Sunday, January 29, 2017

Kesalahan Yang Terjadi Saat Transaksi Barang Online Non COD

Semua orang pada dasarnya hobi berbelanja bila uang yang dimilikinya cukup. Sekarang ini sedang hitsnya berbelanja melalui media online yang didukung oleh beberapa situs jual beli sebagai penghubung antara pembeli dan penjual. keuntungan yang didapat melalui belanja online ialah pembeli bebas menemukan barang yang ia sukai tanpa takut kehabisan stok dan harganyapun bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Kesalahan Yang Terjadi Saat Transaksi Barang Online Non COD

Terkadang ada suatu barang yang kita inginkan namun sama sekali tidak tersedia di toko-toko yang ada di suatu kota, padahal kita sangat membutuhkan barang tersebut. solusinya ialah mengorder barang kepada penjual yang ada diluar kota yang kebetulan menyediakan produk yang kita inginkan. Namun akan timbul keraguan saat ingin transfer duit terlebih dahulu karena tidak mengenal si penjual dan tidak ada jaminan uang kembali bila barang ternyata tidak kunjung tiba.

Untuk mengatasi masalah tersebut, di indonesia telah berdiri beberapa situs jual beli yang memberikan jaminan uang kembali kepada pihak pembeli bila seandainya barang tidak sampai atau katakanlah terjadi penipuan. Sipembeli tidak perlu khawatir karena uang yang ditransfer tidak langsung jatuh ke rekening sipenjual melainkan ditahan terlebih dahulu oleh managemen situs jual beli tersebut.

Artikel ini saya tulis guna untuk memberikan gambaran bagi anda agar tidak tertipu ketika melakukan pembelian barang secara online. Anda juga tidak perlu bimbang dan ragu saat melakukan transaksi online. Kita sebagai konsumen harus benar-benar mempelajari tips yang aman untuk berbelanja secara online.


Apa bukti agar kita percaya kepada situs jual beli tersebut?


Sebenarnya hal ini tidak perlu ditanyakan lagi dan tidak perlu ada keraguan bagi kita ketika uang yang ditransfer ternyata masuk ke rekening management situs tersebut. Karena tidak mungkin bagi mereka untuk membohongi uang yang kita kirim yang bagi mereka jumlahnya tidak seberapa. coba bayangkan, situs onlien non COD diindonesia itu pendapatannya satu hari akan membuat mata kita terbelalak. tentunya uang yang mereka dapatkan bukan dari hasil membohongi uang kita sebagai pengguna situs. Income mereka mencapai ratusan juta/hari, ya ratusan juta. cobalah browsing untuk mengetahui kebenaranya.

Orang dibalik situs itu merupakan pakar profesional yang beradab. Mereka mendirikan itu sudah bisa menjamin bahwa kinerja mereka profesional dan memberikan kemudahan bagi pengguna atau user tanpa sedikitpun membebani pengguna. keuntungan mereka pastilah sudah sebanding dengan kegigihan dan kegagalan yang pernah mereka terima. sebelum berdiri, situs online itu mengalami banyak rintangan yang akan membuat kita menangis bila mendengarnya. 


Belanja Via online tidak selamanya berjalan mulus


Pendapat seperti ini saya setuju, tapi saya tidak setuju bila pandangan seperti itu membuat orang menjadi takut berbelanja online. tidak perlu takut. karena uang dijamin kembali bila sipenjual ternyata penipu. Ini sudah saya alami beberapa kali dan terbukti uang saya kembali. Dengan catatan rajinlah melihat akun anda di situs belanja tersebut. Disana akan tercatat data-data ketika berbelanja.Semua proses dari awal sampai akhir tercatat diakun.

Melalui akun ini pula kita melakukan pengaduan ke situs tersebut bila seandainya barang tidak sampai. Janfan langsung mengklik tulisan Konfirmasi bila barang anda belum sampai. Dan sebenarnya pihak situs juga tahu apakah barang sudah dikirim atau tidak. mereka bisa tahu melalui input nomer resi yang dilakukan penjual. bila sipenjual tidak mencantumkan nomer resi, maka sistem situs menganggap bahwa transaksi itu gagal. biasanya ada selang waktu yang diberikan oleh situs, bisa tiga sampai lima hari. bila lewat, maka transaksi gagal dan uang anda kembali ke akun anda sendiri yang nantinya bisa di transfer dengan mudah ke rekening.

Mungkin masih banyak cara situs mengetahui proses kinerja penjual melalul sistem mereka, untuk saat ini, berdasarkan pengalaman saya, yang saya tahu cuman dari sisi input resi. cara laiinya saya kurang tau barangkali itu rahasia situs itu sendiri.agar tidak gampang dikelabui oleh penjual yang nakal diluar sana.

Bila ternyata barang yang diinginkan tidak sesuai dengan yang sampai kepada kita, maka bisa diajukan pengaduan ke pihak situs. Oleh karena itu jangan langsung mengklik Konfirmasi bila barang belum sampai dan belum anda buka isinya. klik konfirm setelah anda tahu apa isinya dan sesuai. Disinilah lakukan pengaduan supaya uang jangan langsung ditransfer oleh situs ke rekening sipenjual.


Kesalahan yang mungkin timbul bila berbelanja online non COD


Kita tahu bahwa tidak ada manusia yang sempurna. saya katakan seperti itu karena memang kesalahan yang timbul dalam transaksi adalah diakibatkan oleh kesalahan manusianya, bukan sistem situsnya. Seperti yang saya katakan tadi bahwa pendiri situs tersebut merupakan orang-orang handal, jenius dan rendah hati serta mempunyai pemikiran luas kedepan. sebelum mendirikan sesuatu, mereka sudah terlebih dahulu memikirkan apa hal negatif yang mungkin terjadi, agar bisa ditemukan penangkalnya saat itu juga, maka barulah mereka berani meluncurkan situs tersebut.

Namun walaupun terjadi kesalahan dari sistem, itu jarang terjadi dan bisa dikatakan kesalahan transaksi karena sistem gangguan mungkin hanya sekali atau dua kali. tapi tidak sampai mengakibatkan hal fatal. dan bisa saja karena memang koneksi jaringan internet kita yang lelet. Maka dari itu segerlah benahi terlebih dahulu jaringan internet kita, barulah melaukan belanja online.

Menurut pegalaman saya ketika berbelanja online yang sudah saya lakukan lebih dari 30 kali, inilah beberapa kesalahan yang sering terjadi saat membeli atau transaksi barang secara online bukan COD. Kalau cod mungkin tidak akan telalu ribet karena langsung ketemu tatap muka atara kedua belah pihak. Kebanyakan para pelapak di situs online selalu memberikan yang terbaik. 

Namun walaupun begitu pastilah kesalahan yang mungkin tiak terlalu fata akibatnya tapi bila sering-sering terjadi, maka bisa bikin pusing tujuh keliling. Ini penting kita ketahui barangkali diantara pembaca sekalian ada yang berstatus sebagai pembeli dan penjual. Saya sendiri berstatus keduanya.


1. Pembeli melakukan order barang tanpa membaca Deskripsi dan Catatan.


Ini maksudnya ialah sebelum membeli barang harus terlebih dahulu membaca deskripsi dan catatan yang ada dibawa foto barang yang ingin kita beli. Ketika barang sudah sampai dan tidak sesuai keinginan, padahal sebelumnya sudah ada catatan yang tertera dibawah foto, maka akan terjadilah kesalahfahaman pembeli sehingga memberikan feedback negatif terhadap lapak sipenjual. dan akhirnya orang akan ragu membeli barang ke sipenjual tersebut.

Feedback negatif yang kita berikan tidak akan pernah bisa dihapus oleh sipenjual, sekalipun kita menuliskannya pada lapak miliknya. yang berha menghapusnya ialah anda dan sistem itu sendiri. kasihan si penjual. Maka dari itu jangan langsung memberi feedback negatif sebelum kita melirik apa kesalahan kita.


2. Penjual salah mengirimkan barang kepada pembeli.


Penjual seperti ini sudah tentu akan mendapatkan feedback negatif. Karena tidak seorang penjual pun didunia ini yang membuat catatan Bila ada kesalahan pengiriman barang harap maklum. Siapapun anda sebagai pembeli tidak akan setuju dengan catatan seperti itu. Saat barang diterima maka pembeli akan kebingungan, ini barang kalau dibiarkan tetap ditangan salah, kalau mau dikembalikan juga salah.

Sudah jelas akan serba salah, karena begini. Pembeli sudah menunggu dengan sabar, dan ketika orderan tiba ternyata salah. apakah pembeli mau menunggu lagi?. kan menunggu pekerjaan membosankan. Dan ketika harus mengirimkan barang tersebut, apakah sipenjual mau menanggung ongkir dan kerusakan yang terjadi saat pengembalian barang dari pembeli ke penjual?

Nah yang begini saja pasti akan membuat otak kita ribet, apalagi kerjaan atau urusan bukan cuman itu aja. ditambah lagi letak ekspedisi jauh dari rumah dan kendaraan tidak ada atau sedang dipakai ortu sampai sore, wahh pusing kan. Ya kita harus dengan berat langkah menuju pihak pengiriman atau ekspedisi yang disebabkan bukan karena kesalahan kita sebagai pembeli. dan barang salah itu dikembalikan lagi. itupun kalau kita memang berjiwa besar. Memang benar, tidak ada manusia yang luput dari kesalahan. tapi cukup satu kali saja, kesalahan jangan diulang lagi.


3. Pembeli tidak melalukan konfirmasi penerimaan barang yang sudah sesuai. 


Seperti yang saya tuliskan diatas, saat barang datang, buka, periksa lalu jika sesuai dan puas, maka lakukanlah konfirmasi pertanda bahwa anda telah menerima barang pesanan anda dengan membuka kembali akun lalu buka transaksi dan beritahukan bahwa pesanan anda telah sampai dan anda puas, klik konfirm lalu berikan feedback. Jika tidak melakukannya, maka jangan heran jika suatu saat kita tidak akan dilayani lagi saat ingin membeli ke dia. 

Biasanya penjula seperti ini akan menuliskan hal tersebut pada catatan penjual yang sudah tertera dibawah deskripsi barang pada situs. Sebenarnya ada beberapa bahkan banyak pelapak yang menerapkan sistem seperti ini. tidak dilayani lagi saat tidak mengkonfirm. Ini karena memang mereka butuh perputaran modal yang cepat, sehingga butuh konfirm yang cepat saat barang tiba, agar uang bisa ditransfer oleh situs keada mereka sebagai penjual. Merakapun butuh waktu maksimal 24 jam untuk bisa memperoleh uang hasil jual barang mereka yang ditahan sementara oleh situs.

Itulah beberapa kesalahan yang terjadi ketika transaksi online, bukan tidak mungkin terjadi hal seperti itu karena kita ini manusia tidak luput dari kesalahan. Namun ada baiknya kesalahan itu dikikis jangan dibiarkan bersarang dalam kepala kalau kita ingin maju. Mari saling mendukung antara pembeli dan penjual dengan menerapkan sistem lo untung gw untung, lo salah gw tegur, lo tegur gw terima. Nah kalau seperti ini perdagangan indonesia akan semakin maju seperti negara maju diluar sana maka indonesia akan bisa bangkit dari keterpurukan, karena lintasan dagang sudah tidak terhalang oleh jarak. Aceh sampai papua sudah bisa transaksi barang secara online.

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.