Tuesday, December 6, 2016

Solusi Sitemap Blog Dan Artikel Bermasalah Ketika Submit Ke Webmaster Tools

Pada pembahasan kali ini, saya akan menjelaskan mengapa terjadi sitemap yang error atau artikel tidak bisa disubmit secara sempurna ke Webmaster Tools. masalah itu terjadi karena url dari blog atau website tidak dapat diterima oleh Webmaster Tools itu sendiri karena tidak sesuai dengan pengaturan yang ada pada hosting website atau akun Blogger.


Atasi Sitemap dan Artikel bermasalah Ketika Submit Ke Webmaster Tools

Hal eror seperti pembahasan kali ini sering terjadi pada blog yang sudah diupgrade domainnya atau sudah menggunakan domain khusus seperti com, net, id dan yang lainnya. bila blog masih menggunakan domain gratisan seperti Blogspot, tentu hal ini akan jarang terjadi, karena pada akun blogger untuk domain Blogspot itu sendiri terdapat dua pengalihan kode protokol yaitu http dan https.


Bagaimana sikap Blogspot tentang kode protokol domain TLD



Bila kita mengupgrade blog ke domain khusus dengan masih menggunakan hosting dari blogger, maka domain atau blog kita tidak akan bisa diakses menggunakan HTTPS. karena akun Blogger sendiri telah mengatakan bahwa pengalihan HTTPS saat ini tidak tersedia untuk domain khusus. sobat bisa lihat di menu setting di akun blog. ini bukan kesalahan penyedia domain khusus. tapi ini sudah keputusan dari pihak pemilik Blogspot yaitu Google.

Kegagalan saat submit sitemap dan artikel ke webmaster tools

Itu berarti bahwa ketika menulis alamat url blog atau website di google menggunakan https, maka blog tidak akan bisa tampil. bisa anda buktikan sendiri. tapi dengan adanya kebijakan google tersebut, kita tidak perlu khawatir. karena blog akan tampil walau hanya menuliskan example.com lalu www.example.com atau http://www.example.com. nah bila kita sudah mengerti sampai disini, sudah seharusnya kita tahu apa penyebab artikel atau sitemap atau bahkan ketika verikiasi selalu gagal atau eror saat ingin submit ke Webmaster Tools. perhatikan gambar dibawah.

Gagal submit sitemap dan artikel ke webmaster tools


Penyebab gagalnya verifikasi blog ke Webmaster Tools 


Ini sering terjadi ketika sudah mengganti domain dari yang gratisan ke domain berbayar, sementara untuk submit yang benar ke Webmaster harus mengikuti peraturan yang ada pada hosting blog atau website itu sendiri. mungkin bila kita menggunakan hosting yang bukan dari blogspot, tidak akan terjadi masalah eror seperti ini. namun karena faktor ekonomi dan  hal lainnya, ya terpaksa deh tetap memilih hosting di blogger, contohnya seperti saya ini.

Mau tidak mau ya harus menuruti ketetapan Google pemilik Situs Blogspot tentang kebijakan pengunaan kode protokol. bila upgrade domain maka kita hanya bisa menggunakan metode HTTP saja apabila ingin menggunakan hosting blogger.

Penyebab utama gagalnya submit blog, website serta artikel maupun sitemap adalah dikarenakan kesalahan dalam menuliskan kode protokol HTTP atau HTTPS saat pertamakali mendaftarkan blog atau website ke Webmaster tool. untuk domain khusus, harus menggunakan HTTP saat mensubmit domain blog kita.

Bila hal pertama ini saja kita sudah salah, maka dipastikan saat verifikasi maupun submit artikel dan sitemap akan mengalami kegagalan. jika ini terjadi maka jangan harap website cepat terdeteksi saat orang ingin mengetik kata kunci untuk mencari informasi dari artikel di Google.

Gambar diatas merupakan penampakan verifikasi yang gagal saat mensubmit website ke Webmaster Tools. sobat tetap akan bisa masuk ke akun webmaster dan memasukkan link artikel serta sitemap, tapi Google tidak akan meresponnya. karena menurut permintaan mereka, kita harus menggunakan protokol HTTP pada website yang sudah upgrade domain atau istilahnya menggunakan domain khusus seperti yang sudah dijelaskan diatas.


Permasalahan Sitemap yang error ketika disubmit


Pesan gagal yang paling membuat bingung adalah saat mengetikkan www.example.com/sitemap.xml ini tidak berhasil, ada pesan error yang muncul. padahal sebelum domain di upgrade atau ketika masih pake domain gratis Blogspot tidak ada masalah. ini yang membuat kita bingung. ya penyebabnya ialah karena hal yang sudah saya sebutkan diatas tadi.

error saat mengirim peta situs

Diatas adalah gambar pertanda bahwa sitemap tidak bisa di submit alias error. inilah dampak dari kesalahan penulisan kode protokol pada url website atau blog. mungkin bila masih menggunakan domain gratisan, masalah HTTP atau HTTPS tidak akan terlalu di permasalahkan oleh pihak Webmaster. menggunakan yang mana saja boleh dan akan tersubmit sempurna.

Cara utama yang harus dilakukan agar semua masalah beres



Cara yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan diatas adalah sebagai berikut. masuk ke Webmaster Tool, lalu klik Add A Property lalu akan muncul kolom isian seperti gambar dibawah ini. lalu isikan url website yang sudah anda upgrade domainnya. memang terlihat sepele namun dampaknya akan sangat besar.
memasukkan website ke webmaster tools

Setelah melakukan cara diatas, maka yang anda harus lakukan adalah memverifikasi atau istilahnyamemberi bukti bahwa domain yang anda kaitkan atau submit di Webmaster tadi adalah domain dari akun blog anda, contohnya akun blogger. caranya akan ditunjukan oleh Webmaster. pilih Tag html, copy lalu pastekan ke html template blog, tepatnya dibawah kode <head> . kemudian simpan, lalu balik lagi ke webmaster, klik verifikasi dibawah yang bertombol merah.

Setelah itu, anda akan merasa senang bahwa Webmaster mengatakan bahwa verifikasi sukses. setelah masalah ini bisa diatasi, maka tidak akan ada lagi masalah lain yang muncul. Submit artikel dan sitemap akan berhasil. coba saja dengan cara http://www.contoh.com/sitemap.xml. pasti berhasil. semua jumlah artikel anda akan berhasil terdeteksi. seperti gambar dibawah ini.



mengirim sitemap berhasil ke webmaster tool


Perlu diingat, sebelum mengirim sitemap website anda, terlebih dahulu submit semua artikel yang anda di blog ke bagian Fetch as Google yang ada pada Webmaster Tools. setelah itu baru anda bisa mengirimkan peta situs atau sitemap dengan mengetikkan url blog yang susunannya seperti yang dituliskan diatas. lihat menu Crawl lalu pilih sitemap/ peta situs. maka akan tampak kolom pengisian url sitemap. sekian dan terima gaji, eh salah, maksudnya terimakasih.

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.