Saturday, August 20, 2016

Cara Jitu Promosi Usaha Di Pinggir Jalan

Dimasa sekarang ini, cari kerjaan termasuk susah, apalagi bagi yang sama sekali tidak punya latar pendidikan di bangku kuliah. jalan satu-satunya adalah dengan membuka lapangan pekerjaan sendiri alias jadi pengusaha. pada umumnya pengusaha kecil sebagai langkah awal. namun tidak menutup kemungkinan bagi yang sudah pernah duduk di bangku perkuliahan dan mendapat gelar sarjana pun mau membuka usaha sendiri karena mungkin saja dari awal sudah minat menjadi pengusaha.

Cara Jitu Promosi Usaha Di Pinggir Jalan

Kita semua tau bahwa jenis usaha itu ada bermacam -macam. mulai dari usaha Pulsa/ponsel, Kuliner, Bengkel, Elektronik, Studio musik, Vermak levis/tukang jahit, Travel, dan masih banyak lagi jenisnya. apapun jenis usahanya yang terpenting adalah promosi dan pelayanannya. masalah harga sebenarnya ada diurutan ke tiga. sebagian besar konsumen tidak terlalu mempermasalahkan harga asal pelayanan, kualitas produk/jasa yang ditawarkan bisa memuaskan mereka. harga boleh mahal sedikit yang pasti harus dibatas kewajaran.

Bicara soal promosi, kita harus tau bahwa penentu keberhasilan suatu usaha adalah promosinya terlebih dahulu. tidak heran bila banyak perusahaan besar yang memang sudah mengadakan anggaran dana untuk promosi produk-produk yang mereka keluarkan ke pasaran. mungkin saja biaya promosi lebih besar daripada biaya produksi barang putaran pertama mereka. artinya bukan biaya produksi keseluruhan sampai suatu barang distop produksinya.

Katakanlah tiap perusahaan memproduksi barang yang satu jenis ada 20 putaran. dalam satu putaran prosesnya bisa memakan waktu kurang lebih seminggu. contohnya shampoo A tiap satu tahap diproduksi sebanyak 200 kardus artinya dalam seminggu, perusahaan bisa memproduksi satu jenis shampoo sebanyak 200 kardus. artinya barang sudah dikepak dan siap dipasarkan.

Bisa kita bayangkan berapa jumlah uang untuk promosi mereka. namun ada beberapa perusahaan yang tidak menggunakan sistem per tahap seperti itu, mungkin dikarenakan sestem mereka berbeda. ini yang dinamakan taktik promo.


Nama usaha atau produk harus bisa dijangkau oleh pandangan orang banyak


Kita kembalikan topik kepada kita sebagai pengusaha kecil. terkadang masih banyak pengusaha kecil yang mengesampingkan sistem promosi yang baik. artinya ialah, tidak antusias melakukan promosi. hanya pasrah mengikuti keadaan. ya kalau ada orang yang datang ya syukur, kalau tidak ada ya sabar aja, paling nanti kalau ada yang datang satu atau dua orang kan bisa promo dari mulut ke mulut.

Memang betul, akan tetapi sekarang zaman sudah berubah, tidak seperti dulu lagi. orang tidak akan mudah untuk datang ke tempat usaha kita jika kita tidak melakukan sesuatu yang berbeda atau melakukan terobosan yang masih dibatas kewajaran.

Cara yang paling mendasar harus dilakukan biasanya membuat plang atau papan iklan kecil berdiri di depan kios atau toko sehingga kita berharap orang yang melintas akan melihat tulisan yang kita cetak pada papan iklan tersebut.

Nah sebenarnya cara jitu yang saya maksud adalah yang barusan, yaitu papan iklan promosi. Zaman memang bisa berubah dengan salah satu senjata ampuhnya yaitu Internet yang didalamnya berbagai situs jual beli. tapi kita harus ingat bahwa tampilan fisik dari usaha kita juga perlu ditunjukkan, karena hal ini merupakan salah satu nilai tambah agar produk/jasa kita bisa tampil meyakinkan dimata para konsumen seandainya memang kita punya akun atau lapak dagang di bebrapa situs online.


Membuat plang nama usaha yang berlampu agar menarik pandangan orang


Berbicara soal fisik tempat usaha, yang dimaksudkan adalah bukan kecil,besar,jelek, atau indah tempat usaha kita. yang dimaksudkan ialah keberadaan toko atau tempat usaha tersebut profesional atau tidak. profesional adalah yang benar2 dikelola seserius mungkin dan menghasilkan produk atau barang yang memuaskan konsumen. namun orang tidak akan bisa mengetahui nya jika memang mereka tidak pernah ke tempat usaha kita. apalagi kalau kita memang orang baru di suatu daerah tersebut artinya gak kenal siapa2, promo dari mulut ke mulut masih kurang efektif.

Cara awal yang kita lakukan adalah seperti yang sudah dituliskan diatas yaitu membuat papan atau plang nama usaha kita beserta produk2 nya. memang agak lumayan bagus sih cara itu. tapi coba kalo malam, akan buram kelihatannya dari posisi orang yang melintas menggunakan mobil atau sepeda motor di tengah jalan. apalagi kan mungkin  diatara pengendara yang penglihatannya agak kurang. dengan hal seperti itu, maka kecil kemungkinan usaha dapat diketahui orang pada malam hari.

(Baca Juga : Huruf Berjalan Atau Led Matrix)

Seberapa efektif papan iklan berlampu


Kita sudah tau bahwa orang paling sering keluar untuk bersantai dan keliling untuk melihat keramaian pada malam hari. biasanya ketika naik kendaraan akan sering melihat kanan kiri. kalau siang hari, kemungkin untuk terlihat tentu sedikit.

Karena kalau siang sebagian besar orang sibuk dan ketika berkendara kan selalu fokus kedepan agar sampai ditempat tujuan, baik itu urusan kerja atau yang lainnya. hal ini harus sudah ada didalam perkiraan kita. cara yang lebih efektif adalah dengan memasang papan atau plang huruf berlampu atau biasanya berwujud neon box yang ketika malam huruf nama usaha tetap terlihat.
               
Namun akhir-akhir ini ada banyak wujud plang iklan berlampu yang bisa kita lihat di toko atau kios di pinggir jalan. ada yang disebut Led Matrix otomatis dan ada pula yang disebut dengan papan Led manual. ditinjau dari segi harga, neon box dan led matrik jauh lebih mahal daripada papan iklan led manual. neon box dan led matrix bisa didesain sehingga mampu bertahan di luar ruangan atau outdoor, sedangkan papan led manual hanya bisa digunakan didalam ruangan.

(Baca Juga : Lokasi Beberapa Toko Sparepart Elektronika Di Kota Bekasi)


Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.