Wednesday, September 20, 2017

Guru Adalah Salah Satu Kunci Sukses Anak Di Masa Depan

Saya sendiri bukanlah seorang guru. Namun  ingin sekali menulis tentang pahlawan tanpa tanda jasa ini di blog saya. Bagi saya, guru diibaratkan seorang pekerja bangunan yang bertugas menyusun batu bata kemudian merekatkannya dengan semen sehingga tercipta tembok bagunan yang kokoh lengkap dengan tulang besi yang dibenamkan lalu tembok menjadi kokoh serta tidak mudah jebol dan orang tua ibarat pembuat pondasinya agar bangunan tidak mudah roboh.

Guru Salah Satu Kunci Sukses Anak Di Masa Depan

Membentuk mental, karakter dan bekal pendidikan agar berguna di masa depan  ibarat membangun sebuah rumah atau gedung. Sampai saat ini, saya masih suka kagum bila bertemu dengan seorang guru, karena mereka mendedikasikan seluruh kemampuan untuk memberikan ilmu pengetahuan agar murid-muridnya bisa pintar sesuai yang diharapkan.

Setiap guru tentu memiliki sifat maupun karakter yang berbeda-beda, da yang baik dan ada yang galak. Secara umum karakter guru yang galak bisa timbul karena sikap dari siswa. Bila tidak mengerjakan PR, selalu berisik di kelas dan suka mengganggu teman yang lain, tentu guru akan bertindak. Untuk mengurangi kebiasaan siswa seperti ini ada trik khusus yang harus dilakukan.

Jangan pernah galak apalagi sampai membenci siswa seorangpun.

Sikap seperti ini tidak akan mampu merubah karakter siswa yang ngeselin sampai kapanpun. Jika ingin mengarahkan murid kepada sikap yang baik, galak bukanlah cara terbaik. Selain tak mampu merubah, siswa juga akan kesulitan fokus dan memahami apapun pelajaran yang sedang dijelaskan di depan kelas. sikap seperti itu harus sesegera mungkin di hilangkan dalam kegiatan belajar siswa.

Menyisipkan cerita nyata dan menarik disaat mengajar di depan kelas.

Jika guru terlalu fokus menerangkan suatu bidang pelajaran di depan kelas, maka akan ada beberapa siswa yang merasa jenuh dan akhirnya tidak lagi mengerti alur penjelasan guru didepan. Berilah beberapa kisah atau cerita nyata bukan fiktif, yang berkaitan dengan apa yang sedang di ajarkan kepada para siswa. Dijamin semua akan melotot sangking seriusnya pengen mendengar kisah nyata tersebut. Menarik perhatian siswa agar tertib dan mau mendengarkan penjelasan adalah hal yang harus dilakukan oleh seorang guru.

Namun jangan terlalu panjang, di cut dulu sebentar untuk melanjutkan penjelasan utama yang sedang diajarkan guru di kelas. Setelah dirasa ada siswa yang sudah mulai buyar konsentrasi hingga mengantuk atau semakin berisik , lanjutkan lagi cerita unik dan nyata tersebut, dan semua siswa akan kembali fokus memperhatikan guru karena ingin dengar kisah nyata. Dengan cara ini siswa akan lebih cepat memahami dan mengerti semua yang di ajarkan oleh guru didepan saat pembicaraan kembali lagi ke bidang pelajaran yang sesungguhnya

Arahkan siswa agar rajin bertanya dengan cara menyuruh mereka menuliskan pertanyaan di secarik kertas

Satu hal yang penting diketahui oleh guru adalah, tidak semua siswa berani bertanya secara langsung kepada gurunya. mungkin karena malu atau hal lain. ini benar-benar terjadi dan hingga sekarang masih banyak siswa yang malu bertanya pada gurunya. Siswa akan sulit pintar jika jarang atau bahkan tidak pernah bertanya pada guru. Manusia akan mudah memahami dan mengingat suatu hal karena sebelumnya ia bertanya, ia akan selalu ingat akan jawaban dari pertanyaan itu.

Memaksa siswa agar mau bertanya langsung tidak akan efektif 100%. Setelah guru selesai memberikan penjelasan didepan kelas, Sebaiknya seluruh siswa diberikan kesempatan untuk menulis pertanyaan pada kertas lalu dikumpulkan oleh ketua kelas, diantar ke meja guru, lalu guru menjawab satu persatu pertanyaan siswa. Denga cara seperti ini tentu proses belajar akan terasa nikmat tanpa beban.

Saya harap beberapa cara diatas bisa diterapkan dalam sistem belajar dan mengajar. Bagaimanapun, ketegasan guru juga sangat diperlukan dalam membentuk karakter disiplin siswa. Tegas bukan berarti galak. Tulisan ini bukan bermaksud menggurui, sebab saya yakin banyak orang pernah memikirkan persis yang saya pikirkan.

Ketika masa sekolah, saya selalu ingin guru melakukan hal ini agar saya tidak merasa bosan di sekolah khususnya di kelas. Mungkin tidak hanya saya yang merasakan hal serupa, Siswa lain pasti demikian. Apalagi siswa jaman sekarang yang butuh sesuatu sistem pengajaran yang tidak monoton agar minat belajar siswa semakin tinggi.

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.