Jumat, 29 Juni 2018

Penyebab Laptop Error dan Bunyi tit saat dinyalakan

Diantara Sobat sekalian pasti pernah mengalami laptop error dimana saat mengarahkan mouse ke aplikasi atau arah tertentu pada layar laptop, muncul gerakan tanpa kita perintah melalui mouse, seolah-olah laptop kita sedang terkena virus berbahaya. dan ketika laptop kita matikan sejenak lalu dihidupkan kembali, terdengar suara atau bunyi tiit terus menerus.

Penyebab Laptop Error dan Bunyi tit saat dinyalakan

Dari bunyi tersebut kita harusnya menyadari bahwa laptop telah memberi isyarat bahwa dirinya sedang mengalami masalah. Itulah hebatnya komputer atau laptop. Selain mampu menjalankan berbagai program untuk kemudahan kinerja manusia, laptop atau komputer juga dirancang untuk dapat memberitahukan kepada manusia tentangg kerusakan yang terjadi pada dirinya melalui bunyi tiit. Untuk dapat mengetahui bagian mana yang rusak, dapat kita analisa berdasarkan berapa kali pengulangan bunyi tiit yang disampaikan.

Keluhan yang timbul

Saya punya sebuah laptop yang boleh dikatakan sudah berumur, namun dari segi spesifikasi masih bisa digunakan untuk jaman now.  Ditangan pemilik pertama, laptop ini mungkin sudah tiga tahunan, sedangkan ditangan saya, ini laptop sudah 5 tahun. ya sejujurnya memang saya membelinya second hand. Maklumlah belum cukup duit untuk membeli yang baru pada saat itu sekitar tahun 2013.

Keluhan yang pertama saya alami ialah terjadi error yang mengesalkan dimana ketika kita hendak membuka aplikasi A yang terklik malah aplikasi B, tidak sesuai yang diinginkan. Lalu saat ingin mengexplore menggunakan mouse, raster biru pilihan bergerak dengan sendirinya tidak beraturan sehingga sangat menyulitkan saya untuk bekerja.

Kemudian keluhan yang kedua ialah terdengar bunyi tiit berulang kali saat laptop ingin start up dan alhasil tampilannya disitu situ aja alias tidak bisa memunculkan windows. Pengen ganti laptop malah belum ada duit. Minta jasa tukang service pun belum cukup duit. Jalan satu satunya ialah mencari akal untuk melakukan perbaikan sendiri, siapa tahu berhasil. Namun butuh kehati-hatian dalam melakukan perbaikan sendiri terhadap laptop yang sudah memiliki banyak kenangan ini.

Melakukan perbaikan sendiri

Tindakan pertama yang saya lakukan saat terjadi error adalah menekan keyboard secara asal-asalan. reaksi yang terjadi adalah error berhenti sejenak dan laptop dapat digunakan sebagaimana biasanya. Namun tidak beberapa menit kemudian, error timbul kembali. Saya tekan keyboard secara acak maka error hilang, dan muncul beberapa saat lagi,.Begitu saja terus sampai saya bosan.

Dari situ saya mulai berfikir bahwa bisa saja masalah yang selama ini ada disebabkan oleh keyboard yang memang sudah usang dan perlu diganti. Ini masih asumsi saya, namun saya mencoba membuktikan dengan segera mencabut keyboar dari singgasana nya. Mencabut hardware ini sangat butuh ketelitian agar tidak merusak sambungan hardware yang lainnya. bisa anda baca pada artikel ini Cara Melepas dan Membuka Keyboar Laptop

Ketika keyboard berhasil dibuka, laptop kemudian dinyalakan kembali dan bunyi tiit tidak terdengar lagi dan laptop berhasil masuk ke mode windows. Kecurigaan semakin bertambah terhadap keyboard dan ketika mouse saya arahkan ke mode explore, pada layar tidak terjadi gerakan acak alias sudah sesuai dengan perintah mouse. Besar keyakinan bahwa keyboard lah penyebab semua masalah yang terjadi selama ini.

Penyebab Laptop Error dan Bunyi tit saat dinyalakan

Karena malas untuk membersihkan keyboard sebab harus membuka semua tuts nya, akhirnya saya putuskan untuk membeli keyboar baru dengan sistem USB. Cukup dicolokkan ke usb maka keyboard akan bekerja sesuai keinginan. Saya beli seharga 55 ribu rupiah, harga nya cukup sesuai lah dengan keadaan dompet pada saat itu. Dilihat dari kondisinya, Laptop saya ini memang sudah dalam keadaan setengah hancur chasingnya. Namun masih selalu ane pakai karena ane cinta banget sama dia.

Setelah itu ane pasang keyboard baru dan seperti biasa dinyalakan lalu start up dan masuk windows, lalu saya test buat ngetik apa aja dan masalah sudah hilang. tidak terjadi error lagi. Selamat jalan keyboard lama, terimakasih atas pengabdianmu selama ini. Kini engkau sudah bersemayam di dalam tempat sampah. Semoga engkau didaur ulang dengan lebih baik lagi, entah jadi apa lagi saya tidak tahu. 

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.