidak bernama, jenisnya Starwagon. pada badan bus tidak tertulis nama atau tujuan apapun. lalu bus berhenti, dan menanyakan kepada saya hendak kemana, saya jawab "ke Tarutung"".. eta ma eta   . . jawab pak supur dengan bahasa batak. sayau pun naik dan ngobrol2 dengan supir.

Saya bertanya ada berapa jenis bus dari pematang siantar ke tarutung. jawab beliau, ada banyak, namun yang saya ingat waktu itu cuman dua saja. yaitu KBT (Koperasi Bintang Tapanuli) serta Palapa. dan info yang paling pentingnya lagi, ternyata loket Bus KBT bukan diterminal siantar seperti yang saya bayangkan bahwa semua loket bus ada disana. ternyata saya salah. Loket pemberhentian Bus KBT ada Di daerah Simpang dua pematang siantar. patokannya timbangan lalu berjalan ke atas sedikit kira-kira 200 meter.

Buat teman2 yang jauh diperantauan dan lama tidak pulang kampung. akan bingung sejenak bila sampai di kampung. karena transportasi juga telah berubah. hal ini merupakan suatu kewajaran. setiap sisi kehidupan ini selalu ada perubahan, apapun itu. yang penting untuk kemajuan provinsi kita. kita turut senang. angkutan lancar, penjualan hasil bumi atau bidang lain pun akan lancar seperti pendidikan dan sebagainya.

Sejujurnya ketika sempat kebingungan nyari Bus ke tarutung kemarin, saya sempat beberapa kali browsing di google, namun hasilnya nihil. belum ada postingan yang menulisakan secara informatif tentang Bus yang bisa di gunakan Dari siantar menuju taruntung. padahal ternyata banyak jenisnya. ya buat kawan -kawan yang punya info lagi tentang bus ke kota lain disumatra utara, ya bolehlah di share disini. biar gak lilu -lilu lagi akka putra dan putri daerah yang sempat lama pergi ke rantau orang.

Begitulah pengalaman saya, semoga bisa bermanfaat untuk kawan -kawan diluar sana. namun bagaimanapun mari kita budayakan bertanya sebelum mengadu ke mbah google. karena aku rasa masih banyak yang mbah google tidak tahu tentang provinsi sumatra utara yang kita cintai ini.

Kemarin itu ketika berangkat dari Siantar memang sangat mendadak sehingga terburu -buru tanpa sempat bertanya ke orang. okelah kuakhiri lah dulu postingan ini. kalok agak marambalangan kalimatku dari awal, mohon maklum lah ya kawan -kawan. Horas dan sukses buat kita semua.

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.