Thursday, July 21, 2016

Hati-hati Gas Elpiji 3 Kg Rawan Meledak Jika Tidak Rutin Melakukan Hal ini!!

Jadi ingat ketika masa kecil. setiap melakukan kegiatan memasak, ibu selalu menggunakan kayu bakar sebagai penghasil api untuk dapat mematangkan segala jenis masakan. kayu dikumpulkan lalu disatukan dalam tungku kecil dan diatasnya diletakkan kuali maupun periuk yang terbuat dari bahan aluminium murni. terkadang terbesit dalam pikiran untuk melakukan hal itu kembali. karena itu merupakan suatu kerinduan dan mengembalikan lagi kenangan semasa kecil.

Tabung gas elpiji ukuran 3 kilogram

Namun sekarang itu sudah tidak mungkin lagi, karena hampir semua rumah sudah tidak dilengkapi dengan lahan kecil yang kosong dibelakangnya. sehingga tidak memungkinkan untuk meletakkan sebuah tungku api beserta kayu bakarnya. sekarang bagian dari masa kecil itu sudah bisa dikatakan punah di perkotaan. kegiatan memasak dengan cara tradisional ini masih dilakukan banyak orang di pedesaan.

Sekarang zaman sudah berubah. semua serba ingin yang cepat tanpa menguras banyak energi dan tempat. untuk memasak kini sudah menggunakan Gas LPG atau elpiji. Hampir semua orang di perkotaan sudah menggunakan gas ini untuk pengapian dalam kegiatan memasak. gas elpiji lebih efisien, hemat waktu dan ramah lingkungan pula.

Jangan anggap remeh terhadap karet berwarna merah yang terdapat ditengah lobang tabung


Tapi bila kita tidak berhati-hati dalam menggunakan Gas LPG, akan berakibat sangat fatal terhadap lingkungan sekitar. gas ini rawan meledak. bila terjadi ledakan, maka akan bisa menggoncang radius satu RT untuk tabung gas berukuran besar yang biasanya berwarna biru.

Tabung gas elpiji 3 kg mungkin kekuatan ledaknya tidak terlalu besar namun juga sangat menyakitkan, sudah cukup untuk meluluh lantahkan sekitar anda dan akan timbul kerugian materi dan korban jiwa. maka dalam penggunaan gas elpiji, diharapkan agar rutin memeriksa karet Seal yang terdapat pada ujung tabung.

Biasanya karet tersebut berwarna merah. sebelum membeli, periksa terlebih dahulu apakah sudah terdapat karet tersebut atau tidak. setelah yakin barulah anda bawa kerumah lalu menyambungnya ke selang penghubung tabung gas menuju kompor. untuk itu anda harus mengetahui bagaimana cara mengganti karet seal gas ini.

Karet seal tabung gas harus benar-benar sehat


Selanjutnya adalah kita harus benar-benar yakin apakah sudah tidak timbul suara "sssssssssssttttssssstt" dari ujung tabung gas. bila masih mengeluarkan suara desis, perbaiki kembali penyambungan. usahakan area sekitar tabung gas dalam keadaan hening agar kita betul - betul yakin suara desis masih ada atau sudah hilang.

Suara tersebut adalah gas yang bocor. karet seal tabung gas lah yang berfungsi sebagai pemblok atau penahan gas yang bocor. oleh karena itu, seal sangat berfungsi sekali dalam menjaga keamanan tabung gas untuk menghindari terjadinya ledakan.

Langkah berikutnya yang penting kita lakukan adalah melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap karet seal. namun perlu di ingat, jangan sesekali melakukan pemeriksaan karet seal dalam keadaan api masih nyala pada kompor. matikan terlebih dahulu api kompor. dan udahakan ambil jarak 2 meter antara tabung dan kompor.

Anda mungkin tidak menyangka karet seal ternyata bisa rusak dan meloloskan sedikit demi sedikit gas ke udara di ruang terbuka. bentuk kerusakan pada karet seal terbilang unik. anda boleh lihat pada gambar di bawah ini. terdapat bentolan pada permukaan karetnya. inilah penyebab lolosnya gas.


Seal tabung gas LPG rusak

Maka dari itu, rajinlah memeriksa karet seal secara berkala untuk keselamatan anda, keluarga, dan orang2 dilingkungan sekitar. bila perlu periksa karet seal tersebut sekali dalam seminggu. dan jangan lupa untuk berhati2 dalam pemasangan kembali selang penghubung gas.

Cara mengganti karet seal tabung gas yang sudah rusak


Ingat, kompor harus dalam keadaan tidak ada api (Mati). cabut karet sealnya, lalu periksa dengan teliti apakah ada bentolan. kalau ada silahkan diganti dengan yang baru. agar gas benar-benar aman dari kebocoran. waspadalah selalu agar semakin meminimalisasi hal yang tidak diinginkan.karena inilah salah satu penyebab utama mengapa gas elpiji mudah meledak.


seal tabung elpiji

Setelah seal diganti dan dimasukkan ke ujung tabung, arahkan penutup selang ke ujung tabung agar proses penyaluran gas bisa terlaksana dengan baik menuju kompor. Dan jangan sampai  lupa untuk memutar dengan pasti engsel pengunci agar selang bisa terhubung dengan baik ke ujung tabung serta tidak menimbulkan suara desis atau gas yang bocor. setelah benar-benar yakin tidak ada suara seperti desisan, maka kompor sudah bisa dinyalakan.

Sudah terlalu banyak kejadian Tabung gas LPG meledak, mari kita berharap agar kejadian merugikan tersebut tidak pernah terulang lagi. rutin dan telitilah dalam memeriksa keadaan barang di rumah kita terutama gas, agar terhindar dari hal yang benar-benar membuat kita menyesal. oke sekian dulu postingan artikel ini saya tuliskan buat anda sekalian. terimakasih atas kunjungan anda ke blog ini.

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.