Saturday, October 28, 2017

Betapa Pentingnya Stasiun Radio Bagi Para Musisi

Dari jaman dulu hingga sekarang, stasiun radio tidak hanya berguna untuk pendengar saja, namun para musisi juga sangat membutuhkan stasiun radio sebagai sarana untuk mempromosikan lagu hasil karya mereka.

Betapa Pentingnya Stasiun Radio Bagi Para Musisi

Di indonesia terdapat lebih dari 200 Stasiun pemancar radio. Kebanyakan sudah beralih ke FM. Biasanya para artis musisi atau penyanyi jika selesai memproduksi album atau singel, akan melayangkan satu lagu kepada radio-radio tersebut untuk diputar. Jika respon masyarakat terlihat bagus dari hari ke hari, maka sudah tidak ada lagi keraguan untuk segera memperbanyak copyan album untuk dijual.

Mengapa Jual Fisik Album (CD) sudah sangat jarang dilakukan saat ini?


Namun itu Berlaku efektif sebelum internet booming di indonesia. Dulu itu masih sering mendengar, group ini atau penyanyi ini yang albumnya terjual 500.000 copy dalam waktu 3 bulan. Itu kalau dihitung duitnya lumayan juga. Belum lagi limit penjualan berikutnya. Bisa-bisa nembus 1 juta copy, seperti yang pernah dialami group Sheila On 7 yang pernah menjangkau lebih dari 1 juta copy. Pencapaian yang luar biasa.

Semua itu hanyalah tinggal kenangan, para artis atau musisi tidak lagi mengharapkan penjualan fisik album. Ini semua diakibatkan oleh gempuran internet, yang mana orang bisa melakukan download dan upload sebebas-bebasnya. Jika seorang beli CD asli maka ada kemungkinan dia akan mengupload ke internet dan akhirnya dilihat banyak orang secara gratis dan tak perlu beli CD nya lagi. Kemudia para pembajak CD juga merupakan salah satu faktor jarangnya penjualan fisik karya lagu atau CD.

Radio itu Nadinya Musik Indonesia. 


Percaya atau tidak, radio merupakan Nadi musik indonesia. Karena Hampir 90% masyarakat mengetahui lagu-lagu terbaru karena mendengar dari radio. Para musisi juga sangat berharap lagu karya mereka terdengar enak dan dapat diterima di kalangan masyarakat, sebab ini merupakan starter utama boomingnya lagu.

Ada beberapa televisi yang melakukan kerjasama dengan beberapa radio. Oleh karena itu tidak heran jika ketika suatu lagu booming di radio-radio, maka beberapa hari atau minggu, penyanyi atau musisi tersebut akan nongol di TV. Artinya ialah TV selalu memonitoring stasiun radio untuk mengetahui lagu apa yang sedang booming.

Darimana kita bisa Tau bahwa pendengar radio masih ada?


Sampai saat ini radio hanya terkena 20% gempuran internet, hampir tak berarti apa-apa. Mengapa saya katakan demikian? Dimana-mana orang masih saja mendengarkan radio. Di Jakarta saja, para pemilik mobil pribadi masih suka nyetel radio kalo lagi macet atau kalo lagi boring sendiri dalam mobil.

Cara yang lain untuk mengetahui bahwa radio masih banyak jumlah pendengarnya ialah dari sms dan telepon masuk. Yang saya perhatikan walau belum menyeluruh, ternyata masih banyak kiriman sms dan penelepon silih berganti di beberapa stasiun radio yang saya amati pada saat itu.

Saya sempat kaget juga, ternyata masih ada yg denger radio jam 10 malam dan jumlah orangnya tidak satu hingga 5 orang, tapi lebih. Dan bisa saja ada banyak pendengar lain namun tidak diketahui karena tidak kirim sms atau melakukan panggilan telepon. memang bagaimanapun tetap ada perbedaan dibanding jaman sebelum internet, namun tidak terlalu mencolok. Radio tidak akan hilang sampai kapanpun. Radio tetap jaya.

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.