Saturday, July 30, 2016

Mengatasi Permasalahan Laptop Axioo Clevo

Axioo clevo merupakan laptop yang cukup kuat menurut saya. terbukti sampai saat ini saya masih menggunakan laptop axio clevo M550SE. Model ini termasuk model yang lama yang sudah tidak diproduksi lagi oleh pabriknya. Laptop ini sudah saya pakai hampir 10 tahun dan belum pernah ada masalah hardware. paling chasing nya yang udah mulai uzur, akibat dibawa kesana kemari, banting sana banting sini secara tidak sengaja tapi mesin nya masih kuat sampai saat ini.

Mengatasi Permasalahan Laptop Axioo Clevo

Sangking tua nya, driver untuk mendukung hardware laptop type seperti ini sangat sulit dicari hingga tidak jarang kita lihat banyak type laptop axio clevo yang dijual murah di berbagai pasar loak atau pasar barang second. laptop dengan type yang saya miliki hampir sudah tidak beredar lagi dipasaran.

Menurut saya ada kekurangan yang dimiliki oleh axio clevo model M550SE yaitu masalah dalam kecocokan versi program/aplikasi windows. Jangan sesekali menginstall windows selain XP, bisa sih bisa tapi berdampak pada kecocokan software tambahan yang akan diinstal. karena hampir semua software pendukung hardware axio clevo ini hanya support ke windows XP.

Driver tidak sinkron dengan beberapa OS Windows


Pernah suatu ketika saya install windows 7 dan berhasil. lalu saya instal program seperti office, photoshop, winamp, antivirus, coreldraw dan beberapa aplikasi yang memang bukan pendukung hardware, semuanya normal dan lancar - lancar saja.

Akan tetapi muncul lagi masalah yaitu ketika ingin menginstall aplikasi pendukung hardware. maksudnya ialah aplikasi untuk memfungsikan soundcard (untuk suara), wifi, kamera, bluetooth, memorycard. semua nya gagal. karena ternyata tidak bisa menggunakan sembarang aplikasi yang didownload dari internet. gak bakal bisa alias gak nyambung.

Beda seperti type laptop yang masih banyak beredar dipasaran, banyak aplikasi yang  bisa support atau cocok. nah kalau ke laptop axio clevo apalagi type M550SE atau seangkatannya beda lagi. harus benar-benar original driver/aplikasinya.

Apalah artinya kita menggunakan laptop jika aplikasi atau driver untuk mendukung hardwarenya tidak ada. dan kalaupun ada ternyata tidak cocok dengan windows dan dengan laptop itu sendiri.cara yang paling jitu adalah, kita harus menemukan driver yang memang khusus untuk type laptop yang sedang kita bahas ini.

Tidak cukup disitu saja. untuk golongan axioo clevo, usahakan jangan menggunakan windows 7 atau bahkan windows 8, akan banyak aplikasi driver yang tidak support nantinya. pakailah windows XP saja, karena masih support antara hardware laptop dan software windows itu sendiri.

Solusinya hanya menggunakan windows XP saja


Berdasarkan pengalaman saya. ketika mengembalikan versi windows ke XP, semua driver yang memang sudah ada bawaan dari XP ternyata bisa mensupport hardware tua yang ada pada laptop saya ahirnya cocok dan laptop saya benar -benar tidak ada masalah lagi. walaupun memang ada beberapa driver yang harus saya download dari situs Clevo nya.

Laptop akhirnya bisa mengeluarkan suara. laptop akhirnya bisa bluetooth, kamera pun berfungsi setelah 3 tahun tidak pernah digunakan sejak pakai windows 7. setelah saya ganti ke windows XP laptop saya juga akhirnya bisa wifi. padahal ketika pake windows 7, nyari driver wifi yang bisa support sangat susah sekali sekalipun sudah unduh di website resmi nya.

Tempat untuk mengunduh driver original Clevo


Perlu diingat bahwa bagaimanapun cara kita usahakan melalui control panel , atur sana atur sini, centang sana centang sini, tetap wifi tidak akan bisa berjalan tanpa adanya driver dan windows yang cocok diinstall ke laptop. itulah pengalaman saya saat brsama axio clevo M550SE. mungkin teman teman punya keluhan serupa seperti saya beberapa tahun lalu. anda punya laptop tahun lama seperti punya saya walau beda type tapi tetap axioo clevo pasti bingung nyari drivernya.

Untuk itu saya mau berbagi buat teman yang belum tau dimana nyari link download yang benar benar asli dari produsen pembuat laptop itu sendiri. silahkan didowload aja gan sebelum situs tersebut ditutup. download drivernya di website mereka. tulis saja kata kunci axioo clevo driver, maka akan terlihat Google menunjukkannya pada peringkat atas. saran saya pilihlah driver yang untuk windows XP saja oleh karena itu instal dulu laptop sobat ke Win XP.

Teman - teman tinggal masukkan type atau nomer seri laptop clevo yang dimiliki lalu klik Go. ini khusus laptop Axio clevo. semoga link situs yang sangat lawas ini masih ada dipencarian google, karena memang mengingat laptop type yang dimaksud sudah semakin tidak ada lagi penggunanya. seperti laptop saya ini. tinggal nunggu ajalnya saja. dan tidak akan diproduksi lagi oleh pabriknya.

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.