Saturday, July 14, 2018

Beberapa Efek Samping Obat TB 6 Bulan

Siapa yang tidak menyangka bahwa ternyata Indonesia adalah negara kedua terbesar didunia untuk jumlah penderita TBC setelah India. Penyakit yang satu ini merupakan salah satu yang paling mematikan didunia jika terlambat diobati. Bakteri Mycobacterium Tuberculosis adalah dalang utama penyakit yang sangat gampang menular ini. Apabila daya tahan tubuh seseorang lemah, maka bakteri ini akan cepat berkembang biak awalnya didalam paru-paru ketika bakteri yang berasal dari penderita Tuberculosis terhirup oleh hidung melalui udara.

Obat TBC
Obat untuk penyakit berbahaya ini telah tersedia di puskesmas dan diberikan secara gratis oleh pemerintah untuk rakyatnya. Oleh karena itu bagi anda yang mengalami gejala TBC hendaknya memeriksakan diri ke puskesmas terdekat agar mendapat pengobatan. Selain rutin meminum obat, anda juga disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan bergizi terutama pada pagi hari.

Dengan makanan bergizi tubuh akan terbantu untuk tetap bertahan akibat gempuran bakteri mematikan tersebut ditambah lagi obat yang kita makan akan membuat bakteri TBC kalang kabut dan perlahan akan berkurang dan hilang seiring masa pengobatan yang disiplin. Dan sangat disarankan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein karena protein berfungsi mengganti sel yang udah rusak selama menderita penyakit ini.

Pengalaman saat mengkonsumsi obat TB

Menurut pengalaman orang yang sudah pernah terkena penyakit ini dan melakukan pengobatan 6 bulan, Efek samping dari obat TB 6 bulan ada bermacam- macam. Tentunya walaupun ada efek samping, obat ini harus diminum sesuai aturan atau dosis, karena bila telat atau lupa sehari saja, maka bakteri akan semakin ganas dan pengobatan akan semakin lama, bisa lebih dari 6 bulan. Ada baiknya selalu konsultasi dengan dokter bila dirasakan efek samping akibat mengkonsumsi obat tersebut.

Beberapa Efek Samping Sewaktu mengkonsumsi Obat TB Menurut pengalaman penderita :

1. Rasa kram pada lambung
2. Kesemutan pada kaki dalam wakti yang lama
3. Gatal pada kulit
4. Bintik merah pada kulit
5. Kulit bagian punggung terkelupas bila di garuk, seolah seperti ganti kulit.
6. Nyeri pada persendian saat berjalan, terutama sendi kaki.
7. Badan terasa lemas
8. Selalu buang air kecil.

Beberapa efek samping yang tertera diatas adalah yang paling umum dirasakan oleh penderita TBC selama mengkonsumsi obat 6 bulan. Namun tidak bisa saja efek samping tersebut tidak semua dirasakan oleh penderita, bisa saja hanya tiga atau empat efek samping saja yang dirasakan, tergantung kondisi tubuh seseorang. Setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda.

Namun efek samping diatas tidaklah berbahaya, karena akan hilang perlahan setelah beberapa bulan sejak awal masa mengkonsumsi obat. Diharapkan rutin dan minum air putih yang cukup selama minum obat ini agar kondisi ginjal tetap terjaga. Untuk obat TB ini, puskesmas akan memberikan dua jenis obat. Tahap pertama ialah obat yang bentuknya ellips dan tahap kedua obat yang bentuknya bulat dan agak kecil ukurannya. Kedua jenis obat tersebut, sekali minum 3 butir.

Sewaktu mengalami efek samping dari obat ini, biasanya pasien akan sangat panik. Namun tidak perlu khawatir, tetaplah rajin berkonsultasi dengan dokter selama proses pengobatan dan memberitahukan efek samping yang dialami, agar dokter dapat memberikan solusi yang tentunya terbaik untuk pasien. Kita harus serius melakukan pengobatan TBC ini, sebab bila lengah, penyakit ini akan sulit diobati dan membahayakan terhadap pasien, bakteri TBC tidak hanya menyerang paru-paru, melainkan dapat menyerang organ yang lain. Oleh karena itu mari tanggulangi penyakit TBC dengan serius.

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.