Sunday, July 1, 2018

Pengalaman Diterima Monetisasi Adsense Youtube Oleh Google

Bagi sobat yang lama berkecimpung di youtube pasti ingat bahwa memonetise video sangatlah mudah jika memang video tersebut orisinil atau belum pernah ditayangkan di youtube sama sekali oleh akun manapun. Banyak orang berlomba untuk mendapatkan uang dari situs ini dengan cara yang berbeda-beda. Beberapa cara yang dilakukan ada yang negatif dan ada yang positif.

Pengalaman Diterima Monetisasi Adsense Youtube Oleh Google


Kebijakan terkini oleh Google

Demi uang, orang rela membuat video yang berpotensi melanggar undang-undang. Hal seperti ini tentunya sangat meresahkan masyarakat karena konten yang melanggar hukum tentu akan memberikan dampak yang negatif pada setiap orang yang menonton dan sangat merugikan. Para youtuber nakal kebanyakan tidak mempedulikan kondisi tersebut demi perolehan pundi pundi uang yang mereka terima.

Belakangan ini, pihak Google telah menerbitkan kebijakan baru yang sangat memberatkan bagi para youtuber pemula yang ingin mencoba peruntungan memperoleh uang dari Channel Youtube. Kebijakan tersebut ialah setiap akun harus memperoleh Subsrcibe minimal 1000 dan total views 4000 jam agar dapat diterima untuk ikut serta dalam program monetise yang diselenggarakan oleh pihak Google.

Hal ini sangatlah memberatkan bagi para pemula, karena untuk memperoleh subs 1000 akun tidaklah mudah apalagi dengan tayangan 4000 jam ditonton oleh para netizen itu seoah-olah merupakan hal yang mustahil. Apakah hal ini ada kaitannya dengan maraknya video atau konten yang tidak beres di youtube sehingga pihak gogle membuat kebijakan seperti ini, saya kurang bisa memastikan.

Pengalaman Diterima Monetisasi Youtube
Namun bila diselidiki dari pengalaman orang yang diterima dan tolak untuk ikut program monetisasi, hal diatas sepertinya ada kaitannya. Memang harus ada syarat jumlah subs dan jumlah jam untuk diterima, tentu ada beberapa hal dibalik itu yang membuat lahirnya kebijakan tersebut. Itulah yang menjadi suatu larangan yang tidak boleh dilakukan jika ingin diterima program monetisasi. Jika melanggar maka selamanya tidak akan diterima untuk ikut program tersebut dan anda tidak mendapatkan uang.

Saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman di youtube hingga akhirnya diterima untuk gabung dalam program ini. Awalnya saya membuat beberapa video asli bikinan sendiri namun kurang banyak peminat. View nya hanya rata-rata 100 view per video. Saya rajin memproduksi video melalui ponsel android hingga ada sekitar 20 video. Seteah saya survei selama 2 bulan, hasilnya masih monoton. Hanya ada sekitar 130 an subscribe dan jumlah ditonton sekitar 100 menit. Hal ini masih jauh dari target yang diinginkan.

Akhirnya saya coba untuk membuat video dengan durasi panjang dan isinya tentang tutorial. Setelah 5 bulan, hasilnya lumayan. Ada sekitar hampir 10ribu viewers dan subscribe nambah menjadi sekitar 570an pada waktu itu. Seolah memacu semangat maka video pun saya tambah dan masih berbau tutorial. Dan hasilnya diluar dugaan. 3 bulan berikutnya target yang ane inginkan terkabul. 1ribu subs dan jumlah ditonton 4ribu jam. Tanpa berlama-lama sayapun langsung mengajukan monetisasi ke pihak yutub. Pada waktu itu belum langsung diterima. Butuh waktu sekitar 3 minggu hingga akhirnya pihak yutub mengirim pesan ke inbox email saya dan mengatakan bahwa akun channel ane disetujui untuk ikut bergabung dalam program monetisasi youtube.

Senang bukan kepalang waktu itu. Sebab bagi ane inilah mesin uang yang harus di manfaatkan sebaik mungkin. Walaupun hasilnya belum seberapa dibanding youtuber seperti Atta Halilintar karena saya masih pemain baru. Berdasarkan penjelasan diatas tentu teman yang masih pemula sudah tau, apa saja yang harus dilakukan agar dapat disetujui dan memperoleh akun channel youtube yang termonetisasi.  Intinya ialah buatlah video durasi panjang yang original dari anda sendiri dan belum pernah di upload ke youtube oleh akun lain. Buatlah seunik mungkin dan jangan melanggar kebijakan google. Karena yutub itu milik google.  Dengan sendirinya  jumlah subscribe dan viewer akan bertambah dengan cepat.

Menulis hasil pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain, sehingga memberikan pengetahuan yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Yang pasti, No Hoax . . !!

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di publish beberapa saat kemudian. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi dan kriminal akan kami hapus.