Monday, January 30, 2017

5 Produk Musik Anak Bangsa Yang Diakui Dan Dipakai Oleh Musisi Terkenal Tanah Air

Musik adalah suatu seni yang tak ada habisnya untuk dibicarakan. Seni yang satu ini bisa mengungkapkan semua perasaan manusia mulai dari yang sedih sampai gembira. Banyak lagu-lagu yang sudah tercipta dan memiliki makna perasaan tersendiri bagi setiap orang. Contohnya saya, bila mendengar lagu slank maka akan teringat masa sekolah yang bahagia.

Musisi adalah orang yang bergelut dibidang musik dan bahkan tidak sedikit yang menyandarkan hidupnya pada Musik. Ini suah merupakan mata pencaharian banyak musisi. Setiap orang suka mendengarkan musik, tergantung selera musik masing-masing. Ada yang suka dangdut sampai underground, terkadang mendengarkan musik tergantung suasana hati.

Tanpa alat musik, tentu akan sulit untuk menciptakan lagu atau bahkan sekedar memainkan suatu lagu. Selain instrument, perangkat pendukung lainnya pun sangat diperlukan agar bermain musik terasa menyenangkan. sampai sekarang ini masih banyak musisi dalam negeri yang menyukai produk buatan luar negeri, karena memang kualitasnya mumpuni walaupun harganya terbilang mahal bagi anak indonesia.

5 Produk Musik Anak Bangsa Yang Diakui Dan Dipakai Oleh Musisi Terkenal Tanah Air

Beberapa tahun belakangan ini telah bermunculan banyak karya anak bangsa khususnya dibidang alat musik dan pendukungnya. Kualitas yang dihasilkan tidak kalah dengan buatan made in luar sana. Ini merupakan kabar baik sekaligus suatu kebanggaan bagi kita. Karena selain dapat menambah lapangan kerja, para musisi tidak harus membeli produk luar yang mahal itu.

Belilah produk buatan dalam negeri agar negara ini semakin maju. Bila banyak rakyat indonesia hanya doyan beli dari luar negeri, maka negara sana yang kaya. Terkecuali barang tersebut memang tidak ada dan tidak bisa dibuat oleh indonesia maka sah-sah saja bila ingin order dari luar. Namun para pembuat produk dalam negeri juga harus bisa semakin mempertajam kualitas, gimana mau beli dalam negeri kalau kualitas kurang.

Lima produk yang akan saya bahas disini adalah karya anak bangsa yang sudah teruji kualitasnya, terbukti dengan adanya beberapa artis musisi yang menggunakannya. Sepertinya musisi ternama itu sudah jadi tolak ukur untuk membuktikan kualitas barang musik yang diproduksi oleh para master di tanah air kita yang tercinta ini. Karena bila sudah ada artis atau musisi yang menggunakannya, maka otomatis musisi yang belum terkenal bahkan yang baru belajar musik pun akan menjadikan barang tersebut sebagai rekomendasi dan patut dibeli. Baiklah akan kita bahas satu persatu.


1. IRO Designed 


Industri yang memiliki nama keren ini memproduksi strap gitar bercorak batik. Mungkin masih ada yang belum tau apa itu strap gitar. sebenarnya hanya penyebutannya saja yang bikin bingung. Strap artinya mengikat. jadi disini maksudnya ialah pengikat agar gitarnya bisa digendong haha. IRO Designed didirikan oleh seorang anak bangsa yang berbasis di daerah istimewa Yogyakarta yang bernama Kelvin H Hutomi. Pupun mantan gitaris Kapten menggunakan strap gitar bercorak budaya indonesia ini yaitu corak batik. Mungkin beberapa musisi lain juga sudah menggunakannya. 


2. Sugar Amps


Industri anak bangsa yang satu ini memproduksi Ampli gitar. Biasanya ampli gitar yang beredar di indonesia adalah merk luar negeri. Kali ini kita bisa bangga karena sudah bisa beli ampli berkualitas tanpa harus membeli buatan luar. Terbukti bahwa ada beberapa musisi ternama yang menggunakan ampli ini yaitu Cella dari band Kotak. Buluk gitaris dan vokalis SuperGlad juga kabarnya telah menggunakan ampli berkarakter ini sebagai pendukung kreatifitas musiknya. 

Tak ketinggalan gitaris berkarakter blues nyentrik kebanggaan indonesia yang sudah melanglang buana di panggung internasional yaitu Rama Satria Claproth juga menggunakan ampli Sugar karya anak bangsa. Mungkin masih ada dan akan terus bertambah pengguna ampli ini. Desain dan strukturnya tidak kalah dengan buatan luar sana. 


3. 3D Music Case


Bila sobat punya gitar dan efeknya serta sering dibawa manggung kemana-mana tentu tahu apa yang dibutuhkan untuk melindungi perangkat musik kesayangan anda dari benturan atau bahan dari tangan jahil orang lain. Jawabnya tentu Hardcase, benda ini termasuk unik dari segi prakata keras bila dilihat dari luar, namun didalamnya lembut sekali. Ini benar karena yang namanya hardcase, bagian dalamnya harus lembut agar gitar atau apapun alat kesayangan kita bisa terjaga dari benturan dan hal yang lain yang tidak diduga-duga seperti tersiram air dsb.

3D Music Case ini berbasis di Tanggerang memproduksi Hardcase apapun sesuai pesanan anda selama masih dibatas kemampuan. Jangan pula sobat memesan hardcase untuk manusia, itu jelas mereka tidak bakal mau membuatnya terkecuali kalian memberi Cost yang tinggi haha. Katakanlah seperti hardcase keyboar, gitar, bass, efek, biola dan masih banyak lagi yang masih mereka mampu untuk membuatkan Hardcasenya. Oh ya dari tadi ane ngomogin hardcase. jangan Salah tanggap dulu sobat.  Mereka juga bisa bikin semi hardcase ataupun hanya sekedar Softcase, tergantung order dari pelanggan.

Selain mahir dalam merancang, Industri rumahan inipun piawai dalam memberikan desain yang bagus sama persis seperti buatan mesin pabrik. Padahal semua Case yang diproduksi murni tenaga yang diberikan Tuhan yaitu Tangan dan sedikit kuda-kuda mengatur posisi kaki agar tercipta suatu karya anak bangsa yang membuat negara ini semakin bermartabat.

Orderan dari kalangan musisi ternama yang masuk dalam daftar karya anak bangsa ini sudah lumayan banyak. Salah satunya Gerald situmorang, agar lebih mengenalnya, musisi inilah yang mengisi gitar akustik di lagunya Monita Tahalea yang berjudul Memulai Kembali. Telah banyak musisi terkenal yang sudah menggunakan produk ini. Sobat bisa intip di akun sosial media mereka.


4. Rick Hanes


Salah satu nama yang telah mengharumkan nama Indonesia ialah Rick Hanes, bergerak dibidang pembuatan alat musik Gitar dan Bass. Produk anak bangsa ini tidak hanya diakui di alam negeri melainkan di luar negeri. Gitaris ternama seperti Cella dari Kotak, Balawan, Iman dari J-Rocks, Ovy dari /rif, Irul dari Five Minutes dan seorang legenda Jazz indonesia Mus Mujiono. Mungkin masih ada beberapa gitaris lainnya yang bakal nyusul sesuai ketertarikan mereka. 

Sedangkan diluar negeri, Gitaris yang menggunakannya ialah Michael Abdow ari Band Metal terkenal di Amerika 'Fates Warning' kemudian Christ Bickley yang juga gitaris asal Amerika. Ada juga Tore Moren gitaris asal Norwegia dan Faiz Godoy gitaris dari band Metalcore asal Malaysia 'Massacre Conspiracy'.

Gitar berkelas internasional ini pernah meraih penghargaan Guitar Of The Year pada tahun 2012. Didirikan oleh seorang pengusaha yang juga gitaris yaitu Doddy Hernanto dan berbasis di Provinsi Jawa Timu, Kabupaten Sidoarjo, Kota Sidoarjo. Selain berkualitas super, gitar ini juga dibandrol dengan harga yang sesuai dengan kualitas dan terjangkau. 


5. fmpedals


Sebenarnya banyak pembuat efek gitar di tanah air kita dan kualitasnya berbeda-beda pula. Menurut ane fmpedals punya karakter tersendiri dari dari kualitas apalagi desainnya. Ridho Hafiedz, gitaris band sangat luar biasa terkenal diindonesia yaitu 'Slank', telah menggunakan efek gitar ini dan masih banyak lagi gitaris nasional seperti Denny Chasmala, Eross Chandra dan mungkin masih akan ada gitaris lainnya yang ingin segera memiliki efek buatan anak bangsa ini.

Dari info yang saya dapatkan, produk efek ini berbasis di kota patriot yaitu Bekasi. Dari pembuatan PCB, desain dan part komponennya, fmpedals menggunakan sparepart elektronik yang berkualitas. Desain chasing box nya juga sangat unik, belum dimiliki oleh efek manapun didunia ini.


Produk yang selalu muncul di permukaan


Itulah beberapa produk anak bangsa yang tidak kalah kualitasnya dengan buatan luar negeri. Sebenarnya masih banyak produk anak bangsa yang juga berkualitas yang belum sempat dibahas pada artikel ini. Namun kelima produk inilah yang paling sering muncul di permukaan. Karena apa? menurut ane mungkin disebabkan oleh langkah promo jitu yang dilakukan oleh CEO produk itu sendiri, salah satu contoh dengan mengendorse para artis untuk memakai produk buatannya, dengan catatan si artis itu juga harus benar-benar menyukai produk tersebut tanpa murni dari dalam hatinya sendiri.

Untuk produk lain selain dalam lingkaran musik mungkin bisa saja si artis diendorse walaupun tidak suka akan produknya demi bayaran yang didapat oleh artis tersebut. tapi untuk bidang musik hal itu sama sekali tidak berlaku.  Disini yang berfungsi sebagai patokan ialah hati pengguna baik itu yang diendorse maupun yang murni sebagai konsumen atau pembeli. Mengapa saya katakan sering muncul dipermukaan, karena memang kelima produk ini yang paling sering dibahas oleh para netter musisi di berbagai sosial media, bahkan sudah banyak di order.

Bila ada seorang figur atau musisi terkenal yang menggunakan suatu produk musik, maka musisi yang lainnya juga kebanyakan akan tertarik untuk membelinya walaupun ada sebagian kecil yang tetap saja tidak tertarik. Ini sudah menjadi kodrat manusia, dimana akan ada rasa bangga dan senang bila menggunakan produk yang juga dipakai oleh orang-orang terkenal. Inilah cara marketing yang dipakai oleh suatu produk untuk bisa mendongkrak penjualan agar perusahaan bisa tetap bertahan dan berkarya untuk menciptakan produk terbaiknya.

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.