Tuesday, September 12, 2017

Usaha Rental Komputer dan Print Omzet Lumayan Besar

Sebulan yang lalu, salah seorang teman di PHK dari perusahaan tempat ia selama ini bekerja. Padahal semua biaya kebutuhan hidup bergantung pada gaji yang diterimanya dari pekerjaan tersebut. Seminggu tidak memiliki pekerjaan alias nganggur membuat teman saya ini harus berpikir keras bagaimana mencari pekerjaan sebelum uang gaji terakhir dan pesangon yang diterimanya segera habis.

Usaha Rental Komputer dan Print Omzet Lumayan Besar

Lamaran sudah dikirim ke berbagai perusahaan, namun tak satupun ada yang memanggil. Melihat situasi seperti ini dia langsung mencari ide untuk membuka bisnis atau usaha sendiri agar bisa memenuhi kebutuhan hidup istri dan anaknya. Daripada menunggu hal yang tidak pasti, lebih baik memulai usaha kecil kecilan mumpung masih ada modal yang cukup.

Mendapatkan ide usaha sendiri


Berbekal kemampuan komputer yang dimilikinya, terbesit ide membuka usaha rental komputer dan jasa print. Sistemnya sedikit berbeda dengan rental komputer seperti biasanya. Usaha ini lebih condong ke jasa print dan desain proposal, udangan pernikahan, cetak foto, tata tertib acara seminar maupun acara keagamaan, dan lainnya. Adapun peralatan yang ia butuhkan ialah Printer, Laptop, Bluetooth, Scanner, alat laminating.

Selain itu bahan seperti kertas, lakban, paper cutter, gunting harus dipersiapkan. Untuk memajukan usaha ini, harus dibekali kemampuan komputer khususnya penggunaan software seperti Coreldraw, Photoshop, Microsoft Office dan software pendukung lainnya. Inilah yang akan anda operasikan untuk melayani kebutuhan konsumen yang nantinya datang ke tempat usaha rental anda.

Setelah usaha berjalan hampir tiga bulan, saya perhatikan cukup banyak perkembangan, teman saya bisa meraup omzet rata- rata 100ribu perhari. Karena ternyata banyak orang yang datang untuk meminta jasa ketik dan print surat surat penting, undangan, proposal dan sebagainya. Kebetulan daerah tempat usaha tersebut dekat ke sekolah dan kantor pemerintahan.

Mengerjakan semua kebutuhan konsumen atau pelanggan


Banyak konsumen tidak mengerti cara mengoperasikan software didalam laptop atau komputer untuk mendesain dan menulis berkas apapun yang ingin dicetak atau di print. Ini adalah tugas anda untuk membantunya. Jangan diabaikan karena konsumen lebih senang jika semua desain atau pengetikan dikerjakan langsulung oleh pemilik usaha yang memang sangat mengerti membuat desain atau pengetikan yang cepat agar tidak memakan waktu lama, jadi pelanggan tinggal terima bersih lalu bayar. Jika tidak maka konsumen akan males datang.

Memang secara kenyataan, orang akan selalu meminta jasa tukang print untuk mencetak data atau berkas miliknya, sebab walaupun mereka membeli printer untuk dipakai dirumah, pasti print akan cepat rusak, karena print akan dipakai hanya sesekali dalam seminggu. Tugas print tidak akan ada setiap hari. Berbeda dengan print yang ada di rental, selalu dan tiap hari digunakan, sehingga jarang mampet cartridgenya.

Kita harus tahu bahwa printer jika tidak digunakan selama 3 atau seminggu maka head cartridge akan mampet atau tersumbat akibat tinta mengendap dan mengering. Walau biaa diperbaiki namun hasil cetakan tidak akan normal seperti sedia kala, sementara biaya penggantian cartridge tergolong mahal.

Oleh karena itu usaha jasa rental komputer dan print dengan sistem mengerjakan semua permintaan pelanggan adalah sangat menjanjikan keuntungannya. Orang akan memutuskan untuk datang ke jasa layanan print. Jika pelayanan memuaskan dan berbeda maka pelanggan yang datang akan bertambah banyak. Ini adalah salah satu ide bisnis usaha yang boleh dikatakan tidak terlalu banyak membutuhkan modal. Namun keuntungan bisa anda peroleh setiap hari tergantung rezeki anda.

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.