Tuesday, September 12, 2017

Bagaimana Cara Agar Ayam Cepat Gemuk Dan Memiliki Bobot

Beternak ayam bisa dilakukan oleh siapa saja dan ini bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang mendatangkan keuntungan bagi peternaknya. Nilai jual daging dan telur masih tergolong tinggi di pasaran karena bisa di konsumsi oleh semua kalangan masyarakat baik tua maupun muda. Maka dari itu, peternak harus selalu berusaha meningkatkan kualitas ternak yang akan di jual dagingnya.

Bagaimana Cara Agar Ayam Cepat Gemuk Dan Memiliki Bobot

Hewan unggas yang satu ini bisa dikatakan sangat mudah terserang penyakit bila perawatannya tidak benar. Menjaga kebersihan kandang, suhu dan nutrisi makanan adalah faktir utama yang harus dipertahankan oleh peternak agar ayam cepat besar, sehat dan tidak mudah tertular penyakit. Bila nutrisi pakan ayam memadai maka hewan ini akan tumbuh cepat, gemuk dan kelihatan berbobot.

Memberi takaran Nutrisi yang baik pada ayam


Agar diperoleh hasil ternak yang memuaskan, kita wajib mengetahui berapa takaran gizi dalam makanan yang akan diberi sesuai dengan usia ayam. Dengan melakukan ini, maka proses tumbuh kembangnya akan kelihatan pesat sekali. Nutrisi atau gizi yang memadai juga akan membuat ayam tidak mudah terserang penyakit.

Jagung

Jenis makanan ini baik untuk pertumbuhan ayam. Namun kita juga harus bijak memilih jangung yang bernutrisi tinggi. Jagung dengan warna yang kuning memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih banyak. Untuk ayam yang masih kecil, kita harus terlebih dahulu menggiling jagung agar menjadi halus dan bisa di konsumsi oleh ternak ini.

Daun Tumbuhan atau Sayuran Hijau

Manfaatnya bagi ternak kita ialah sebagai sumber serat yang baik dan memperlancar proses pencernaan didalam tubuh. Ayam juga sama seperti manusia, jika kekurang serat maka akan menyulitkan sistem pencernaan didalam usus. Makanan ini bisa anda beri secara terpisah dari makanan yang lain.Iris terlebih daulu dedaunan tersebut lalu disajikan. Pilihlah daun yang aman dan memiliki gizi yang baik, ada banyak tersedia di lingkungan sekitar kita.

Tepung Ikan

Agar kebutuhan protein ayam bisa terpenuhi, kita bisa menambahkan tepung ikan kedalam jagung, diaduk agar tercampur dengan merata dan menjadi makanan yang baik buat ternak ayam. Hewan ini merupakan unggas yang membutuhkan banyak asupan protein agar cepat bertumbuh dan kebal terhadap penyakit.

Dedak

Akan semakin lebih baik lagi jika pakan ayam dicampur dengan dedak. Ini tentu akan semakin menambah nafsu makan ayam.  Pilihlah dedak dengan kualitas yang baik. Saat membeli, coba dekatkan ke hidung anda dan cium aromanya apakah ada aroma busuk atau aroma masih segar atau baru. Dedak yang sudah ditimbun terlalu lama akan memiliki kualitas yang buruk dan sangat tidak baik terhadap pertumbuhan ayam, sebab dedak tersebut bisa saja mengandung jamur atau bakteri yang berbahaya bagi sistem pencernaan ayam.

Vitamin Herbal

Ada aiknya ayam diberikan asupan vitamin khusus agar pertumbuhannya semakin cepat. Belilah vitamin herbal untuk unggas yang tersedia banyak di toko peternakan yang ada di kota anda. Ini berguna untuk mmpertahankan kebugaran ayam sepanjang hari. Ayam yang sehat akan terlihat lebih tegak berdirinya dan lincah pergerakan kaki dan kepalanya.Keseluruhan bahan diatas sangat baik untuk semua jenis ayam, baik itu ayam yang masih kecil, ayam usia 3 bulan, ayam petelur, ayam bangkok dan lain sebagainya.

Hal yang berpengaruh buruk terhadap pertumbuhan ayam


Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa setiap mahluk hidup pasti terdapat hewan parasit, sama halnya yang terjadi pada ayam. Hewan ini rentan terhadap cacingan karena paruhnya selalu rajin mematuk bagian mana saja di lantai atau tanah karena memang itu sudah menjadi kebiasaan ayam dari sononya. telur cacing akan masuk melalui paruh ke tubuh ayam dan berkembang biak didalam.

Jika ternak cacingan dengan jumlah yang banyak didalam perut, maka akan sulit untuk bertumbuh karena nutrisi atau gizi makanan sudah dirampas oleh cacing-cacing tersebut. Oleh sebab itu, peternak sangat dianjurkan untuk rutin memberi obat anti cacing kepada ayam. Obat ini tersedia banyak di toko ternak dengan merk dan harga yang bervariasi.

Silahkan anda tanyakan terlebih dahulu kepada pengelola toko tentang keampuhan masing masing jenis obat cacing diberikan obat anti cacing yang sesuai pada usia ayam. Itulah cara bagaimana agar ayam bisa bertumbuh dengan cepat, memiliki tubuh yang gemuk serta bobot yang memadai. Dengan ini, maka nilai jual daging ayam hasil ternak anda akan tinggi dan bisnis ternak yang anda kelola akan berkembang dengan pesat.

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait