Wednesday, January 18, 2017

Tips Join Bisnis Agar Usaha Anda Bisa Berkembang

Dalam hidup ini berbagai cara dilakukan orang untuk dapat memperoleh uang demi memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Ada yang memutuskan untuk bekerja di perusahaan milik orang lain bahkan ada juga yang senang berusaha dengan membuat lapangan pekerjaan sendiri, artinya tidak bergantung pada orang lain. Gagal atau sukses ditanggung sendiri.


Tips Join Bisnis Agar Usaha Anda Bisa Berkembang

Berbicara mengenai usaha atau bisnis, sangat identik dengan orang yang tak kenal menyerah dan memiliki mindset serta management keuangan yang baik, jika belum memiliki dasar utama tersebut maka akan sulit untuk menjadi pengusaha yang akan sukses di kemudian hari. Tiap usaha harus dibarengi dengan kata tidak kenal menyerah apabila gagal., mindset atau pola pikir juga sangat mempengaruhi berkembangnya usaha yang digeluti

Pentingnya management atau pengaturan keuangan merupakan pondasi berdirinya bisnis. Modal sekecil apapun jika didasari money management yang baik maka dengan cepat usaha yang dirintis akan mengalami kemajuan. Sebaliknya sebesar apapun modal yang dimiliki, jika tidak didasari oleh money management yang baik, usaha akan sulit mengalami perkembangan.

Kita mungkin selalu mencari cara bagaimana agar usaha bisa berkembang. Salah satu hal yang perlu kita ketahui agar perusahaan sederhana bisa mengalami kemajuan yang pesat adalah melakukan join bisnis dengan orang lain yang juga mengeluti suatu usaha baik itu dibidang yang sama maupun bidang yang berbeda.


Beberapa tips join bisnis yang bisa menguntungkan 


Didunia ini tidak ada suatu perusahaan yang bisa berdiri sendiri tanpa adanya kerjasama yang baik dengan perusahaan adau instansi lain. Kecil atau besar suatu usaha pasti harus melakukan hal ini agar bisa tetap eksis dan berkembang dengan catatan saling diuntungkan antara kedua belah pihak. Tidak ada yang dirugikan. Ada bebarapa tips yang baik untuk dilakukan dalam rangka memajukan bisnis yang sedang kita geluti.


1. Mencari Investor atau penanam modal


Jika kita sudah memiliki ide bisnis dan yakin sekali dengan prospeknya, tentu tidak ada keraguan untuk memberikan kesempatan pada pihak lain dalam menanamkan modalnya, jika kebetulan kita memang sangat kekurangan modal dalam bentuk uang. Jangan sesekali menawarkan kerja sama modal bila kita belum yakin betul tentang prospek usaha, bagaimana minat konsumen kedepannya pada barang atau jasa yang kita tawarkan. 

Jika masih meraba-raba tentang yang terjadi dikemudian hari, jangan melakukan saran ini. Anda harus benar-benar bisa menyakinkan investor tentang perjalanan dan prospek bisnis di untuk masa yang akan datang karena pada masa inilah terjadi pembagian hasil. hal ini harus benar-benar diketahui, kalau tidak akan gagal dapat join modal dari yang lain.

Sebagai contoh jika anda menyakinkan dengan mengatakan usaha anda sedang memproduksi barang yaitu sepatu yang biasa saja, tentu si investor akan ragu menanamkan modalnya, karena dia tahu bahwa pabrik sepatu itu sudah sangat banyak dan daya jual akan rendah karena persaingan brand atau merk, terkecuali sepatu anda modelnya tidak biasa biasa saja melainkan didesain secara unik mungkin ini akan membuat investor tertarik karena desai unik bisa manaikkan daya jual.


2. Menawarkan kerjasama pengadaan sarana atau prasarana


Point ini metodenya sama persis dengan yang point pertama akan tetapi perbedaannya disini kita melakukannya bukan dengan kerjasama uang namun kerjasama pengadaan alat produksi, tranportasi maupun gedung. Menawarkan kerjasama dengan perusahaan atau instansi lain untuk membantu usaha anda dari segi sarana dan prasarana. 

Sebagai timbal baliknya kita harus memberitahukan keuntungan yang akan mereka terima bila bekerjasama dengan kita. timbal balik ini bentuknya beragam sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Tapi pada umumnya mereka menginginkan pembayaran berupa uang yan bisa kita cicil. 


3. Lakukan Kerjasama Barter 


Cara ini juga merupakan hal yang sanga efektif untuk mendongkrak penjualan produk usaha kita. Contohnya jika kita sedang menekuni bisnis buah, maka tidak ada salahnya untuk menawrakan kerjasama kepada tukang minuman juice dengan selalu mempromosikan usaha juicenya kepada orang terdekat agar si tukang minuman tersebut mau selalu membeli buah dari kita. 

Sebenarnya cara seperti ini sudah banyak dan sering dilakukan oleh beberapa produk terhadap restoran dan rumah makan kecil. hal ini lakukan dengan mendatangi suatu restoran di suatu kota, lalu  menawarkan produk minuman untuk di jual ditempat itu. secara otomatis produk tersebut akan dikenal banyak orang dan tahu kenikmatannya.

Dan biasanya sipemilik restoran akan menerima imbalan karena telah sudi menampung produk tersebut untuk dipromosikan dan dinikmati di restoran tersebut. imbalan yang diberikan kepada pemilik restoran bisa apa saja tergantung kesepakatan mereka, bisa uang dan bisa juga yang lain. Atau bisa juga sipemilik restoran tidak menerima uang namun semua hasil penjualan minuman diberikan sepenuhnya kepada restoran.

Bagi para pengusaha, promosi itu sangat penting sekali, mereka tak segan-segan untuk memberikan imbalan yang memuaskan kepada siapapun yang bisa diyakini mendongkrak promosi, membuat produk mereka semakin terkenal dan digemari banyak orang. pengeluaran dan untuk promosi 500ribu pada sebuah restoran rame dan terkenal bagi perusahaan itu belum apa-apa bahkan sampai jutaan, bagi perusahaan itu tidak jadi masalah. 

karena mereka yakin dengan terkenal dan digemarinya produk mereka, uang ratusan atau juataan untuk biaya promo pada suatu tempat akan kembali ber puluh bahkan beratus kali lipat pada perusahaan karena penjualan produk mereka sudah meningkat akibat dipromosikan. Itulah sedikit contoh untuk kita ketahui.


4. Diskon Harga


Pada bagian ini, mintalah korting harga kepada penjual bahan baku yang kita gunakan untuk membuat suatu prosuk. contohnya bila kita pengusaha tahu maka tidak salah untuk meminta diskon harga kepada petani penjual kacang kedelai namun mereka harus bisa diyakinkan bahwa kita akan selalu membeli dalam partai besar. karena tidak mungkin ada keringanan harga bila cuman membeli sedikit saja. ini merupakan prinsip ekonomi juga. secara tidak langsung kita sudah melakukan jpin bisnis yang saling menguntungkan dengan mereka.


5. Hindari sifat ingin diuntungkan sendiri


Tips yang terakhir ini merupakan hal yang wajib ada pada seorang pebisnis yang ingin sukses. Bila mengabaikan hal tersebut maka cepat atau lambat usaha yang dilakukan akan mengalami kemunduran. Jangan melakukan hal curang kepada seorangpun, karena bila seseorang sudah mengetahui sifat buruk kita, maka dalam waktu seminggu saja sudah tersebar ke orang lain juga. bayangkan bila dalam sebulan dan bahan setahun, semua orang tidak akan mau join bisnis dengan kita, yang ada hanya menimbulkan kebangrutan. 

Ingatlah bahwa tidak ada satu perusahaan pun yang bisa maju hanya mengandalkan kemampuan sendiri. apa yang dilakukan akan terkendala bila tidak melakukan kerjasama bisnis dengan satu atau beberapa relasi. Hindarilah sifat buruk seperti ingin diuntungkan sendiri tanpa memikirkan keadaan pihak lain. Ini akan menimbulak dampak yang tidak baik dikemudian hari.

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.