Monday, February 20, 2017

Cara Memasang Paking Knalpot Motor Honda Supra Fit

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan hasil pengalaman sendiri sewaktu memasang paking knalpot pada sepedamotor. Motor tersebut punya bokap, jenisnya Honda Supra Fit model yang lama. Mengganti paking lama ke yang baru cukup lumayan menguras tenaga karena paking yang lama sudah lengket erat sekali ke bagian masuknya ke kepala silinder, sehingga membuka paking lama butuh usaha yang ekstra, soalnya itu motor udah sepuluh tahun lebih. Saya ingat waktu itu bokap beli tahun 2006, sekarang tahun 2017.

Cara Memasang Paking Knalpot Motor

Penggantian benda seperti gelang kecil ini saya lakukan karena asap dari kepala silinder nyasar keluar alias bocor di penyambungan antara knalpot dan head silindernya. Oleh karena itu terlebih dahulu harus mencabut paking yang lama menggunakan obeng dan mengetuk dengan martil secara perlahan agar bisa lepas sehingga kita leluasa untuk memasukkan paking yang baru.

Kalau tidak salah pada saat itu saya beli seharga 5 ribu rupiah untuk paking supra fit. Kalau yang ori mungkin harganya lebih tinggi. Bentuknya lingkaran seperti tersusun dari lapisan aluminium dan kertas ditiap lapisnya. Namun saya yakin kertas itu bukan sembarang kertas, pastilah material penyusunya berbeda dari kertas biasa. Salah satu penyebab knalpot sering mengeluarkan asap adalah karena onderdil yang saatu ini sudah mengalami keausan. Biasanya asap merembes melalui penyambungan antara head silinder dan knalpot.

Bila hal ini dibiarkan secara terus menerus maka akan berpengaruh tidak baik terhadap komponen yang lain pada motor. Diharapkan untuk segera melakukan penggantian bila sudah ditemui gejala asap merembes seperti gambar yang ada di bawah ini. Lepaskan  terlebih dahulu knalpot dari silinder, lalu bersihkan kotoran yang sudah menumpuk pada bagian tersebut.

Untuk melakukan penggantian pada saat itu saya menggunakan obeng bermata tunggal lalu palu ukuran kecil. Paking lama yang sudah lengket saya ketok perlahan sampai keropos lalu ditarik menggunakan tang. Bila tidak melakukan cara seperti itu, mustahil bisa dibuka dengan hanya menggunakan tang sekalipun sebelum diketok sampai salah satu helai lingkarannya muncul dan akhirnya bsa ditarik pakai tang. karena paking ini dibuat dengan melingkarkan beberapa helai lapis logam dan campuran kertas seperti yang saya singgung pada kalimat sebelumnya.

(Baca Juga : Peluang Usaha Cuci Kendaraan Atau Doorsmeer)

Mengetuk tidak jangan terlalu kuat namun tidak terlalu pelan. Yang sedang-sedang saja, agar tidak merusak tepian lubang silinder motor anda. Pengalaman saya sewaktu melakukan hal ini, butuh waktu mengetok sekitar lima menit lalu akhirnya muncul  keropos hasil ketokan dan sayapun menariknya secara perlahan dengan tang. 


Disarankan untuk tidak mencabut menggunakan tangan karena akan melukai tangan anda, sebab logam itu sangat tajam. Gunakanlah tang, agar keseluruhan paking lama bisa dikeluarkan. Pada penyambungan knalpot dan silinder terdapat dua buah mur baut, hati-hati bila ingin mengencangkan baut setelah paking baru selesai dipasang, penguncian jangan terlalu ketat karena bisa membuat mur menjadi aus.


Bila mur sampai aus, maka akan berpengaruh terhadap ulir baut sehingga mengakibatkan ngelos, dan akhirnya tugas kita akan bertambah berat yakni membuka keseluruhan head silinder untuk melakukan penggantian baut. Demikian artikel ini saya tuliskan semoga bisa memberikan pencerahan bagi teman yang ingin melakukan penggantian paking knalpot.

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.