Tuesday, December 6, 2016

Mengapa Motor Mio Nyentak Atau Bergetar Saat Tarikan Awal

Para pengguna motor mio soul yang lebih dari 3 tahun pasti akan mengalami masalah tarikan pada motor. yang paling sering terjadi adalah, motor bergetar dan menyentak tersentak bila tarikan berada saat kecepatan rendah atau tarikan awal. tapi ketika sudah berada pada kecepatan 30 keatas, tarikan motor terasa normal alias tidak nyentak lagi. hal ini tentunya membuat kita tidak nyaman. bila dibiarkan terus menerus akan berpengaruh buruk pada seluruh komponen yang ada di blok CVT motor mio.

Mengapa Motor Mio Nyentak Atau Bergetar Saat Tarikan Awal

Banyak pengguna motor tidak mengerti mengapa hal itu bisa terjadi dan asumsi pun datang beraneka ragam baik itu dari teman, saudara bahkan istri.dan yang bikin jengkel bila satupun dari asumsi mereka tidak ada yang tepat.  tapi gpp yang penting curhatan anda udah ditanggapin. yang harus anda lakukan adalah mencari informasi seputar penyebab motor anda sampai benar benar yakin membawanya ke tempat service.

Tarikan motor terasa tersendat dan tersentak


Tapi sebelum membawanya, saya mau kasih tau hal yang pasti penyebab motor selalu terasa menyentak saat start pertama atau saat kecepatan rendah. itu penyebabnya adalah kopling kampas ganda yang ada blok CVT udah soak dan harus diganti. gambar dibawah ini adalah salah satu bagian yang terdapat kampas kopling ganda yang dimaksud.

Saya pernah mengalami masalah tarikan motor seperti yang dijelaskan diatas. rasanya sungguh menyebalkan,  bikin gak nyaman saat berkendara. motor bergetar bahkan nyentak saat akslerasi atau tarikan awal. akhirnya saya betulin sendiri dengan cara mengganti kampas ganda yang ada di blok cvt dan setelah itu motor saya pun normal kembali tarikannya.

Bagi anda yang belum cukup pengalaman ngoprek motor, jangan sesekali mencobanya seorang diri. kalaupun ingin mencoba tentunya harus didampingi orang yang mengerti kerusakan motor. terkecuali bila anda nekat dan berani menanggung resiko dan peralatan yang disediakan harus lengkap.

Hal yang paling sulit adalah ketika ingin mengganti kampas ganda, membuka atau melepas kampas ganda. ini terbilang sangat sulit karena ada baut pengunci yang agak besar dan gak cukup cuman punya kunci saja untuk membukanya. harus ada alat tambahan yang hanya service profesional yang tau. bila kita mencoba mengerjakannya sendiri, yang ada kita akan kebingungan nyari alat untuk membuka.

Problema membuka kampas lama pada motor Mio


Karena kebanyakan service profesional membukanya menggunakan alat pembuka baut besar. Ini tampak membingungkan. apalagi motor udah keburu dibuka semuanya, pengen bawa ke tukang service udah nanggung. udah sempat nyemplung di air ya harus basah sekalian lah , sambil mikir2, nyari ide gimana cara alternatif membuka baut besar agar bisa mengganti kampas ganda yang ada didalamnya.

penyebab motor mio nyentak atau bergetar

Pengalaman saya beberapa waktu yang lalu membuka kampas kopling ganda motor mio soul saya sendiri tidak perlu membuka baut besar yang ada pada posisi depan. saya cukup melepas penyangga kecil berwarna hitam yang ada pada tiap susunan kampas gandanya, jumlahnya ada tiga. saya congkel pelan2 dari samping mengunakan obeng kecil.

(Baca Juga : Motor Tidak Bisa Distarter Jangan Buru-Buru Ganti Aki)

Hati hati agar tidak patah. lalu per hitam juga saya cabut. dengan ini maka kampas kopling ganda yang lama bisa saya lepas dan menggantinya dengan yang baru. cara ini sudah saya lakukan sendiri dan terbukti berhasil. perlu diingat ketika sudah selesai memadang kampas ganda, harap perhatikan semua penguncian pakah masih ada yang kendur.

Bila masih ada yang kendur, kuncilah sekuat mungkin agar nantinya tidak berpengaruh terhadap tarikan motor. sediakan kunci yang lengkap sebelum melakukan perbaikan atau penggantian kampas ganda. oke sekian dulu postingan ini saya tuliskan, mudah - mudahan bisa bermanfaat buat teman teman semua. Salam.

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait