Monday, July 31, 2017

Berbagi Pengalaman Motor Injeksi Mogok

Sekarang ini, motor keluaran terbaru sudah tidak lagi memakai sistem pembakaran menggunakan karburator. Sudah ditemukan sistem Injeksi pengganti karburator yang dinilai semakin irit bahan bakar serta pembakaran jauh lebih sempurna dan proses service nya juga tidak perlu menelan waktu yang cukup lama.

Motor Injeksi

Kita para pemilik motor injeksi tentu harus rutin melakukan perawatan dan service walaupun motor yang kita miliki berbeda dengan motor sistem karburator. Jadwal servicenya harus tetap rutin sebagaimana mestinya. Selain itu, kita juga disarankan untuk selalu service ke kempat yang resmi sesuai merk motor.

Dalam penggunaannya, sepeda motor yang sudah menggunakan sistem injeksi haruslah digunakan seramah mungkin. Jangan sembrono seperti ugal-ugalan dijalan, memacu kecepatan tinggi pada jalan yang tidak rata, berbonceng tiga pada jarak yang cukup jauh, dan sebagainya yang tentu dapat membebankan motor secara fisik. Goncangan yang melebihi batas kewajaran terhadap motor akan mengakibatkan masalah pada bagian dalam motor itu sendiri.

Mengapa saya katakan demikian, karena kita harus tahu bahwa jika kabel instalasi pada bagian motor kendur atau bahkan putus, maka kinerja motor akan bermasalah pula. Dan yang lebih parah lagi bila salah satu kabel sambungan Aki terputus, maka motor tidak akan bisa hidup normal. Karena hampir semua sistem pada injeksi tidak bisa bekerja tanpa arus listrik dari Aki. Sekalipun  di kick starter, motor akan tetap susah bahkan tidak bisa nyala jika tanpa Aki. Ini tentu sangat berbeda dengan motor sistem karburator.

Pengalaman motor injeksi mogok akibat problem pada Aki


Seperti pengalaman salah seorang teman saya yang mengalami mogok motor ketika hendak menerusakan perjalanan setelah lama beristirahat di salah satu warung di pinggir jalan. Entah mengapa tiba-tiba saat menekan starter, motor tidak mau nyala, padahal bensin masih penuh. Memang ketika meng On kan posisi kunci kontak, spedometer tidak menyala seperti biasanya, klakson juga demikian. Teman saya tersebut panik setengah mati. Karena memang didaerah tersebut tidak ditemukan satupun bengkel sepeda motor.

Setelah lama berpikir, akhirnya dia dengan rela mendorong motor untuk mencari bengkel, setelah berjalan hampir 3 kilometer barulah ia menemukan  bengkel motor. Keringat bercucuran dimana-mana. Setelah 5 menit dicek oleh tehnisi bengkelnya. Akhirnya ditemukan masalah bahwa salah satu kabel sambungan Aki ada yang lepas. Ntah apa yang menyebabkan kabel itu lepas. Akan tetapi seingat teman saya ini, dia sempat menabrak lubang yang dalam ditengah jalan sewaktu belum sampai menuju diwarung tempat peristirahatan.

Tanpa panjang lebar, Kabel Aki langsung disambung dan kunci kontak di posisikan ke On, lalu spedometer motor pun menyala sempurna. Saat starter ditekan, motor pun hidup. Inilah seputar pengalaman yang pernah saya dengar dari teman. Artinya memang adalah bahwa Aki itu merupakan tonggak hidup kendaraan Injeksi.

Kasus motor injeksi mogok akibat injektor mengalami penyumbatan alias mampet.


Pada kasus yang lain. Pernah motor yang sering dikendarain oleh ibu saya sendiri ,mengalami mogok di jalan raya, wah bisa dikatakan perasaan nyokap jengkel banget pada saat itu. Saya langsung ditelepon waktu ini lagi dirumah. Tanpa pikir panjang segera meluncur menuju posisi yokap dan motor mogok nya. Pas saya cek, spedometer nyala, klakson nyala, semua lampu juga menyala sempurna. Waktu saya tekan starter, starter juga menyala, tapi mesin motor tidak menyala alias diem.

Saya pada waktu itu memang sudah mengetahui penyebab motor itu mogok. Ada dua hal penyebabnya, yang pertama karena emang jarang service, Si nyokap susah banget dibilangin. Padahal jauh sebelum itu ane sudah selalu kasih saran agar service teratur  sekali 2 bulan. Dan penyebab yang kedua ialah ada masalah alam injeksinya. Dalam injeksi terdapat Injektor, kalau menurut saya mungkin kotor atau tersumbat. Pada waktu itu ane gak punya alat buat eksekusi motor, lagian ga enak juga bongkar motor di pinggir jalan. udah gitu jarak ke rumah jauh lagi.

Ya dengan lugas langsung saja motor ane bawa ke bengkel terdekat, sekitar 100 Meter. langsung ane bilang ke tehnisi bengkelnya, cukup bersihin injektornya aja pake Injector Cleaner. Sekitar 5 menit dibersihin. Lalu starter ditekan, cusss, mesin motor nyokap ane akhirnya nyala lagi. Ternyata emang karena Injectornya mampet sehingga semprotan bensin ke bagian throttle body terhalang, makanya motor mogok. Semenjak kejadian itu, si mother akhirnya rutin membawa motor ke tempat service. 

Ini juga merupakan pelajaran berharga bagi kita semua pengguna motor khususnya injeksi, rutinlah melakukan service, jangan lalai. karena bila motor anda mogok, maka kerugian akan banyak sekali. Coba bayangkan jika seandainya motor mogok pada malam hari jam 10 keatas, lalu disekitar tempat itu sepi tidak ada bengkel bahkan rumah pun jarang, yang ada pepohonan. kan bisa merinding. belum lagi adanya kemungkinan ancaman dari para rampok. wah jangan sampai deh ya.

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.