Saturday, July 9, 2016

Penyebab Motor Mio Mengeluarkan Suara Nyitt atau Kiikk

Sepeda motor adalah salah satu aset yang sangat harus dijaga performa nya. bila motor mengalami masalah, maka kinerja kita akan sedikit terganggu. karena transportasi menggunakan sepedamotor sangat efisien. dimana ketika saat sedang macet, kita bisa nyelip kanan dan nyelip kiri agar dapat sampai ditempat tujuan. 

Coba bayangkan jika pada saat macet berkepanjangan kita menggunakan mobil. bakal terlambat nyampe tujuan. itu sebabnya mengapa pengendara mobil jika harus nyampe ditujuan jam 10, maka harus berangkat jam 8 jika jarak tempuh normal 1 jam bila pengemudinya sudah tahu kalau jalur yang dilaluinya banyak terdapat titik kemacetan.

Penyebab Motor Mio Mengeluarkan Suara Nyitt atau Kiikk

Kembali ke topik pembahasan. salah satu masalah yang paling sering terjadi pada motor adalah terdengarnya suara ngiikk atau kiikk saat motor dijalankan. kita perlu tahu bahwa sebanarnya penyebab timbulnya suara kiikk tersebut dikarenakan adanya komponen atau onderdil pada motor yang memang sudah saat nya buntuk diganti.

Pengalaman ketika motor berbunyi kik


Seperti pengalaman saya beberapa waktu yang lalu. motor mio soul yang saya miliki tetiba sudah mengeluarkan suara ngiikk kiik berulang ulang, namun tetap saya biarkan. ini sengaja saya lakukan untuk mengetahui bagaimana ujungnya, apa yang akan terjadi pada motor saya.

Namun cara seperti saya ini jangan ditiru ya teman - teman. setelah beberapa minggu kemudian timbullah suara yang lebih parah dari sebelumnya. dan suara itu terdengar sampai ke telinga orang yang ada dipinggir jalan. dan sudah jelas saya mendapat malu. . :D . tapi no problem. bengkel ada dimana - mana. untungnya pada saat itu lagi siang bolong. jadi masih banyak bengkel yang buka.

Penyebab motor mio mengeluarkan suara nyitt atau kiikk

Setelah diperiksa ternyata bukan kampas rem yang habis. namun seher yang rusak. kalau didaerah sobat mungkin namanya beda. tapi kalau di jakarta dan sekitarnya disebut seher. pada saat itu saya masih berdomisili di jakarta. lalu abang tukang service membuka seher dan ternyata benar, seher sudah terkelupas. 


Bayangkan besi bisa terkelupas.lalu roler nya pun hampir berserakan semua. penampakannya ada pada gambar diatas. ternyata inilah penyebab suara ciitt ..ciitt.. pada motor saya. suaranya persis kayak tikus atau curut sawah.

(Baca Juga : Motor Tidak Bisa Distarter Jangan Buru-Buru Ganti Aki)

Tak berapa lama kemudian saya langsung minta abang servicenya untuk segera menggantinya dengan seher yang baru. pada saat itu saya ingat harga nya masih 25ribu. motor yang saya gunakan mio soul. setelah seher diganti dengan yang baru, bunyi kiikk dan ngiik sudah tidak terdengar lagi. ternyata penyebabnya adalah seher yang sudah soak. oke itulah pengalaman saya ingin bagikan ke teman-teman semua.

Mudah2an bisa bermanfaat  mungkin diantara teman2 ada yang mengalami masalah yang sama dengan saya. namun saran saya cek terlebih dahulu onderdilnya baru lakukan penggantian. jika ternyata setelah dibuka seher masih bagus, mungkin penyebab suara nyiit nya ada pada onderdil yang lain.

(Baca Juga : Mengapa Mio Nyentak Atau Bergetar Saat tarikan Awal)

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

2 komentar

Spertinya sama saja. Memang di tiap daerah beda penyebutannya ada yg bilang seher, klaher, ada pula yg menyebutnya lahar.

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.