Thursday, June 28, 2018

Hati - Hati Saldo Gopay Tersedot, Baca Artikel Ini Agar Mengerti !!

Transportasi berbasis online menjadi primadona saat ini. Selain memberikan kemudahan bagi penumpang, transportasi online juga bisa dimanfaatkan untuk layanan jasa antar makanan maupun antar barang. Ini jelas sangat memberikan kemudahan bagi masyarakat. Sebagai contoh, orang yang sendirian dirumah dan dalam keadaan sakit bisa memperoleh makanan yang diinginkan sesuai selera hanya dengan menggunakan smartphone untuk menghubungi driver transportasi online. Kemudian seseorang yang super sibuk dan tidak punya waktu untuk keluar membeli barang yang sangat dibutuhkan dapat memperolehnya cukup dengan menggunakan bantuan driver online lalu membayar keseluruhan biaya termasuk ongkos jemput dan antar barang.


Salah satu perusahaan aplikasi transportasi online adalah Gojek. Saat ini perusahaan aplikasi ini adalah satu satunya asli berasal dari anak bangsa sendiri. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita orang Indonesia. Aplikasi Gojek terus berkembang dengan memberikan update terbaru untuk tampilan maupun menu yang di suguhkan kepada pengguna aplikasi. Ini demi memberikan kemudahan bagi pengguna. Berdasarkan data yang tertulis pada google play store, aplikasi ini sudah di download lebih dari 10 Juta pengguna android. Angka ini belum termasuk jumlah download dari OS yang lain seperti App Store. Dan jumlah itu mungkin akan terus bertambah.

Akun Gojek Perlu Dijaga

Kita semua sudah tahu bahwa cara pembayaran order via aplikasi gojek ada dua yaitu dengan cara membayar langsung kepada driver dan membayar menggunakan saldo Gopay tanpa harus membayar kepada driver.Saldo Gopay bisa diperoleh dengan cara membeli melalui transaksi ATM bank atau membeli langsung kepada driver sama seperti kita membeli pulsa.

User atau pengguna yang ingin praktis tentu akan selalu melakukan pembayaran dengan menggunakan Gopay, sehingga ada banyak pengguna yang rela mengisi saldo hingga jutaan rupiah bahkan lebih. Menggunakan cara pembayaran seperti ini jelas lebih hemat dibandingkan pembayaran secara langsung. Oleh karena itu sangat penting bagi pengguna aplikasi agar menjaga kerahasiaan akun nya dari orang lain.

Akun gojek bisa saja dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk berbagai hal khususnya untuk menyedot saldo Gopay yang ada dalam akun tersebut. Walaupun pihak gojek sudah melakukan proteksi ketat terhadap aplikasinya, namun kita tetap tidak boleh lengah dari maksud penipuan yang ingin dilakukan oleh orang jahat.

Seperti pengalaman saya beberapa tahun yang lalu. Saya hampir saja menjadi korban penipuan, dimana si penipu bermaksud ingin menyedot saldo saya. Untung saja saya tidak berhasil ditupu dan saldo yang saya miliki pada saat itu jumlahnya tidak lebih dari 100ribu. bagaimana jika pada saat itu saldo lebih dari 1 juta dan saya berhasil kena tipu, wah bisa kesel selama sebulan deh.

Penipu menggunakan Taktik Sms 

Sebelum menelepon saya, sipenipu terlebih dahulu melakukan taktik sms palsu ke nomor handphone ane. Dia tau nomor telepon saya darimana itu masih misteri. memang dipengirim sms tersebut tertera nama Gojek. kemudian penipu tersebut menelepon saya dengan mengatakan bahwa saya mendapat bonus saldo sebesar 2 juta rupiah jika saya menyebutkan nomor kode yang barusan dikirim oleh pihak Gojek. Si pelaku mengklaim bahwa dirinya adalah pihak Gojek, saya hampir yakin karena dia tahu betul bahwa nomor saya barusan mendapat pesan dari Gojek.

Jika saya lengah, bisa saja saya tertipu dan langsung memberitahu kode yang masuk ke handphone saya agar dia bisa masuk ke akun yang saya miliki, karena kode itu adalah semacam pasword untuk login. Hal yang membuat saya bisa saja tertipu adalah bisa saja saya yakin bahwa sipenelepon tersebut adalah pihak Gojek karena dia mengetahui bahwa saya mendapat pesan dari Gojek, selain itu saya hampir lupa kalau jalan login untuk aplikasi tersebut adalah kode yang dikirim ke nomor hp. mengapa saya hampir lupa..? karena sebagai pengguna aplikasi, saya jarang logout. jadi aplikasi selalu dalam keadaan login sampai lupa pasword dan sampai lupa pula kalau jalan masuk bukan pakai pasword bikinan kita, tetapi kode yang dikirim oleh pihak Gojek.

Hal yang membuat saya lolos dari tipuan maut tersebut adalah dua hal yaitu, orang yang menghubungi saya melalui call menggunakan nomor biasa dan yang kedua, di sms yang dikirim oleh Gojek, ada kalimat tertulis "Ini adalah password rahasia anda untuk masuk ke akun anda. Gojek tidak pernah meminta password anda. Jangan berikan kepada siapapun password anda"

Berulangkali si penipu membujuk saya untuk memberitahu kode dalam sms tersebut, namun saya katakan dengan tegas "Kalau bapak beneran pihak gojek, lah kenapa minta kodenya ke saya, kan situ yang kirim ke saya. dan lagipula sudah jelas dikatakan "Jangan meemberikan kode password kepada siapapun" Bagi saya ini berarti jangan memberikan kode kepada siapapun termasuk Pihak gojek. Namun sipenipu tidak mau menyerah, tetap saja mengatakan bahwa dia beneran dari pihak Gojek yang kebetulan menggunakan nomor pribadi untuk menelepon klien. Saya langsung katakan pada dia " Saya udah tau kalau kamu itu penipu, jangan menjelekkan nama Gojek dengan berpura-pura menjadi pihak mereka" Pembicaraan ditelepon langsung saya tutup.

Bagi teman yang lain jangan sampai tertipu. Ketika orang lain menggunakan nomor anda untuk login di aplikasi Gojek, secara otomatis akan datang sms ke nomor yang digunakan. Pengirim sms tersebut memang betul adalah phak Gojek sendiri. Agar berhasil login, sipenipu harus tahu kode angka yang dikirim ke nomor anda melalui sms tersebut. Kita kadang hampir lupa akan hal ini karena biasanya setelah kita berhasil login ke aplikasi, maka sangat jarang untuk logout kembali, bahkan hampir berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. hal ini menyebabkan kita lupa maksud dari sms yang berisi kode yang dikirim Pihak Gojek. tanpa membaca dengan teliti dan tanpa berpikir panjang langsung kita beritahu kode demi mendapat bonus 2 juta. Jangan sampai kita tertipu dengan hal itu.

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.