Monday, July 24, 2017

Pendapatan Adsense Meningkat Atau Menurun

Tags
Kita tentu pernah mendengar istilah sixsense yang artinya indera keenam. Setiap orang yang memiliki kemampuan ini tentu manusianya sangat unik salah satunya bisa memahami perasaan orang lain dan menyesuaikan diri dengan mudah terhadap orang lain. Anda pasti mengira ini sepertinya tidak nyambung dengan judul diatas. Ya itu terserah individu masing-masing. Tap menurut saya, nyambung, karena kalimat itu akan saya ambil perumpamaan dari segi etimologinya.

Gaji bulanan adsense

Mari kita berbicara tentang adsense. Menurut pendapat saya sendiri Adsense itu berasal dari dua suku kata ad yaitu singkatan dari advertising (periklanan) dan sense, yang artinya merasakan, mengerti dan menyadari. Nama tersebut memang sungguh sangat sesuai dan google sebagai perusahaan internet raksasa adalah pemilik dari layanan Adsense tersebut. Iklan akan selalu menyesuaikan diri terhadap setiap artikel yang ada pada blog atau website pada mesin pencarian google. Walaupun terkadang ada iklan yang tidak relevan dengan isi artikel tapi itu hanya 20 % saja.

Niche adalah salah satu yang menentukan pendapatan


Bagi para blogger pemula mungkin hal yang sangat sulit untuk diterima menjadi publisher adsense, walaupun sudah berpuluh kali bahkan beratus kali mengajukan alias mendaftarkan blog atau web, tetap saja email penolakan yang diterima. Saya juga sempat merasakan hal itu. Namun sekarang sudah tidak lagi, karena sudah menjadi publisher adsense secara resmi.

Namun walaupun blog sudah diterima, bukan berarti duit atau gaji bisa kita pastikan datang dengan sendirinya, butuh kerja keras untuk menerbitkan ribuan artikel yang bermanfaat agar pengunjung blog bertambah dan peluang klik iklan juga bertambah pula. Dan menurut saya hal yang paling mempengaruhi banyak nya penghasilan adalah klik iklan, bukan jumlah visitor.  Untuk memperoleh klik yang banyak, blog anda tentu harus memiliki niche yang spesifik, artinya membahas satu pokok pembahasan saja seperti otomotif, bisa juga tentang tanaman, tentang dunia kedokteran dan masih banyak lagi.

Jika topic pembahasan dalam blog hanya membahas satu bidang saja, maka otomatis ketika pengunjung datang membaca artikel, mereka akan menemukan iklan satu atau dua iklan yang relevan atau sesuai dengan isi artikel dan peluang iklan di klik pun akan semakin besar. Dan pendapatan yang tertera di akun adsense anda akan bertambah tentunya.

Faktor yang mempengaruhi penurunan Penghasilan Adsense


Selain factor internal dari dalam diri kita sendiri, ada juga factor eksternal yang mempengaruhi bertambah atau berkurangnya pendapatan dari blog. Salah satu factor luar yang paling saya benci adalah semakin bertambahnya pengguna adblock. Anda tentu sudah tahu apa itu adblock, yaitu aplikasi yang bisa mem block atau menahan iklan agar tidak tampil di browser karena para user internet atau netizen merasa terganggu.

Siapakah yang kita salahkan, mereka kah? Jawabnya bukan. Yang harus kita salahkan adalah publisher iklan yang nakal termasuk publisher adsense juga masih banyak yang ketahuan berbuat nakal alias curang. Padahal sudah ada kebijakan agar tetap memenuhi peraturan yang diterbitkan oleh penyedia layanan iklan. Kita tahu bahwa penyedia layanan iklan bukan hanya adsense saja, ada banyak diluar sana.

Terserah anda jika pernyataan saya ini menyinggung hati para blogger terutama publisher iklan. Pernahkah kalian ketika membuka suatu blog dan disambut dengan tampilan iklan yang sangat mengganggu? Ada yang minta di close tapi ketika di klik tetap saja nongol. Udah gitu gede lagi iklannya. Ada juga yang terbang seperti burung mengitari artikel yang sedang dibaca sehingga mengganggu sekali. Dongkol kah anda terhadap pemilik blok seperti itu? Jawabannya ya. Karena yang mengatur letak iklan ngaco seperti itu bukanlah pemilik layanan iklan, tapi pemilik blog itu sendiri.

Hal tersebut lah yang memacu para user internet memasang adblock pada browser mereka seperti chrome operamini dan lain sebagainya. Mereka sudah beranggapan bahwa banyak blog atau situs yang punya iklan mengganggu. Sebenarnya jika setiap blog publisher iklan mematuhi tata cara peletakan iklan, maka menurut saya, para pembaca atau pengunjung tidak akan merasa terganggu.

Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana cara agar pengguna adblock tidak semakin bertambah di dunia ini dan kalau boleh semakin berkurang. Ada yang bisa jawab? Saya yakin banyak yang punya ide cemerlang bagaimana supaya adblock tidak bertambah penggunanya. Dan pengiklan atau perusahaan akan semakin senang menggunakan jasa layanan iklan termasuk adsense ini.

Cara menanggulangi maraknya penggunaan Adblock


Di sisi lain kayakinan saya sempat pudar untuk mencari cara bagaimana agar masyarakat atau pengguna internet tidak lagi menggunakan adblock pada browser mereka yang sudah terlanjur kesal akibat ulah banyak blogger yang membuat mereka terganggu saat membaca postingan artikel. Padahal jika membuat iklan diam didalam artikel maupun di header atau sidebar blog bahkan di footer blog menurut saya itu tidak menimbulkan gangguan kepada para pembaca. Yang menjadi gangguan adalah ketika iklan menutupi tulisan seperti yang saya sebutkan diatas.  Pemilik blog berharap agar pengunjung mengklik lalu diarahkan ke situs yang aneh. Ini yang membuat pengunjung merasa tidak nyaman. 

Hanya ada satu cara membuat agar pengguna adblock tidak semakin bertambah. Yaitu dengan cara mengurangi blog yang menayangkan iklan mengganggu tersebut. Caranya bagaimana? Kita tinggal lapor saja ke pihak penyedia layanan iklan tersebut. Untuk Layanan iklan google adsense telah disediakan layanan pengaduan untuk blog yang bermain curang terhadap iklan mereka. Untuk penyedia layanan iklan selain google adsense, ya kita lapor atau menyampaikan saran dan kritik ke penyedia layanan iklan yang tertera seperti pop ads, cpx24, clicksor,infolink dan masih banyak lagi, anda cari saja di internet.

Pesan saya kepada sesame blogger, marilah menggunakan cara yang bijak untuk menempatkan iklan dari penyedia layanan iklan manapun itu. Utamakanlah kenyamanan pengunjung blok anda. Jika pengunjung sudah nyaman, maka rejeki tidak akan kemana, mereka selain mencari informasi juga akan mencoba mengklik iklan dengan sendirinya. Tidak usah lagi membuat pengunjung merasa terganggu, jika diluar sana masih ada ribuan bahkan jutaan blog yang masih bermain curang sehingga menimbulkan ketidaknyamanan, maka pengunjung yang mengunakan adblock akan bertambah. Maka iklan tidak akan tampil algi pada browser mereka, dan kita semua para pekerja blog tidak akan mendapatkan gaji lagi. Maukah kita seperti itu. Semoga tidak. 

Semoga dengan menggunakan cara yang baik dan benar maka  kita bisa meningkatkan kenyamaman pengunjung blog dan tentunya meningkatkan penghasilan dengan adsense atau penyedia layanan iklan manapun itu. Dan para netizen akan sering dan selalu berselancar di internet untuk menemukan blog-blog kita agar mereka mendapatkan informasi yang sedang mereka butuhkan. Ini akan mempengaruhi penghasilan adsense blog.

Semoga dengan membaca artikel ini, teman-teman juga bisa lebih memahami mengapa pendapatan atau penghasilan adsense di blog menurun. Bagi teman-teman yang baru saja mengenal adsense dan ingin bisa mencari uang lewat internet, silahkan daftar saja ke Adsense. Tentunya kalian harus punya website atau akun youtube yang videonya original.

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.